Rabu, Agustus 27, 2014

15 Makanan Wajib untuk Ibu Menyusui

Setelah melahirkan si buah hati, hal terbaik yang bisa anda lakukan untuk diri sendiri dan buah hati anda yang baru lahir adalah memperhatikan asupan gizi anda dengan cara mengkonsumsi makanan yang sehat.

Dalam benak ibu yang baru saja melahirkan, mungkin akan langsung terfikir untuk melakukan diet agar bentuk tubuh kembali langsing. Namun tahukah anda, pada saat ana melahirkan, anda kehilangan banyak tenaga. Untuk itu anda perlu mengonsumsi makanan sehat dan bergizi untuk memulihkan stamina yang sempat terkuras pada saat proses melahirkan.


Makanan Ibu Menyusui

15 Makanan Wajib untuk Ibu Menyusui



Kalau begitu kita langsung saja ke 15 Makanan yang Wajib untuk Ibu Menyusui

1.  Ikan Salmon

Ikan Salmon
Ikan salmon sangat baik dikonsumsi oleh ibu menyusui karena selain mampu membuat kita sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit. Ternyata ikan salmon jiga mandung Asam Amino dan Omega 3 yang sangat baik untuk perkembangan otak buah hati.




2. Susu Rendah Lemak

Susu Rendah Lemak
Susu memiliki banyak sekali manfaat selain membuat kita lebih sehat, susu juga mampu membbuat ASI menjadi lebih berkualitas. Selain itu, Apabila kita mengkonsumsi susu yang rendah lemak juga dapat membuat tubuh lebih indah  dan kurus. Jangan lupa susu juga banyak sekali mengandung kalsium sehingga sangat baik untuk perkembangan tulang bayi.



3. Daging Sapi Rendah Lemak

Daging Sapi Rendah Lemak
Untuk memperoleh bentuk tubuh yang indah namun tetap harus memberikan ASI yang baik, cobalah untuk mengkonsumsi Daging Sapi yang banyak sekali mengandung protein dan vitamin B12. Daging rendah lemak juga mengandung banyak zat besi sehingga mampu membuat enegi anda meningkat.




4. Kacang - kacangan

Kacang - kacangan
Kacang -kacangan sangat baik untuk ibu menyusui karena kaya akan zat besi nan banyak mengandung protein non hewani sehingga bagus sekali untuk orang yang vegetarian. Kacang - kacangan bisa mengganti susu kalau anda memang alergi susu sapi sehingga ketika menyusui ASI tidak kekutangan protein.




5. Blueberry

Blueberry
Blueberry mampumenurunkan lemak yang berlebih pada tubuh anda. Juga mengandung zat antioksidan dan mampu mengatasi permasalahan metabolisme tubuh. Buah ini sangat baik untuk dijadikan konsumsi ketika diet dan blueberry memiliki banyak sekali khasiat lainnya seperti membuat tulang menjadi lebih kuat, mempertajam penglihatan.



6. Jeruk

Jeruk
Jeruk kaya sekali akan vitamin C karena itu jeruk sangat baik untuk ibu yang sedang menyusui. Munumlah jeruk setiap pagi ataupun bisa juga dijadikan sebuah jus yang enak manis (walaupun lebih baik kurangi gula). Jeruk juga biasa dipakai untuk memenuhi kebutuhan nutrisi untuk orang yang sedang melakukan diet.




7. Beras Merah

Beras Merah
Beras merah sangat bergizi ibandingkan dengan beras biasa. Beras merah sanagta baik untuk menurunkan berat badan anda tanpa harus mengurangi karbohdrat. Beras merah juga akan tetap membuat ASI menjadi lebiih banya dan rasa lelah letih lesu anda akan menghilang karena beras merah mampu meningkatkan energi.




8. Roti Gandum

Roti Gandum
Gandum adalah makanan yang rendah lemak sehingga dipakai banyak wanita yang sudah melahirkan untuk mendapatkan kembali bentuk tubuh yang indah dan ideal. Dengan mengkonsumsi gandum ASI kita tidak akan kekurangan nutrisi ataupun gizi. Dan perkembangan bayipun akan lebih sempurna karena roti gandum memilki banyak Asam Folat.



9. Telur

Telur
Telur mengandung banyak sekalai protein yang baik untuk perkembangan otak bayi. Selain itu telur juga merupakan salah sau sumber vitamin D yang akan membantu petumbuhan tulang dan memperkuat tulang buah hati. 





10. Sereal

Sereal
Sereal mamppu memberikan asupan energi yang baik untuk tubuh. gak kebayang kan sebai ibu kita harus bangun setiap malam kalau bayi lapar dan kitapun harus tetap memberikan ASI. Untuk itu makanlah sereal gandum untuk mengembalikan kekuatan anda setelah semalan anda mengurus sang buah hati.




11. Sayuran Hijau

Sayuran Hijau
Ada banyak sekali macam - macam dari sayuran hijau antara lain bayam, brokoli, kangkung dll. Sayuran hijau banyak sekali mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Selain itu sayuran hijau juga mampu meningkatkan daya ingat. Banyak sekali kandungan yang ada pada sayuran hijau seperti zat besi, vitamin c, antioksidan dll.



12. AIR

 AIR
Kalau yang satu ini sih harus banget. Agar produksi ASI melimpah dan baik ibu harus banyak meminum air mineral. Apalagi sebelum meyusui biasakanlah minum ari hangat sebelumnya. Air putih mampu memenuhi kekurangan cairan dalam tubuh kita. Selain itu juga mampu menyeimbangkan berat badan dan mengobati berbagai macam penyakit.



13. Alpukat

Alpukat
Jangan pernah berfikiran alpukat tidak baik bagi ibu yang menyesui karena alpukan mengandung banyak lemak. Walaupun alpukat memiliki kandungan lemak yang tinggi, lemaknya bukanlah termasuk kedalam lemak yang jelek. Justru alpukat memiliki lemak yang baik untuk tubuh dan lemak tak jenuh tunggal untuk menurunkan kadar kolestro dalam tubuh.



14. Labu Siam

Labu Siam
Labu siam kaya akan serat yang baik untuk untuk tubuh karena bisa mengobati sembelit dan aman sekali untuk lambung. Labu Siam juga banyak mengandung Asam Folat yang baik untuk tubuh dan bayi. Asam folat sanagt baik untuk perkembangan otak buah hati dan mampu membuat ASI lebih melimpah.




15. Pepaya

Pepaya
Pepaya banyak sekalai mengandung nutrisi dan gizi. Beberapa kandungan yan ada pada pepaya antara lain Vitamin B, Vitamin E, dan Enzim Papain yang mempercepat proses pencernaan protein untuk tubuh. Bagi ibu yang sedang menyusui mengkonsumsi Buah pepaya akan memberikan energi yang lebih sehingga tidak mudah lelah karena mengandung banyak sekali kalium.



Ternyata banyak sekali makanan yang harus dikonsumsi ibu yang menyusui. Tapi pastilah tidak ada yang sebanding dengan kesehatan sang buah hati. Apalagi kalau makanan itu mampu membuat badan yang tadinya melar menjadi indah seperti sebelum melahirkan. 

Selesai juga 15 Makanan yang Wajib dikonsumsi oleh Ibu Menyusui. Jika anda memiliki tips yang lebih baik bei tahu juga ibu - ibu yang lain melalui kolom komentar. Terimakasi telah berkunjung, jangan lupa untuk like dan share  arttikel ini jika menurut anda membantu.

Advertisement

Baca juga:

loading...