Minggu, Juni 21, 2015

Gejala dan Penyebab Penyakit Jantung Koroner

Tags
Penyakit Jantung koroner merupakan salah satu penyakit jantung yang cukup berbahaya dan bisa menyebabkan si penderita mengalami kematian. Untuk itu kami berbagi mengenai informasi jantung koroner sehingga Anda memiliki wawasan yang cukup dan juga mengerti cara mencegah jantung koroner. Mari simak beberapa hal yang berkaitan dengan jantung koroner.

Mengenal Penyakit Jantung Koroner

Gejala Dan Penyebab Penyakit Jantung Koroner - Ketahui gejala dan penyebab penyakit jantung koroner sebagai langkah pencegahan.

Penyakit Jantung koroner adalah penyakit yang menyerang jantung akibat jantug tidak memiliki pasokan oksigen yan memadai, hal ini dikarenakan aorta atau bagian dalam jantung mengecil dan membuat jantung kesulitan dalam mengedarkan darah dan mengakibatkan kelainan pada arteri koroner. Biasanya pada penderita penyakit jantung koroner memrasakan nyeri dada dan pada akhirnya bisa mendapatkan serangan jantung. Penyakit jantung koroner biasanya disebabkan karena timbunan kolesterol dalam darah sehingga menyumbat penyuplaian darah dalam tubuh. Hal ini juga yang menyebabkan jantung kesulitan mendapatkan pasokan darah sehingga jantung tidak bisa memompa darah lebih banyak. Bila hal ini tidak segera ditangani, maka menyebabkan pembekuan darah yang sewaktu-waktu bisa menjadi serangan jantung.

Gejala Penyakit Jantung Koroner

Ada beberapa gejala yang bisa dirasakan oleh penderita  penyakit jantung koroner, berikut adalah beberaa gejala yang bisa dirasakan oleh si penderita.
1. Penderita akan merasakn nyeri pada bagian dada.
2. Lebih cepat lelah dan tubuh terasa lemah
3. Ada rasa nyeri pada bagian dada seperti ada yang mengganjal.
4. Sesak nafas dibagian dada
5. Mengalami pusing dan mati rasa pada bagian dada
6. Detak jantung tidak teratur

Gejala-gejala tersebut bisa Anda rasakan bila Anda melakukan kegiatan berat. Biasanya pada saat melakukan kegiatan olahraga, mengangkat beban berat dan melakukan pekerjaan padat dalam satu waktu.

Penyebab Penyakit Jantung Koroner

Setelah mengetahui beberapa hal yang berkaitan dengan gejala penyakit jantung koroner, sekarang saatnya Anda mengetahui penyebab penyakit jantung koroner.

1. Merokok
Merokok beresiko tinggi menyebabkan seseorang mengalami penyakit jantung koroner. Bila Anda merokok dan membiarkan kebiasaan buruk ini terus berlangsung selama hidup Anda maka Anda beresiko terkena penyakit jantung koroner. Merokok tidak ada manfaatnya sedikitpun sehingga Anda harus bisa menghindari rokok dan mulailah berhenti merokok.

2. Diabetes
Diabetes juga salah satu penyebab penyakit jantung koroner, gula berlebih dalam darah memicu penyakit dan membuat jantung tidak bisa mengedarkan darah dengan baik. Untuk itu bagi Anda yang beresiko terkena penyakit diabetes harus segera mendapatkan pertolongan medis agar tidak berlanjut semakin parah dan menyebabkan penyakit jantung koroner.

3. Obesitas
Obesitas bisa membuat seseorang menderita penyakit jantung koroner. Kelebihan lemak dalam tubuh menghambat kerja jantung dan lemak bisa menimbuk embuluh darah, selain itu penderita obesitas juga bersiko mengalami kolesterol dalam tubuh yang bisa mengakibatkan terjadinya penyakit jantung koroner. Maka dari itu, mulailah untuk mengubah kebiasaan hidup Anda misalnya dengan menjalani diet sehat

4. Minuman Beralkohol
Minuman beralkohol, untuk Anda yang senang mengonsumsi minuman beralkohol ada baiknya segera menghentikan kebiasaan ini karena minuman berlakohol tidak baik bagi kesehatan jantung. Selain itu bisa menyebabkan penyakit jantung koroner.

5. Tekanan Darah Tinggi
Tekanan darah tinggi biasanya tekanan darah tinggi dimiliki oleh mereka yang memiliki riwayat penyakit hipertensi. Penyakit hipertensi memicu adanya penyakit jantung koroner yang kemudian bisa membuat jantung Anda bermasalah.

Demikian seputar informasi mengenai penyakit jantung koroner, penyebab dan juga gejala yang bisa kita rasakan. Demi mencegah datangnya penyakit kita harus bisa mengendalikan diri dan mau meenjauhi beberapa hal yang memicu terjadinya penyakit jantung koroner.


Sumber : www.wikipedia.org
Advertisement

Baca juga:

loading...