Senin, September 25, 2017

Jangan dibuang! Ini 13 Manfaat Ampas Teh untuk Kesehatan

Tags
Suka minum teh? Jangan buang ampasnya! Artikel ini akan mengupas tuntas info terkait manfaat ampas teh untuk kecantikan dan kesehatan. Penasaran? Yuk lanjut baca!

Rutin minum teh akan membuat kamu jauh lebih sehat. Ini berkat kandungan katekin yang terkandung di dalamnya.

Katekin merupakan zat yang bersifat sebagai antioksidan yang dapat melawan dan bahkan dapat melindungi sel-sel dalam tubuh dari kerusakan.

Apalagi jika teh yang dikonsumsi adalah teh hijau. Teh hijau memiliki kandungan katekin yang lebih banyak dibandingkan dengan jenis teh pada umunya.

Oleh sebab itu, banyak orang yang percaya, rutin mengonsumsi teh hijau dapat memberikan segudang manfaat bagi kesehatan. Baca juga : 10 Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan.

Zaman dulu, sebelum dapat diminum, teh biasanya disajikan dengan cara diseduh lalu disaring. Hal ini dilakukan untuk memisahkan sari dengan ampas teh.

Sedangkan zaman sekarang, teh biasanya sudah dikemas dalam bentuk teh celup. Hal tersebut dilakukan dengan tujuan agar teh lebih mudah untuk disajikan. Selain itu, teh yang dikemas menjadi teh celup, akan membuatnya lebih tahan lama.

Tahukah kamu, sebagian besar orang yang sudah minum teh, ampasnya pasti dibuang. Mungkin kamu salah satunya ya kan, hayo ngaku!

Manfaat Ampas Teh untuk Kesehatan
Ampas Teh


Manfaat Ampas Teh untuk Kecantikan dan Kesehatan

Setelah membaca artikel ini, akan membuat kamu berfikir dua kali sebelum membuang ampas teh. Karena ampas teh memiliki banyak manfaat. Ingin tahu apa saja manfaatnya? Silakan simak 13 khasiat ampas teh berikut ini.

1. Memutihkan dan Mencerahkan Kulit

Sering dibuang, siapa sangka ternyata ampas teh bermanfaat untuk mecerahkan kulit kusam akibat kotoran, debu dan polusi.

Cara mencerahkan kulit kusam dengan ampas teh  :
  • Sediakan 1-2 kantung ampas teh celup (jika teh celup), jika teh biasa, sediakan secukupnya.
  • Berikan sedikit air, lalu haluskan dengan blender
  • Balurkan pada seluruh permukaan kulit wajah
  • Diamkan selama 7 - 15 menit
  • Untuk hasil yang maksimal, bilas dengan air dingin.

2. Dapat Mengencangkan Kulit

Tak hanya memutihkan kulit wajah, penggunaan ampas teh juga dapat membuat kulit jadi lebih kencang. Ini artinya, kamu juga akan terlihat lebih awet muda.

Cara mengencangkan kulit dengan Ampas Teh :
  • Sediakan ampas teh secukupnya
  • Campurkan dengan sedikit air
  • Haluskan ampas teh dengan ditumbuk atau menggunakan blender
  • Balurkan ampas teh pada seluruh permukaan kulit hingga merata
  • Diamkan semalaman, esok harinya bilas dengan air dingin.

3. Menghilangkan Jerawat

Masalah kulit yang sering dialami salah satunya adalah jerawat. Walaupun ukurannya kecil, tapi bisa membuat kamu batal menghadiri suatu acara. Kamu pasti tidak ingin ini terjadi.

Apalagi jerawat ini ngeyel gak bisa diajak kompromi, ia bisa muncul dimanapun mereka mau, bisa di pipi, hidung, dahi, bahkan di punggung. Tapi tenang, ampas teh bisa jadi superhero buat kamu. Karena ampas teh dapat mengatasi jerawat.

Cara Mengatasi Jerawat dengan Ampas Teh :

  • Haluskan ampas teh dengan blender
  • Campurkan dengan air perasan jeruk nipis hingga membentuk masker
  • Bersihkan wajahmu dengan air
  • Jika jerawatmu belum begitu parah, kamu bisa balurkan masker tersebut ke seluruh permukaan wajah
  • Tetapi jika jerawatmu cukup parah (ditandai dengan adanya luka iritasi), sebaiknya masker hanya dibalurkan pada area kulit yang berjerawat saja.

Hal tersebut dilakukan untuk mencegah terjadinya menyebaran jerawat di area kulit lainnya. Untuk hasil yang optimal, usahakan ampas teh yang kamu gunakan adalah ampas teh hijau.

4. Menghilangkan Noda Hitam Bekas Jerawat

Jerawat termasuk masalah kulit yang sulit move on. Jangan baper dulu maksudnya walaupun sudah berhasil diatasi, ia akan meninggalkan flek hitam. Kabar buruknya, flek atau noda hitam bekas jerawat ini lumayan sulit untuk dihilangkan.

Kalaupun bisa, pasti membutuhkan waktu yang lama. Kecuali, kamu mendatangi dokter spesialis kulit. Tapi, kamu harus siap mengeluarkan biaya lebih. Hmm...bingung ya.

Gak usah bingung, karena jawabannya ada di ampas teh. Maksudnya gimana min? Iya, ternyata ampas teh dapat digunakan untuk menghilangkan flek hitam bekas jerawat.

Cara menghilangkan noda hitam bekas jerawat dengan ampas teh :
  • Sediakan ampas teh secukupnya
  • Campurkan ampas teh dan tomat atau jeruk nipis, lalu haluskan dengan blender
  • Oleskan makser ampas teh tadi pada area kulit yang ada bekas jerawatnya
  • Kamu bisa pake cutten bat (korekuping) untuk melakukannya.[/mks_pullquote]

5. Menghilangkan Komedo

Bagi anak remaja, komedo itu bisa dibilang udah kaya sahabat sejati. Apalagi mereka yang kurang pandai menjaga kebersihan wajah.

Komedo muncul karena kotoran, debu, dan bakteri yang bergabung jadi satu, sehingga menyumbat pori-pori kulit. Dan, aha! jadilah komedo.

Komedo memang tidak menyebabkan rasa sakit seperti jerawat. Namun, adanya komedo di hidung bisa mengganggu penampilan kamu.

Sekedar informasi, ternyata komedo ini, masih kerabat dekat jerawat. Dapat dikatakan, komedo ini adalah cikal bakal jerawat. Jika terus dibiarkan, Kemungkinan akan menjadi jerawat.

Untuk mencegah itu terjadi, kamu bisa gunakan ampas teh. Loh kok ampas teh lagi? Ya memang, karena ampas teh ini kaya akan manfaat.

Cara menghilangkan komedo dengan ampas teh :
  • Sediakan ampas teh
  • Haluskan dengan blender hingga membentuk pasta. Kemudian campurkan dengan beras yang sudah ditumbuk/garam.
  • Bersihkan wajah kamu dengan air hangat, tujuannya agar pori-pori kulit terbuka lebar. Sehingga kotoran yang menyumbat pori-pori kulit dapat dengan mudah dikeluarkan.
  • Gunakan pasta tersebut, sebagai face wash (sabun muka).
  • Lakukan cara ini secara rutin, khususnya sebelum kamu tidur.

5. Menghilangan Kantung Mata / Mata Panda

Kantung mata atau mata panda adalah lingkaran hitam pada area kulit disekitar mata. Ada juga yang menyebutnya mata lelah. Biasanya ini disebabkan karena kurang tidur atau terlalu lama berada di depan layar monitor.

Sebenarnya kantung mata bukan masalah yang serus, karena akan hilang disendirinya. Biasanya, kantung mata akan hilang dalam 1-3 hari.

Namun, ada cara lain yang dapat dilakukan untuk menghilangkan kantung mata yaitu dengan menggunakan ampas teh.

Cara menghilangkan kantung mata dengan ampas teh :

  • Dinginkan ampas teh pada lemari es
  • Gunakan ampas teh tersebut untuk mengompres kulit disekitar mata Anda.
  • Diamkan selama 15-30 menit. Kamu bisa melakukannya sambil tiduran.
  • Lakukan secara rutin, dan kantung mata akan berangsur sembuh.

6. Mengurangi Nyeri Akibat Sariawan

Selain dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan kulit di sekitar wajah, ampas teh juga dapat digunakan untuk mengatasi penyakit mulut seperti sariawan.

Sariawan itu sangat menyebalkan, karena bisa membuat kita merasa tidak nyaman saat makan. Biasanya akan menimbulkan rasa sakit seperti terbakar.

Kabar baiknya, kamu bisa pake ampas teh untuk mengatasinya. Ampas teh dipercaya sebagai salah satu obat herbal terbaik untuk mengatasi sariawan. Kandungan antioksidan didalamnya dapat mempercepat proses penyembuhan sariawan.

Caranya sangat mudah, kita hanya perlu mendinginkan ampas teh di lemari es/ freezer. Setelah itu, gunakan ampas teh tersebut untuk mengompress luka sariawan. Selain dapat mengurangi rasa sakit, ini juga akan membantu mempercepat proses penyembuhan.


7. Mempercepat Proses Penyembuhan Akibat Luka Bakar

Luka bakar cukup sulit untuk disembuhkan, karena membutuhkan waktu yang cukup lama. Selain itu, jika kita tidak rutin menjaga kebersihan kulit disekitar luka bakar, biasanya akan mengakibatkan infeksi.

Untuk mencegah hal itu terjadi, Anda bisa menggunakan ampas teh. Jika luka bakarnya tidak terlalu parah, Anda hanya perlu menjadi ampas teh untuk mengompress luka bakar tersebut.

Namun, jika luka bakar cukup parah, Anda dapat menghaluskan ampas teh terlebih dahulu dengan blender, lalu tambah air, hingga membentuk pasta.

Setelah itu oleskan pada kulit yang terkena luka bakar. Agar lebih optimal, lakukan ini sebelum Anda tidur. Diamkan semalaman, esok harinya bersihkan dengan air.


8. Mengobati Luka Memar

Luka memar terjadi akibat adanya pembuluh darah kapiler yang pecah. Kandungan tanin dalam teh dapat menyempitkan pembuluh darah dan menghentikan aliran darah penyebab luka memar tersebut.

Jadi jika kamu mengalami luka memar, segera kompress dengan ampas teh yang sudah didinginkan dalam lemari es. Luka memar akan sembuh secara berangsur dengan sendirinya.


9. Mengobati Bisulan

Bisul adalah penyakit kulit yang ditandai dengan adanya benjolan merah berisi nanah. Mirip jerawat, tapi dengan ukuran yang lebih besar. Bisul ini, biasanya akan menimbulkan rasa sakit dan gatal. Apalagi jika bisul tersebut belum pecah.

Bisul biasanya disebabkan oleh bakteri yang menyebabkan infeksi pada foliker rambut (lubang rambur pada kulit).

Bisul dapat diatasi dengan ampas teh. Kandungan katekin dalam teh yang bersifat anti bakteri akan membunuh bakteri-bakteri tersebut. Sehingga bisul akan lebih cepat disembuhkan.

Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu mengompres bisul tersebut dengan ampas teh. Diamkan selama 10-15 menit, dan biarkan hingga mengering sendiri.

10. Mengatasi Bau Kaki

Kaki yang memiliki bau tak sedap tentu akan membuat kita minder. Karena itu pasti menggangu orang-orang yang berada di sekitar kita.

Bau kaki ini, biasanya disebabkan oleh bakteri, atau karena kamu memakai sepatu yang basah dan jarang dicuci. Kemudian bercampur dengan keringat yang menempel di kaos kaki. Sehingga kaki kamu menjadi, dan cukup sulit dihilangkan.

Untuk mengatasinya, kamu perlu bantuan ampas teh. Caranya sangat mudah, silakan ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Sediakan ampas teh secukupnya
  • Rebus/ seduh dengan air panas. Kemudian campurkan dengan cuka.
  • Diamkan air tersebut, hingga suhunya berubah jadi hangat.
  • Gunakan air hangat tersebut untuk merendam kaki kamu.
  • Rendam kaki dalam air rendaman teh selama 15-30 menit.

11. Menghilangkan Ketombe

Tidak sedikit orang yang merasa khawatir saat rambut mereka dipenuhi ketombe. Hal tersebut, bukan tanpa sebab, karena biasanya rambut yang berketombe akan mengakibatkan kerontokan.

Dalam hal ini kita dapat memanfaatkan ampas teh untuk mengatasinya. Caranya sangat mudah, kita hanya perlu mencampurkan ampas teh dan air hangat.

Kemudian gunakan untuk membilas/ menyiram kulit kepala. Setelah itu lakukan pijatan ringan untuk meratakannya.

Setelah itu diamkan selama 10-15 menit. Setelah itu bilas dengan shampo seperti biasa. Untuk mendapatkan hasil yang optimal lakukan ini selama 3 kali seminggu.


12. Mencegah dan Mengatasi Rambut Rontok

Setiap orang pasti khawatir saat rambutnya mengalami kerontokan. Karena kerontokan pada rambut dapat menyebabkan kebotakan. Untuk itu, pandai-pandailah merawat rambut. Salah satunya dengan rutin menggunakan hairmask.

Tak perlu pakai masker rambut yang mahal, kamu bisa pakai masker rambut herbal berbahan ampas teh.

Selain dapat mengatasi ketombe, ampas teh juga dapat mencegah dan mengatasi kerontokan pada rambut. Caranya setiap sehabis melakukan keramas, bilas rambut kamu dengan menggunakan ampas teh yang sudah dicampur dengan air.


13. Mengurangi Rasa Gatal Akibat Gigitan Nyamuk

Gigitan nyamuk biasanya akan menimbulkan rasa gatal dan menyebabkan bentolan. Untuk meredakannya, kamu bisa pakai ampas teh.

Ampas teh mengandung zat antihistamin yang berfungsi untuk mengatasi kulit kemerahan akibat gigitan nyamuk.

Anda dapat mengoleskan ampas teh yang masih hangat pada area kulit yang bentol akibat gigitan nyamuk.

Dengan begitu, rasa gatal akan berkurang dan bentol berwarna merah dikulit akan lebih cepat hilang.

Itulah beberapa manfaat ampas teh hijau untuk kesehatan dan kecantikan. Semoga dapat memberikan manfaat. Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat, jangan sungkan untuk share artikel ini ke teman-teman kamu.
Advertisement

Baca juga:

loading...
This Is The Newest Post