Rabu, September 06, 2017

11 Manfaat Alpukat untuk Ibu Hamil dan Janin, No.3 Ibu Hamil Wajib tau...

Manfaat alpukat untuk ibu hamil. Masa-masa kehamilan adalah waktu yag tepat untuk memanjakan tubuh Anda. Jika sebelumnya Anda belum menjalani pola makan yang sehat. Masa kehamilan ini dapat Anda jadikan alasan kuat untuk mulai menjalaninya.

Alasannya karena pada masa-masa kehamilan, ibu hamil tidak hanya makan untuk memenuhi gizinya sendiri. Secara tidak langsung ia juga sedang berusaha untuk memenuhi kebutuhan gizi bayi yang ada di dalam kandungannya.

Ada banyak jenis makanan yang dapat menjadi pilihan ibu hamil. Mulai dari sayur-mayur, biji-bijian, hingga buah-buahan.

Salah satu jenis buah terbaik yang dapat menjadi pilihan ibu hamil adalah alpukat. Alpukat disebut juga sebagai buah mentega terkaya yang ada di bumi. Alasannya karena di dalam buah alpukat terkandung mineral, antioksidan, serat makanan, dan vitamin yang menawarkan segudang manfaat bagi sisapapun yang memakannya, tak terkecuali untuk ibu hamil.


Manfaat Alpukat untuk Ibu Hamil dan Janin
Ibu Hamil @pixabay


Manfaat Buah Alpukat Bagi Ibu Hamil


1Mengoptimalkan Pertumbuhan Bayi
Bayi yang ada di dalam kandungan Anda membutuhkan asam folat untuk pengembangan organ tubuhnya. Kekurangan asam folat dapat menyebabkan deformitas tulang dan cacat saraf pada bayi.

Buah alpukat kaya akan asam folat yang dapat mencegah deformitas dan cacat saraf pada bayi. Selain itu, asam folat juga dipercaya dapat mencegah masalah kehamilan lainnya seperti, depresi, keletihan, anemia, insomnia, dan perubahan mood.

Jadi dengan mengonsumsi buah alpukat, ibu hamil akan mendapatkan lebih dari satu manfaat. Bayinya sehat, ibunya juga sehat. Hayo, masih mikir-mikir untuk tidak mengonsumsi buah kaya manfaat ini?

Baca :


2Memenuhi Kebutuhan Kalsium Ibu Hamil dan Bayi
Buah alpukat memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi. Selama masa kehamilan, kebutuhan tubuh akan kalsium akan meningkat.

Oleh sebab itu, rutin mengonsumsi makanan tinggi kalsium menjadi suatu keharusan. Ini dilakukan agar kesehatan ibu hamil tetap terjaga dan tumbuh kembang janin menjadi lebih optimal.

3Kaya akan Vitamin yang dibutuhkan tubuh selama masa kehamilan
Alpukat merupakan buah yang kaya akan vitamin. Vitamin C, E, K, B1, B2, dan B6 yang penting untuk kesehatan ibu hamil dan bayinya semua terkandung di dalam buah ini.

Alpukat dapat mengatasi morning sickness
Morning Sickness #vimeo.com
Vitamin B6 yang terkandung dalam buah alpukat dapat mencegah rasa mual dan mengatasi morning sickness selama masa kehamilan. 

4Mencegah Anemia Pada Ibu Hamil
Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia pada ibu hamil. Untungnya ini dapat diatasi dengan buah alpukat.

Buah alpukat kaya akan zat besi. Rutin mengonsumsi buah ini dapat mencegah penyakit anemia bagi ibu hamil.

Baca:


5Mencegah dan Mengatasi Sembelit
Bagi ibu hamil, menderita masalah perut saat kehamilan itu sudah biasa. Salah satu masalah perut yang sering dialami ibu hamil adalah konstipasi (sembelit). Masalah ini terjadi karena tubuh kekurangan serat.

Untuk mencegah dan mengatasinya, ibu hamil dapat mengonsumsi jenis makanan yang kaya akan serat. Kabar baiknya, buah alpukat mengandung banyak serat.

Mengonsumsi buah alpukat saat hamil dapat mencegah dan mengatasi masalah di perut, karena kandungan serat di dalamnya dapat memperlancar buang air besar Anda.

Baca:


6Memperlancar Penyerapan Nutrisi
Buah mentega tidak hanya menyediakan banyak nutrisi, tapi juga membantu mengoptimalkan penyerapan nutrisi dari sumber lain (makanan lainnya).

Suatu penelitian menunjukan bahwa mengonsumsi buah alpukat dapat membantu meningkatkan penyerapan karatenoid oleh tubuh.

7Kaya akan Mineral
Seperti halnya kalsium, saat hamil kebutuhan mineral juga ikut meningkat. Untungnya, buah alpukat juga mengandung fosfor, kalsium, magnesium, zat besi, dan niasin yaitu jenis mineral yang bermanfaat selama menjalani kehamilan.

Baca :


8Mengoptimalkan Perkembangan Otak Bayi
Secangkir alpukat mengandung 22mg choline yang membantu perkembangan otak dan perkembangan saraf yang sehat pada bayi Anda.

9Membantu Meredakan Kram pada Kaki
Apakah Anda pernah atau bahkan sering mengalami kram kaki saat hamil? Jika Anda pernah atau sedang mengalaminya, mulai sekarang Anda tidak perlu khawatir.

Anda dapat mencegah kram kaki selama masa kehamilan dengan rutin mengonsumsi buah alpukat. Karena di dalam buah alpukat terkandung zat bernama potasium yang bermanfaat untuk mengatasi kram kaki.

10Menyeimbangkan Kadar Kolesterol dan Gula dalam Tubuh
Rutin mengonsumsi alpukat dapat menjaga keseimbangan kolesterol dan gula dalam tubuh tetap stabil. Mungkin inilah alasan mengapa buah alpukat dapat menstabilkan mood pada ibu hamil.

11Sumber Lemak Tak Jenuh (Lemak Baik)
Anda perlu menambah berat badan selama kehamilan. Akan tetapi, Anda harus melakukannya dengan cara yang sehat. Bukan dengan cara mengonsumsi junkfood dalam kadar berlebih, yang mana hanya akan mengundang masalah kesehat lainnya.

Sebagai solusinya, Anda dapat mengonsumsi buah alpukat. Karena buah alpukat mengandung lebak tak jenuh yang dapat membantu Anda memenuhi kalori yang dibutuhkan tubuh.

Bagaimana sangat menakjibkan bukan, hanya dengan mengonsumsi buah alpukat, Anda akan mendapatkan berbagai manfaat. Tapi apakah terlalu banyak mengonsumsi buah alpukat selama masa kehamilan dapat menimbulkan efek samping?

Baca: 


Efek Samping Terlalu Banyak Mengonsumsi Alpukat Selama Kehamilan?
Buah alpukat aman dikonsumsi sebanyak yang Anda bisa karena alpukat mengandung banyak nutrisi. Mereka juga dianggap sebagai camilan yang sangat sehat. Jika Anda mendambakan sayuran dan buah-buahan yang sehat, alpukat adalah pilihan terbaik.

Demikian artikel terkait manfaat mengonsumsi alpukat untuk ibu hamil. Jika menurut Anda artikel ini bermanfaat, silakan bagikan ke orang-orang terdekat Anda.


sumber : momjunction.com
Advertisement

Baca juga:

loading...