Rabu, Juni 18, 2014

Cara Menghilangkan Cegukan Pada Orang Dewasa

Tags

Cara Menghilangkan Cegukan

Cegukan atau yang lebih dikenal dengan nama singultus dalam istilah dunia medisnya adalah sebuah peristiwa dimana secara tidak sengaja tiba – tiba terjadi kontraksi berlebihan) pada diafragma, yang mana ini biasanya terjadi berulang – ulang dalam setiap menitnya. Kekejangan pada diafragma itulah yang menyebabkan pita suara kita menutup dengan cepat, sehingga terdengar suara cegukkan keluar dari mulut kita. 

Banyak sekali hal yang dapat  menyebabkan cegukan. Penyabab yang cukup dominan diantaranya adalah makan dengan terlelu cepat, minum minuman yang cukup dingin setelah memakan makanan yang panas, makan makanan pedas, tertawa terlalu keras dan berlebihan, batuk yang terlalu keras, dan terlalu banyak mengkonsumsi minuman berakohol. Namun, terkadang juga cegukan ini juga muncul di saat – saat yang tertentu. Ada juga yang menyatakan bahwa penyebab cegukan adalah  karena tumor dan penyakit ginjal, meskipun penyebab ini jarang sekali terjadi. Fakta ini berdasar pada laporan American Cancer Society yang melaporkan bahwa sekitar 30% dari pasiennya mengalami cegukan seteah melakukan kemotrapi.

Tips Menghilangkan Cegukan Pada Orang Dewasa
menghilangkan cegukan pada orang dewasa


Gejala – gejala dari cegukan ini nampaknya tidaklah terlalu terlihat. Gejala – gelaja dari cegukkan diantaranya adalah terjadinya suatu hentakan – hentakan kecil di daerah sekitar dada dan tenggorokan yang disertai dengan suara hik. Anda juga harus mewasadai, karena jika anda keseringan cegukan merupakan salah satu gejala adanya suatu penyakit yang lebih serius di tubuh anda, salah satunya adalah penyakit tumor otak. Kasus ini telah dialami oleh seorang warga Inggris. 

Sebelumnya perlu anda ketahui, bahwa cegukan ini di bagi manjadi dua jenis, yaitu cegukan sementara dan cegukan permanen. Tentu saja pengobatan dari masing – masing cegukan tersebut berbeda.
Pengobatan cegukan sementara

Banyak orang yang tidak mengobati cegukan ini. Memang cegukan ini umumnya akan sembuh dengan sendirinya. Tapi, tentu kita ingin lebih cepat proses penyembuhannya, maka dari itu kita perlu melakukan beberapa tindakan untuk menghilangkan cegukan sementara ini
  • Mengatasi cegukan dengan menggunakan gula caranya, masukkan gule sesendok teh ke lidah kita, jika sudah jangan langsung ditelan gulanya. Melainkan air ludah hasil gula di lidah anda.
  • Tarik nafas dalam – dalam sekitar 10 menit, lalu mengeluarkannya secara perlahan, dan bernafas seperti biasa kembali.
  • Perbanyak minum air putih dingin secara perlahan – lahan.
  • Bernafas dengan kantong kertas.
  • Renang minimal 20 menit pada dengan suhu air antara 20-25 derajat celcius. 

Pengobatan cegukan permanent

Jika anda biarkan cegukan anda atau mungkin anda sudah berupaya untuk mengobatinya, namun tidak hilang hilang juga cegukannya, ini pertanda akan telah meengidap cegukan permanent. Untuk saat ini sendiri belum ada obat atau terapi alami untuk menghilangkan cegukan permanent ini. Maka jalan keluarnya adalah dengan berkonsultasi dengan dokter agar Anda mendapatkan saran terbaik seperti harus melakukan ini ataupun itu.

Untuk pencegahan cegukan ini agar tidak menghinggap di tubuh anda kembali, maka ada baiknya jika mulai sekarang anda menjauhi hal – hal yang menjadi penyebab dari cegukan yang sudah saya sebutkan tadi diatas, hindari sebisa mungkin dan semampu Anda. 

Mungkin hanya ini info yang dapat saya sampaikan kaitannya dengan cara menghilangkan cegukan. Sekian dari saya dan semoga ini bermanfaat bagi anda ataupun untuk teman/kerabat Anda yang sedang mengalami cegukan.

Baca juga :


sumber :
www.republika.co.id/berita/humaira/ibu-anak/13/07/26/mqh5b5-7-cara-mengatasi-cegukan.html
www.wikipedia.org/wiki/Cegukan

Advertisement

Baca juga:

loading...