Minggu, Juli 12, 2015

Manfaat Air Nabeez, Minuman Kesehatan Kegemaran Rasulullah SAW

Tags
Cara membuat air nabeez - Buah kurma adalah buah enak yang kaya akan manfaat. Buah ini berwarna hitam dan memiliki rasa yang sangat manis. Namun selain enak, jika dikonsumsi secara rutin, buah ini juga dapat menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat. 

Untuk informasi mengenai kandungan nutrisi buah kurma, Anda dapat membacanya artikel sebelumnya tentang kandungan nutrisi dan khasiat buah kurma.

Buah kurma dapat dikonsumsi dengan berbagai cara, baik langsung dimakan ataupun diolah terlebih dahulu menjadi jenis makanan lain misalnya, diolah menjadi jus kurma, dodol kurma ataupun disajikan dalam bentuk air nabeez.


Khasiat dan Manfaat Air Nabeez, minuman kesehatan kegemaran Rasulullah SAW. Bagaiamana cara membuatnya? klik!
Air Nabeez


Apa itu Air Nabeez?

Air Nabeez adalah air rendaman buah kurma atau kismis. Minuman ini merupakan salah satu minuman kegemaran Rasulullah SAW. Sebagaimana yang tertulis dalam artikel di situs tribunews.com mengatakan bahwa :
Nabi merendam beberapa butir kurma atau kismis (salah satu) di dalam air untuk semalaman (dalam wadah bertutup) dan meminum air rendaman tersebut di pagi hari esoknya.
Airnya Nabi minum dan buah kurma yang sudah lembut, sehingga Nabi langsung menelannya tanpa mengunyah terlebih dulu.

Manfaat Buah Kurma Bagi Kesehatan

1. Dapat memulihakan tenaga, ini adalah salah satu alasan mengapa kita disunahkan untuk memakan buah kurma pada saat berbuka puasa, yaitu agar tenaga kita pulih setelah seharian menahan haus dan lapar. Sehingga kita akan lebih siap untuk menjalani ibadah selanjutnya.

2. Mencegah dan mengobati Sembelit
Kandungan fiber dalam buah kurma bermanfaat untuk menghilangkan kolesterol jahat yang ada dalam tubuh. Sehingga kita dapat terhindar dari sembelit. 

3. Kaya akan zat besi

4. Kandungan pottassium dalam buah kurma bermanfaat untuk menstabilkan tekanan darah dan menjaga kesehatan jantung.


Khasiat Air Nabeez untuk Kesehatan

  • Jika buah ini direndam dalam air semalaman, maka akan menghasilkan minuman kesehatan yaitu air nabeez. Minuman mengandung alkali yang berkhasiat untuk mengeluarkan racun berbahaya dari dalam tubuh, membantu proses pembuangan asam berlebih pada perut dan memperbaiki sistem pencernaan tubuh. 
  • Kandungan serat pada air nabeez dapat melancarkan proses pencernaan, menajamkan fikiran agar tetap fokus dan tidak mudah lupa.
Jenis Kurma dan Kismis yang Dianjurkan dalam Membuat Air Nabeez
Dalam membuat air nabeez, jenis kurma yang dianjurkan dibuat Nabeez adalah kurma Ajwa, sedangkan kismis yang dianjurkan adalah kismis Manaqqa.


Bagaimana cara membuat Air Nabeez?

Proses pembuatan air nabeez ternyata sangat sederhana. Berikut ini adalah beberapa langkah mudah yang bisa Anda lakukan untuk membuat nabeez.

Membuat air nabeez dengan bahan kurma :
1. Ambil beberapa butir buah kurma (disarankan dalam jumlah ganjil)
2. Rendam dalam segelas air matang selama 8 s.d 12 jam.
3. Tutuplah gelas tersebut dengan tutup gelas ataupun plastik.
4. Jika Anda membuat nabeez pada sore hari atau menjelang malam, maka Anda baru boleh meminum nabeez keesokan harinya. Sedangkan buah kurma yang lembut karena direndam semalaman, dapat dimakan seperti biasa.

Membuat air nabeez dari kismis :
1. Ambil segenggam buah kismis
2. rendam dalam 1 gelas air matang
3. diamkan selama 8 s.d 12 jam
4. Nabees baru dapat dikonsumsi setelah 8 - 12 proses perendaman.

Tips!
Agar dapat diminum di pagi hari, sebaiknya nabeez dibuat pada sore atau menjelang malam hari. Sebaliknya, jika Anda ingin meminum air nabeez sore hari, sebaiknya pembuatan nabeez bisa dimulai dari pagi hari.


Larangan dalam membuat Air Nabeez

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat air nabis diantaranya yaitu:
  • Tidak boleh menggunakan dua bahan (kurma dan kismis) sekaligus dalam membuat nabeez. Maksudnya jangan ditempatkan dalam satu wadah yang sama.
  • Jika air nabeez disimpan di dalam lemari es, dapat bertahan hingga 2 hari.
  • Jangan meminum air rendaman kurma (nabeez) yang memasuki lebih dari 3 hari, karena sudah memasuki masa fermentasi yang dapat menjadikan air rendaman kurma atau kismis tersebut menjadi arak yang hukumnya haram untuk diminum.


Meminum air nabeez adalah salah satu cara Rasulullah SAW dalam menjaga kesehatan tubuh. Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda juga ingin mencobanya? 

Dapatkan artikel kesehatan terbaru dari blog ini secara GRATIS! lihat caranya disini.

Referensi :
http://www.tribunnews.com/ramadan/2015/07/07/air-nabeez-infused-water-kurma-kegemaran-rasulullah
http://www.aktualita.co/keutamaan-manfaat-dan-cara-membuat-nabeez-air-rendaman-kurma-kesukaan-rasulullah-saw/4164/





Advertisement

Baca juga:

loading...