Rabu, Agustus 24, 2016

9 Cara Menghilangkan Bau Sepatu yang Menyengat, No.6 Paling Mudah!

Cara menghilangkan bau sepatu - Sepatu kamu bau? Jangan khawatir, setelah membaca artikel ini kamu akan tau bagaimana cara menghilangkan bau tak sedap pada sepatu. Untuk itu, silakan scroll ke bawah untuk lanjut baca!

Cara Mengatasi Bau Tak Sedap pada Sepatu
image via. pixabay.com


Jangan anggap remeh bau tak sedap pada sepatu. Mungkin masalah ini spele, tapi jika dibiarkan bisa bikin reputasi kamu hancur, sehancur-hancurnya (lebay? gapapa, biar dramatis hihihi). Bau sepatu juga dapat mengakibatkan bau kaki.

Menghilangkan bau kaki itu lebih sulit daripada menghilangkan bau sepatu. Jadi sebelum kaki kamu mengeluarkan bau tak sedap, lebih baik hilangkan terlebih dahulu bau di sepatu kamu.

Sepatu adalah ceminan pemiliknya. Jika si pemilik sepatu rutin mencucinya, maka sepatunya tidak akan bau. Sebaliknya, jika si pemilik sepatu itu jorok, maka besar kemungkinan, sepatunya bau busuk. Kalau kamu termasuk yang mana?

Orang yang sepatunya bau, biasanya akan dikucilkan teman-temannya. Karena bau menyengat yang berasal dari sepatu tersebut akan mengganggu lingkungan sekitarnya. Gak mau kan ini sampai terjadi...


Inilah penyebab mengapa sepatu kamu jadi bau...


Kulit disekitar kaki dapat memproduksi keringat hingga 568 ml per harinya. Keringat tersebut akan menjadi makanan favorit kuman. 

Setelah memakan keringat, kuman dan bakteri akan menghasilkan kotoran. Kotoran kuman inilah yang menjadi penyebab bau busuk pada sepatu. 

Jarang membersihkan sepatu juga dapat menjadi pemicu timbulnya bau tak sedap pada sepatu. Karena sepatu yang jarang dibersihkan, akan menjadi surga bagi bakteri dan kuman.

Penyebab bau tak sedap pada sepatu juga bisa disebabkan karena kita menggunakan sepatu yang masih basah. Untuk itu, usahakan hindari menggunakan sepatu yang masih basah. Keringkan sepatu terlebih dahulu sebelum digunakan.

Jangan biarkan sepatu yang basah dalam waktu yang lama. Karena ini bisa menyebabkan bau tak sedap pada sepatu. Usahakan punya sepatu cadangan, agar kita bisa menggunakannya secara bergantian.

Itulah beberapa penyebab mengapa sepatu kamu bisa bau. Sekarang mimin mau bagi tips jitu untuk mencegah agar sepatu kamu tidak bau.


Tips untuk Mencegah Agar Sepatu Tidak Bau...

Ada beberapa hal dan kebiasaan baik yang dapat kamu lakukan untuk mencegah bau tak sedap yang ditimbulkan sepatu.

1. Cuci Rutin Secara Teratur
Rutin mencuci sepatu dapat mencegah agar sepatu kamu tidak bau. Usahakan cuci sepatu setidaknya 3 hari sekali. Selain untuk mencegah bau tak sedap, tentu saja sepatu akan lebih nyaman saat digunakan.

2. Hindari Penggunaan Sepatu yang Masih Basah
Seperti yang sudah dijelaskan diatas, menggunakan sepatu yang masih basah juga dapat menyebabkan sepatu menjadi bau. Selalu ingat, keringan sepatu terlebih dahulu sebelum digunakan.

3. Simpan Sepatu di Tempat yang Tepat
Jangan simpan sepatu ditempat yang lembab. Simpanlah sepatu ditempat yang kering dan memungkinkan untuk lebih banyak terkena angin. 

4. Sepatu dan Kaos Kaki Simpan Secara Terpisah
Kaos kaki adalah yang paling dekat dengan kulit kaki. Sehingga kaos kaki inilah yang pertama kali terkena keringat dari kaki. 

Kaos kaki pula yang pertama kali menjadi sarang bagi bakteri dan kuman. Agar bau di sepatu kamu tidak terlalu parah, sebaiknya sepatu dan kaos kaki disimpan secara terpisah.

5. Usahakan Punya Sepatu Cadangan
Mempunyai sepatu lebih dari satu, dapat mencegah bau pada sepatu. Karena saat sepatu yang satu dicuci, kita masih bisa memakai sepatu yang satunya lagi.



Cara Menghilangkan Bau Sepatu Tanpa Dicuci...

Jika sepatu kamu sudah terlanjur bau, kamu bisa gunakan jurus sakti ini. Kamu bisa gunakan bahan-bahan yang mudah ditemukan seperti kopi, baking soda, dan yang lainnya. Lebih jelasnya, silakan lanjut baca ya!

6. Gunakan Koran Bekas
menghilangkan bau busuk pada sepatu dengan koran bekas

Kamu suka baca koran? Kamu beruntung banget, karena selain dapat menambah wawasan, ternyata koran juga bisa menyerap bau tak sedap pada sepatu.

Cara menghilangkan bau sepatu dengan koran bekas :
  • Sediakan 2-4 lembar koran
  • Usahakan sepatu dalam keadaan kering
  • Bungkus sepatu kamu dengan koran, usahakan sampai lubang sepatu tertutup rapat
  • Simpan ditempat yang dingin selama semalaman.
  • Lakukan ini, hingga bau disepatu kamu benar-benar hilang.


7. Gunakan Kopi

Menghilangkan bau  tak sedap sepatu dengan kopi bubuk

Selain nikmat untuk diminum, kopi juga memiliki manfaat lain seperti mengatasi bau mulut dan bau pada sepatu. Caranya cukup mudah, silakan lakukan langkah mudah dibawah ini!


Cara mengatasi bau sepatu dengan kopi :
  • Usahakan sepatu dalam keadaan kering dan bersih
  • Sediakan bubuk kopi secukupnya
  • Kemudian bungkus bubuk kopi tersebut dengan tisu
  • Masukan bubuk kopi yang sudah terbungkus tisu tersebut kedalam sepatu
  • Agar hasilnya maksimal, diamkan selama  semalaman.


8. Gunakan Baking Soda

cara menghilangkan bau menyengat pada sepatu dengan baking soda

Baking soda biasa digunakan sebagai bahan campuran untuk membuat kue. Baking soda  juga bisa digunakan untuk mengatasi bau badan. Selain itu kamu juga dapat menggunakan bakin soda untuk menghilangkan bau menyengat pada sepatu.

Hal ini dikarenakan bakin soda memiliki kemampuan yang hampir sama dengan kopi. 

Cara menghilangkan bau sepatu dengan bakin soda :
  • Sediakan baking soda secukupnya
  • Pastikan sepatu kamu dalam keadaan bersih dan kering
  • Taburkan baking soda tersebut, lalu diamkan semalaman
  • Keesokan harinya, bersihkan sepatu dengan sikat.

9. Rajin Merawat Kuku Kaki
Bau pada sepatu juga bisa disebabkan oleh kotoran yang terperangkan dalam kuku kaki yang jarang dipotong. Untuk itu, kamu bisa mulai membiasakan diri untuk memotong kuku rambut.


Itulah beberpa tips mudah untuk menghilangkan bau menyengat pada sepatu. Lakukan tips diatas secara rutin jika tidak ingin sepatu kamu bau. Semoga bermanfaat.


Next:  


Advertisement

Baca juga:

loading...