Jumat, September 27, 2013

Penyebab dan Gejala Penyakit Maag!

Tags
Penyebab dan Gejala Penyakit Maag! - Hai sahabat inner, kemarin ada salah satu sahabat kita yang bertanya tentang apa penyebab terjadinya penyakit maag? dan bagaimana cara mengatasi sakit maag?. Itulah salah satu alasan mengapa pada kesempatan ini saya membuat artikel tentang penyakit maag. Untuk lebih lengkapnya yuk kita lanjut baca!

A. Apa itu Penyakit Maag?

Penyakit maag [gastritis] adalah penyakit yang muncul karena adanya gangguan pada lambung  yang dipicu oleh meningkatnya kadar asam lambung, sedangkan peningkatan asam lambung dalam waktu yang lama akan berdampak pada terjadinya radang lambung atau tukak lambung sehingga bagi penderita penyakit maag ini akan mengalami rasa sakit, yaitu sakit pada lambung dan ulu hati yang biasanya juga disertai dengan adanya rasa mulas dan perih pada bagian perut.

Jadi kesimpulannya adalah bahwa penyakit maag secara umum merupakan penyakit yang terjadi pada lambung yang disebabkan oleh tingginya kadar asam lambung, dan kelebihan asam lambung dalam waktu yang lama akan berakibat pada peradangan lambung dan usus. 

B. Gejala Penyakit Maag?

Sakit maag merupakan penyakit yang biasa terjadi pada masyarakat, hal ini bisa terjadi karena pola makan yang tidak teratur sudah menjadi bagian dari gaya hidup seseorang. Selain itu jenis makanan, waktu makan (terlambat makan), bahkan stres juga dapat mempengaruhi meningkatnya kadar asam lambung dalam tubuh. Jika hal ini terus terjadi maka akan timbul gejalanya seperti berikut ini :
  • Sering merasakan rasa sakit pada lambung dan ulu hati.
  • Jika terlambat makan maka perut akan kembung
  • Perut terasa sakit setelah anda makan
  • Merasa mual sehingga mengakibatkan muntah-muntah
  • Sendawa dalam keadaan lapar
  • Nafsu makan menjadi turun, wajah terlihat pucat, adanya keringat dingin, hingga  kepala terasa pusing.

C. Penyebab Terjadinya Penyakit Maag

Untuk anda yang punya penyakit mah, anda dapat melakukan pencegahan terhadap timbulnya penyakit ini, salah satunya dengan cara mengetahui terlebih dahulu apa penyebab terjadinya penyakit maag. Dan berikut hal-hal yang dapat memicu terjadinya penyakit maag : 
  • Gaya hidup yang tidak sehat
  • Pola makan yang tidak teratur
  • Terlalu banyak memakan makanan mengandung banyak lemak yang merangsang produksi asam lambung
  • Hati-hati karena Stres, terlalu lelah, dan tekanan emosi yang berlebihan dapat memicu maag
  • Terlalu banyak begadang, sehingga kurang tidur akibatnya insomnia
  • Merokok.
  • Kecanduan kopi yang berlebihan
  • Mengonsumsi minuman beralkohol.
  • Mengonsumsi jenis obat tertentu dalam jangka panjang
  • Bakteri,  mikroorganisme yang merugikan (helycobacter pylori) , karena mengeluarkan zat yang merangsang produksi asam lambung.

    Tujuan saya menulis artikel ini yaitu agar kita dapat mengetahui hal yang dapat menyebabkan terjadinya penyakit maag dan gejala apa saja yang timbul jika kita terkena penyakit maag. Sehingga kita dapat melakukan usaha pencegahan agar kita dapat terhindar dari penyakit ini. Karena kemarin-kemarin saya sempat membaca artikel di situs lain yang mengatakan bahwa "penyakit maag yang sudah kronis bisa menyebabkan kematian". 


    D. Lalu, bagaiamana Cara mengobatinya?

    Untuk mengobati penyakit mah apalagi yang sudah kronis memang cukup sulit, tapi jika kita mau berusaha pasti bisa disembuhkan. Caranya yaitu dengan menghindari beberapa hal yang dapat memicu terjadinya penyakit tersebut misalnya seperti yang tertera diatas. Intinya harus mulai menjalani pola hidup yang sehat. Tapi jika sobat inner ingin tahu bagaimana cara mengobati penyakit maag secara tradisional, sobat bisa baca artikel yang akan saya tulis selanjutnya yaitu tentang "Cara Mengobati Penyakit Maag Secara Tradisional". Maka dari itu, jangan lupa untuk terus selalu mengunjungi blog ini ya! :)


    Baca juga artikel menarik berikut ini :


    "Silahkan berikan komentar anda mengenai artikel ini, dan jika sobat inner punya tips jitu untuk mengobati penyakit maag, sobat bisa tulis di kotak komentar, insyaalloh akan bermanfaat dan akan saya jadikan bahan untuk membuat postingan selanjutnya! terimakasih"



    Advertisement

    Baca juga:

    loading...