Minggu, Januari 01, 2017

Ini 10 Obat Jerawat Paling Ampuh dan Cepat Hilang

Tags
10 Obat Jerawat Paling Ampuh dan Cepat - Bagaimana cara menghilangkan jerawat? Semuanya akan dibahas dalam atikel ini. Namun sebelum itu, kita akan bahas satu per satu mulai dari apa itu jerawat, apa saja jenis-jenisnya hingga bagaimana cara menghilangkannya. Untuk itu, yuk kita lanjut baca!

Mungkin kamu pernah berada dalam kondisi ini, ada banyak acara yang akan kamu hadiri dikeesokan hari, akan tetapi, saat kamu melihat cermin, ada jerawat di wajah kamu... hmm pasti bingung kan?

Tapi tenang setelah membaca artikel ini, kamu akan mengetahui Obat Jerawat Paling Ampuh.


Apa dan Bagaimana Cara Ampuh Menghilangkan Jerawat





Apa itu jerawat?

Jerawat adalah salah satu jenis masalah kulit yang ditandai dengan munculnya bintik-bintik atau benjolan pada beberapa bagian tubuh seperti wajah, leher, punggung, dan dada.

Menurut situs alodokter.com, jerawat adalah masalah kulit yang ditandai dengan munculnya bintik-bintik pada beberapa bagian tubuh, seperti wajah, leher, punggung, dan dada. Bintik-bintik tersebut dapat berkisar mulai dari yang ringan, seperti komedo hitam dan komedo putih, hingga bintik-bintik parah yang berisi nanah dan kista. (alodokter.com/jerawat).


Siapa Sajakah yang Berpeluang Terkena Jerawat?

Berdasarkan suatu penelitian, jerawat paling rawan muncul pada saat seseorang beranjak remaja, atau biasa disebut sebagai masa pubertas. Pada remasa wanita, jerawat biasanya muncul pada saat mereka berusia 15 - 19 tahun.

Sedangkan untuk remaja pria, jerawat biasanya muncul pada saat usia mereka menginjak 17 - 21 tahun. Walaupun begitu, kadang-kadang jerawat juga terjadi pada anak-anak dan wanita dewasa pada saat menstruasi.


Jenis-Jenis Jerawat yang Paling Banyak dialami

Terdapat beberapa jenis jerawat, namun yang paling sering dialami biasanya ada tiga, yaitu jerawat pasir, jerawat biasa, dan jerawat batu.

1. Jerawat Pasir


Contoh Jerawat Pasir
Gambar Jerawat Pasir

Dari sekian banyak jenis jerawat, jerawat pasirlah yang ukurannya paling imut. Meskipun demikian, jerawat ini biasanya datang dalam jumlah banyak. Jadi ciri dari jerawat pasir ini adalah, kecil dan suka maen keroyok hehe.

2. Jerawat Biasa


Contoh Jerawat Biasa
Gambar Jerawat Biasa

Jerawat jenis ini memiliki ukuran sedang, dan biasanya jerawat ini muncul dengan jumlah yang lebih sedikit. Namun jerawat ini biasanya menimbulkan rasa nyeri yang lumayan, dan dapat mengganggu penampilan.

3. Jerawat Batu


Contoh Jerawat Batu
Gambar Jerawat Batu

Dari semua jenis jerawat, jenis inilah yang ukurannya paling besar dan menakutkan. Disebut jerawat batu, karena memiliki warna hitam dan besar seperti batu. Selain itu, jerawat ini menimbulkan nyeri yang sangat mengganggu.



Penyebab Jerawat

Munculnya jerawat disebabkan oleh adanya produksi minyak berlebih, kotoran dan bakteri yang terjebak dalam pori-pori kulit. Sehingga terjadi pembengkakan berisi nanah pada folikel rambut di kulit. Pembengkakan itulah yang selama ini kita sebut jerawat.


Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

Terdapat banyak cara untuk menghilangkan jerawat, mulai dari melakukan perawatan medis, hingga menggunakan cara alami yang dapat dilakukan sendiri di rumah. 

Namun dalam artikel ini, blog inkesehatan hanya akan berbagi tips menghilangkan jerawat secara alami dengan menggunakan bahan-bahan alami yang dapat ditemukan di sekitar rumah. Bagaimana caranya? Silakan simak tips mengatasi jerawat secara alam berikut ini :

1. Gunakan Masker Kayu Manis dan Madu

Kayu manis dan madu memiliki sifat ati mikroba alami. Jika kedua bahan tersebut digabungkan, makan akan menjadi obat penghilang jerawat yang sangat ampuh.

Gambar Kayu manis dan madu
Kayu Manis dan Madu


Cara menghilangkan jerawat dengan masker kayu manis dan madu :
  • Bersihkan wajah kamu dengan air hangat, untuk memastikan wajah kamu terbebas dari kotoran dan bakteri.
  • Kemudian campurkan 1 Sendok Teh Kayu Manis dengan 2 sendok makan madu alami
  • Aduk hingga kedua bahan tersebut bercampur
  • Setelah itu, oleskan masker kayu manis dan madu tersebut pada jerawat.
  • Diamkan selaman kurang lebih 15 - 30 menit, setelah itu bersihkan dengan air dingin.

catatan :
Bakteri adalah salah satu penyebab munculnya jerawat. Kandungan dalam kayu manis dan madu dapat membunuh dan membersihkan bakteri yang ada pada wajah kamu. 


2. Masker Pepaya

Dalam dunia kecantikan, pepaya sering digunakan dalam berbagai bahan dalam membuat produk kecantikan. Alasannya adalah karena pepaya dapat mengangkat dan menghilangkan sel kulit mati.

Gambar Buah Pepaya
Gambar Buah Pepaya


Selain itu, pepaya juga dapat mengurangi minyak berlebih dan mengandung ezim yang berfungsi untuk mencegah dan mengatasi peradangan di kulit dan menghentikan pembentukan nanah.

Cara menghilangkan jerawat dengan masker pepaya :
  • Sediakan 1 buah pepaya matang, kemudian belah menjadi beberapa bagian
  • Pisahkan daging buah pepaya dan bijinya
  • Haluskan daging buah pepaya dengan blender sampai benar-benar halus
  • Cuci kulit yang berjerawat dengan air hangat, kemudian terapkan masker pepaya tadi pada area kulit yang berjerawat
  • Diamkan selama 30 menit, setelah itu basuh dengan air dingin
Catatan:
Setelah digunakan, jika bisa, biji pepaya tadi jangan dibuang, karena memiliki khasiat yang menakjubkan. Penasaran? silakan cek artikel : manfaat biji pepaya.




3. Letakan Tomat di Wajah Anda

Dari sekian banyak bahan alami yang biasa digunakan untuk mengatasi jerawat, mungkin hanya tomat yang paling mudah ditemui di sekitar kita. Tomat memiliki banyak manfaat, tak hanya untuk kesehatan, tapi juga untuk kecantikan.

Gambat Buah tomat
Tomat


Sudah sejak lama tomat biasa digunakan untuk perawatan kulit, seperti halnya untuk membersihkan noda hitam di kulit, membantu mengembalikan kekenyalan kulit guna mencegah penuaan dini, tak terkecuali untuk mengatasi wajah berjerawat.

Tomat mengandung anti-oksidan yang disebut lycopene yang berfungsi untuk melindungi kulit dari berbagai masalah, seperti penuaan dini. Buah tomat juga memiliki kandungan yang bersifat anti-bakteri yang dapat mencegah dan mengatasi komedo dan jerawat yang timbul di wajah.

Cara menghilangkan jerawat dengan tomat:
  • Sediakan 1-2 buah tomat
  • Potong menjadi beberapa bagian, kemudian haluskan dengan blender
  • Cuci kulit wajah kamu dengan air hangat, lalu applikasikan masker tomat tersebut pada kulit yang berjerawat
  • Biarkan selama -+ 1 jam, dan tunggu hingga masker tomat tersebut mengering
  • Setelah itu bilas dengan air dingin
Catatan : 
Untuk kamu yang memiliki kulit sensitif, sebaiknya tidak menggunakan cara ini, karena biasanya zat asam dalam tomat dapat membuat kulitmu iritasi.


4. Oleskan Gel Lidah Buaya

Gel lidah buaya (aloe vera) ini memiliki tekstur yang lembut dan kenyal sehingga akan nyaman saat kita gunakan untuk melakukan perawatan kulit.

Alasan lain mengapa gel lidah buaya baik digunakan untuk menghilangkan jerawat di wajah adalah, karena gel lidah buaya bersifat anti-bakterial dan anti inflamasi yang dapat mencegah kemerahan dan pembengkakan di kulit.

Gambar Lidah Buaya
Lidah Buaya


Untuk kamu yang kulitnya tidak sensitif, kamu bisa mencampurkan gel lidah buaya dengan bahan lain seperti jeruk nipis, tomat ataupun bawang putih. Tapi jika kulit kamu sensitif, gel lidah buaya saja sudah cukup.

Cara menghilangkan jerawat dengan gel lidah buaya:
  • Sediakan 1 helai daun lidah buaya
  • Belah atau potong daun lidah buaya tersebut, dan keluarkan gel yang ada di dalamnya
  • Setelah itu, basuh wajah kamu dengan air hangat, lalu aplikasikan gel lidah buaya tersebut pada area kulit yang berjerawat
  • Diamkan selama 15-30 menit, dan tunggu hingga mengering
  • Setelah itu kamu bilas dengan air dingin, dan lihat apa yang terjadi
Catatan :
Cara ini aman digunakan, sekalipun untuk jenis kulit sensitif. Selain dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat, lidah buaya juga dapat digunakan untuk merawat rambut.



5. Gunakan Baking Soda untuk Usir Jerawat

Bagi ibu-ibu yang terbiasa membuat kue, benda ini pasti sudah tidak asing lagi. Secara, bakin soda memang salah satu bahan yang sering digunakan dalam pembuatan kue.

Namun siapa sangka, ternyata serbuk putih ini juga memiliki khasiat untuk kecantikan. Bakin soda dapat digunakan untuk mengatasi kulit berminya dan wajah berjerawat.

Selain dapat mengatasi kulit wajah berjerawat, baking soda juga dapat merangsang pertumbuhan sel kulit baru. Sehingga kulit akan lebih cerah dan sehat.

Gambar baking soda
Baking Soda


Cara menghilangkan jerawat dengan bakin soda:
  • Campurkan baking soda dengan air secukupnya hingga membentuk pasta
  • Cuci kulit kamu hingga bersih
  • Setelah itu terapkan pada area kulit wajah kamu
  • Diamkan selama 15-30 menit, lalu bilas dengan air dingin
Catatan:
Untuk hasil yang optimal, kamu juga dapat mencampurkan baking soda dengan bahan lain seperti, aloevera, tomat, lemon dan lain sebagainya.



6. Gunakan Kemangi untuk Mengobati Jerawat

Hampir semua orang tahu bahwa kemangi salah bahan yang sering digunakan dalam bumbu masakan.

Namun tahukah kamu, ternyata kemangi memiliki kandungan anti-oksidan, anti-bakteri, dan anti-inflamasi (anti peradangan), yang mana kesemua itu adalah senyawa yang sangat ampuh untuk menghilangkan jerawat.

Kandungan anti bakteri dalam kemangi dapat membasmi bakteri penyebab jerawat, dan anti-inflmasi dalam kemangi ampuh untuk mencegah dan mengendalikan peradangan yang menyembabkan pembengkakan pada jerawat. 

Dengan kata lain, kemangi ini sangat efektif untuk mengempeskan dan mengatasi jerawat. Bahkan, suatu penelitian menyatakan bahwa, kemangi juga memiliki sifat antibiotik yang dapat melawan pertumbuhan bakteri.

gambar kemangi
Kemangi


Cara mengobati jerawat dengan kemangi:
  • Rebus air dan 10-20 helai daun kemangi dalam panci
  • Tunggu hingga mendidih, lalu angkat dan tunggu sampai air tersebut dingin
  • Gunakan bola kapas untuk mengoleskan air rebusan daun kemangi pada kulit wajah yang berjerawat
  • Diamkan selama 10-15 menit, kemudian bilas dengan air dingin.


7. Gunakan Jeruk Nipis untuk Menghilangkan Jerawat

Cara Mengatasi Jerawat dengan Jeruk Nipis
Jeruk Nipis

Jeruk nipis memiliki kandungan zat asam yang baik untuk membersihkan kulit wajah dari sel kulit mati, akteri, dan kotoran. Jeruk nipis sudah sejak dalam digunakan untuk perawatan kulit, karena memang buah ini sudah terbukti dapat mencerahkan, dan menjaga kesehatan kulit.

Selain dapat mencerahkan kulit, jeruk nipis juga bermanfaat untuk mencegah dan mengatasi jerawat di wajah bahkan bekasnya. 



Cara menghilangkan jerawat dengan jeruk nipis:
  • Sediakan 1 buah jeruk nipis
  • Belah menjadi  2 bagian
  • Cuci terlebih dahulu wajah dengan air
  • Gosok-gosokan jeruk nipis tersebut dengan lembut, (jika tidak, kulit kamu akan mengalami iritasi)
  • Diamkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan air dingin.

Catatan : 
Menggunakan jeruk nipis untuk menghilangkan jerawat mungkin bagi jenis kulit tertentu dapat menyebabkan iritasi.  Selain itu, mungkin juga dapat menimbulkan rasa perih, namun jangan khawatir, karena itu tandanya zat dalam jeruk nipis sedang bekerja.


8. Masker Alami dari Bengkuang

Saya yakin sobat inner pernah lihat iklan suatu produk kosmetik yang menggunakan bengkuang sebagai bahan utama alat kecantikan tersebut. Itu karena bengkuang memang sangat bermanfaat untuk mencerahkan kulit, entah itu kulit wajah ataupun kulit tangan dan kaki.

Namun tahukah anda, ternyata bengkuang juga mempunyai manfaat lain, yaitu bisa kita gunakan untuk menghilangkan bekas jerawat diwajah.

gambar bengkoang
Bengkoang


cara mengatasi jerawat dengan bengkuang :

  • Sediakan bengkuang : 1 buah 
  • Kemudian kupaslah kulit bengkuang tersebut lalu parut
  • Selanjutnya anda bisa menempelkan parutan bengkuang tersebut pada kulit wajah yang terdapat bekas jerawatnya.
  • Lalu anda diamkan masker tersebut selalu kurang lebih 15-20 menit
  • Terakhir bilaslah dengan air bersih, cara ini paling baik dilakukan setiap kali anda akan tidur karena dapat menjaga kelembaban kulit sehingga mencegah kulit kering.



9. Mengobati jerawat dengan Mentimun

Mentimun merupakan jenis sayuran yang mengandung banyak air yang jika dikonsumsi, dapat mencegah dehidrasi. Selain itu mentimun mengandung zat seperti : Vitamin B, Vitamin C, zat besi, dll, yang juga baik untuk kesehatan kulit.

Gambar Mentimun
Mentimun


- Jika jerawat masih sedikit
Jika jerawat di wajah anda jumlahnya masih sedikit, anda hanya pelu mengiris mentimun menjadi beberapa bagian tipis. Setelah itu anda tempelkan di bagian kulit wajah yang ada jerawatnya, lalu biarkan selama 20-30 menit setelah itu bersihkan dengan air.

- Jika jerawat sudah banyak
berbeda halnya jika jerawat di wajah anda jumlahnya sudah banyak, maka caranya pun berbeda. Pertama anda siapkan mentimun, kemudian cuci mentimun hingga benar-benar bersih, setelah itu haluskan dengan cara diparut atau di blender.

Kemudian jadikan masker, biarkan selama 20-30 menit. Terakhir, anda cuci bersih masker mentimun tersebut dengan air.



10. Pisang dan Jeruk Nipis

Pisang merupakan salah satu jenis buah yang kaya akan manfaat, diantaranya dapat kamu baca dalam artikel sebelumnya tentang manfaat buah pisang.

Disamping bermanfaat untuk kesehatan, buah pisang juga memiliki manfaat untuk kecantikan diantaranya dapat menghaluskan kulit, dapat mencerahkan kulit, hingga menghilangkan jerawat.

Kamu dapat membuat masker alami untuk menghilangkan jerawat dengan bahan buah pisang dan sedikit campuran bahan lainnya yaitu jus jeruk nipis. Caranyapun sangat mudah, silakan simak langkah-langkah berikut ini.

gambar pisang
Pisang


Cara menggunakan buah pisang untuk menghilangkan jerawat:
1. Sediakan 1 buah pisang matang
2. Pisahkan kulit dari daging buah pisang.
3. Campurkan dengan air perasan jeruk nipis, lalu haluskan dengan blender
4. Cuci kulit wajah kamu dengan air hangat, lalu terapkan pada kulit wajah
5. Diamkan semalaman, bilas dengan air dingin esok harinya. Lihat apa yang terjadi setelahnya, akan membuat kamu kaget, coba saja..

Catatan :
Jika kulit kamu sensitif, sebaiknya tidak mencampurkan air perasan jeruk lemon, cukup hanya dengan buah pisang saja.


Baca dulu ini...

Mungkin kamu bingung, kenapa mimin menyarankan untuk mencuci wajah dengan air hangat sebelum melakukan perawatan, iya kan? Oke, mimin kasih tahu alasannya...
  • Penggunaan air hangat pada saat mencuci wajah sebelum perawatan adalah untuk membuka pori-pori kulit, agar kotoran dan bakteri di kuit dapat dengan mudah dikeluarkan. 
  • Sedangkan penggunaan air dingin setelah dilakukannya perawatan, berfungsi untuk mengecilkan pori-pori kulit. Sehingga kulit menjadi lebih kencang dan halus.


Tips Penting Sebelum Melakukan Perawatan

1. cuci tangan Anda secara menyeluruh sebelum menggunakan salah satu perawatan, terutama mereka yang memerlukan kontak langsung antara tangan dan wajah Anda. Ini akan meminimalkan penyebaran kotoran dan bakteri.

2. Pilih salah satu jenis perawatan diatas.

3. Gunakan beberapa kali perawatan pada waktu untuk setidaknya 1 minggu untuk mengetahui seberapa efektif mereka berada pada kulit Anda. Jangan gunakan terlalu banyak perawatan pada waktu yang sama.

4. Makan diet seimbang dan memastikan bahwa Anda mengambil makanan yang kaya antioksidan seperti vitamin C, vitamin E dan selenium.

5. Jangan berkecil hati jika jerawat tidak lenyap dalam semalam. Dengan setiap perlakuan, Anda pasti akan melihat peningkatan kondisi kulit Anda.





Tambahan...

Cara Menghilangkan Noda Hitam Bekas Jerawat

Walaupun jerawat sudah dapat teratasi, namun besar kemungkinan jerawat tersebut akan meninggalkan bekas hitam berupa noda hitam atau bopeng. Tentu saja ini akan mengganggu penampilan kamu.

Tapi jangan khawatir, mimin akan kasih tahu gimana cara untuk mengatasinya. Dalam hal ini kita akan menggunakan bahan alami dan beberapa jenis obat jerawat yang ada di apotik.


1. Gunakan Minyak Zaitun

Cara pertama untuk menghilangkan bekas jerawat adalah menggunakan minyak zaitun. Kamu dapat mengoleskannya langsung, atau kamu juga bisa mencampurnya terlebih dahulu dengan bahan lain.

Kamu dapat mengetahui bagaimana cara menggunakan minyak zaitun untuk menghilangkan bekas jerawat dengan membaca artikel sebelumnya tentang 7 Cara Terbaik Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Minyak Zaitun.


2. Krim dari Bahan-bahan Alami 

Sebagian dari kamu pasti sudah tahu bagaimana cara membuat krim alami untuk menghilangkan noda hitam bekas jerawat. Tapi untuk kamu yang belum tahu, silakan simak artikel sebelumnya tentang 4 Krim Alami untuk Menghilangkan Benjolan dan Noda Hitam Bekas Jerawat.


3. Scrub Baking Soda dan Jeruk Nipis

Bahan alami yang sudah terbukti efektif dapat menghilangkan bekas jerawat adalah baking soda dan buah jeruk nipis.

Jeruk nipis mengandung zat asam yang dapat membantu mempermudah pengelupasan sel kulit mati, sedangkan baking soda bertindak sebagai scrub yang dapat mengangkat sel-sel kulit mati tersebut.

Untuk menghapus bekas jerawat dengan menggunakan baking soda dan jeruk nipis caranya sangat mudah, kamu hanya perlu mencampurkan air perasan jeruk nipis dengan baking soda. Lalu gunakan campuran kedua bahan tersebut sebagai scrub. Silakan coba sendiri dan rasakan hasilnya.


4. Gunakan Alkohol

Alhokoh merupakan salah satu jenis obat jerawat yang dapat kita temukan di apotik. Hanya dengan alkohol, kamu dapat terbebas dari noda hitam bekas jerawat. Kamu hanya perlu mencelupkan bola kapas kedalam alkohol, lalu menggosokannya pada area bekas jerawat dengan lembut.

Jika dilakukan secara rutin, maka bekas jerawat kamu akan segera hilang secara perlahan. Bagaimana tertarik untuk mencoba?


5. Gunakan Antiseptik

Penggunaan antiseptik, selain dapat menghilangkan jerawat, juga dapat membantu menghilangkan noda hitam bekas jerawat.

Dalam hal ini saya menyarankan anda untuk menggunakan produk anti-septik det*l (maaf saya tidak bermasud untuk promosi). Ini berdasarkan pengalaman pribadi yang saya alami. Saya menggunakan anti-septik ini, pada saat wajah saya berjerawat, dan hasilnya memuaskan, jerawat saya sembuh tanpa meninggalkan bekas.

Penting!
Akan tetapi menggunakan produk anti-septik diatas dapat mengakibatkan hal-hal berikut ini:

  • Kulit menjadi panas dan gatal-gatal, ini hanya berlangsung dalam waktu singkat.
  • Pada tahap selanjutnya kulit kamu akan mengelupas, dan bersamaan dengan itu, jerawatpun ikut sembuh.
  • Saya tidak bertanggung jawab jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan pada anda setelah mencoba tips ini. Untuk itu, sebaiknya kamu bertanya terlebih dahulu ke dokter spesialis kulit.

Itulah beberapa Obat Jerawat Paling Ampuh yang dapat kamu coba sendiri di rumah. Semoga bermanfaat...



Bantu SHARE info bermanfaat ini, agar lebih banyak lagi orang yang terbantu...!
Advertisement

Baca juga:

loading...