Senin, Juli 27, 2015

5+1 Cara Efektif Menghilangkan Panu di Kulit Secara Alami dalam 3 Hari, Berani coba?

Tags

loading...
Ingin tahu bagaimana cara menghilangkan panu di kulit? baca artikel ini sampai habis...!

Cara alami menghilangkan panu - Kulit ternyata memiliki berbagai banyak permasalahan, bukan hanya masalah seperti kulit kusam dan kering melainkan juga penyakit yang memang menjangkiti kulit manusia, penyakit tersebut karena disebabkan oleh oleh virus, jamur atau bahkan bakteri.

Yang membuat kulit mudah diinfeksi oleh virus, jamur atau bakteri adalah karena kulit merupakan bagian terluar dari seseorang, selain itu kulit memiliki lapisan yang sangat tipis sehingga dengan mudahnya bisa dijangkiti oleh banyak penyakit. Apalagi penyakit kulit sering berdampak buruk bagi kesehatan kita.

5+1 Cara Efektif Menghilangkan Panu di Kulit Secara Alami dalam 3 Hari, Berani coba?


Baca juga : 9+1 Cara Alami Menghilangkan Strechmark dengan Cepat, No.8 Sudah tau belum?

Salah satu penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur adalah panu, kadas dan gatal-gatal. Sedangkan penyakit kulit yang disebabkan karena bakteri seperti eksim dan penyakit kulit yang dikarenakan oleh virus adalah penyakit cacar. Beberapa penyakit tersebut sering dialami oleh masyarakat Indonesia. Selain karena lingkungannya yang kurang bersih, juga dikarenakan kita kurang bisa menjaga kebersihan.

Dalam bahasan kali ini kita akan menjelaskan informasi yang berkaitan dengan penyakit panu. Salah satu jenis penyakit kulit yang sangat sering terjadi pada tubuh manusia, bukan hanya orang dewasa melainkan juga anak-anak. Hal ini dikarenakan penyakit panu bisa menular dan dengan mudahnya berpindah tempat untuk menginfeksi tubuh lain. Untuk lebih jelasnya berikut adalah pengertian, gejala hingga cara mengobati panu.


Apa itu Panu?

Panu adalah penyakit yang terjadi karena jamur. Jamur dengan mudahnya menginfeksi tubuh manusia melaluui beberapa media. Salah satunya adalah media keringat. Jamur yang menyebabkan penyakit panu adalah jamur Pityrosporum ovale. Jamur ini mulai menginfeksi tubuh manusia dibagian permukaan kulit. Akibatnya adalah kita akan merasakan gatal dan pedih jika digaruk. Bila kita berkeringat, maka jangan sampai kita tidak mandi atau justru tidak membersihkan badan, hal ini bisa berdampak pada infeksi yang disebabkan oleh jamur tadi sehingga kita bisa memiliki penyakit panu. Salah satu tanda seseorang yang memiliki penyakit panu adalah mereka memiliki bercak warna putih dan terasa gatal. Orang jarang menyadari bila mereka terkena penyakit panu.


Gejala Panu

Setelah mengetahui penyakit panu itu seperti apa, berikut ini adalah gejala yang biasa timbul bila Anda memiliki penyakit panu.

1. Terdapat bercak warna putih, bila tidak segera diobati maka dampaknya adalah akan semakin membesar. Bercak putih ini akan lebih mudah terlihat untuk mereka yang memiliki kulit gelap, sedangkan bagi mereka yang memiliki kulit putih susah membedakan karena tidak begitu jelas.

2. Teksturnya seperti sisik namun lebih halus.

3. Dan bila digaruk pada bagian plak putih tersebut akan keluar butiran putih yang halus seperti bedak.

4. Sedangkan bila bagian tersebut terkena keringat, maka akan terasa gatal.
Bila Anda mengalami beberapa gejala yang telah disebutkan diatas, bisa saja Anda telah mengalami penyakit panu, namun baru Anda sadari saat ini. Akan lebih baik jika Anda segera memeriksakan diri ke dokter kulit terdekat.


Penyebab Panu di Kulit

Dalam bahasan kali ini kami akan membagikan mengenai penyebab penyakit panu, sehingga Anda bisa lebih berhati-hati dan menjauhi hal-hal yang bisa membuat Anda terkena penyakit panu.

1. Faktor keturunan
Penyakit panu juga bisa disebabkan karena faktor keturunan, bila Anda memiliki banyak panu di kulit, mungkin Anda bisa bertanya mengenai riwayat penyakit panu di keluarga. Bila jawaban yang didapat positif, itu artinya Anda mengalami sakit panu karena keturunan.

2. Lingkungan yang lembab dan hangat
Lingkungan yang lembab dan hangat adalah sarang yang nyaman bagi jamur panu sehingga mereka dengan mudah menginfeksi kulit manusia. Dengan begitu bila Anda tinggal ditempat yang lembab dan hangat, cobalah untuk selalu menjaga kebersihan agar tidak mudha diinfeksi oleh penyakit panu.

3. Malnutrisi
Malnutrisi merupakan faktor pemicu eksternal penyakit panu, bila kita salah dalam mengonsumsi makanan, bisa jadi menyebabkan adanya jamur yang berkembang dalam kulit dan menyerang kulit bagian atas sehingga orang tersebut menderita sakit panu.

4. Kebersihan tubuh
Bila kita tidak mampu menjaga kebersihan tubuh, dengan mudahnya jamur penyebab penyakit panu menginfeksi tubuh dan timbullah bercak putih sebagai tanda bahwa kita telah terjangkiti penyakit panu.

5. Menular
Hari-hati dengan teman atau keluarga yang memiliki penyakit panu, karena penyakit panu bisa menular, jadi kita harus bisa menjaga jarak agar tidak terkena penyakit panu. Jangan menggunakan handuk ataupun pakaian bekas penderita penyakit panu.

6. Keringat berlebih
Bila Anda memiliki keringat dalam jumlah banyak saat melakukan kegiatan, akan lebih baik bila Anda menggunakan handuk untuk membersihkan keringat tersebut. Bakteri, kuman dan jamur sangat senang bila manusia memiliki kulit lembab akibat keringat.

7. Suhu udara terlalu panas
Udara yang terlalu panas juga bisa menyebabkan penyakit panu, karena kulit kita akan mengeluarkan keringat dan bila tidak dibersihkan bisa terinfeksi oleh jamur penyebab penyakit panu.

Baca juga : 10 Tips Mencerahkan Wajah Kusam dan Berminyak Secara Alami dalam 1 Minggu


Tips Mencegah Panu di Kulit

Setelah mengetahui hal yang bisa menyebabkan kita terkena penyakit panu, sekarang saatnya kita mencegah datangnya penyakit panu ke dalam kulit kita.

1. Mengeringkan handuk setelah digunakan
Cara pertama ini cukup mudah namun jarang dilakukan oleh Anda sekalian. Taruhlah handuk yang telah Anda gunakan untuk membersihkan badan ditempat kering dan bersih. Jangan biarkan handuk menempel pada kasur ataupun tempat lembab yang bisa saja menjadi sarang jamur panu dan mengakibatkan Anda terkena penyakit panu.

2. Mandi rutin 2 hari sekali
Dengan mandi 2 kali sehari secara rutin dan bersih bisa menecegah kita dari infeksi penyakit panu, jamur penyebab penyakit panu sering hidup di tempat yang lembab, kotor, dan pengap. Bila kita rutin mandi, maka bakteri dan kuman yang menempel di tubuh bisa hilang dan kita terhindar dari penyakit panu.

3. Simpan pakaian gantung ditempat yang kering
Kemudian simpan pakaian Anda ditempat yang kering dan bersih. Bila pakaian tersebut pernah digunakan, lebih baik cuci pakaian tersebut sedangkan untuk pakaian yang masih bersih, gantung ditempat yang kering. Jangan biarkan kuman dan jamur menempel di pakaian Anda, karena jamur bisa dengan mudah menempel di kulit anda melalui baju.

4. Menghindari penderita penyakit panu
Cara terakhir ini pasti bisa Anda lakukan, biasakanlah untuk tidak menggunakan baju milik orang lain, sekalipun keluarga Anda. Jangan gunakan handuk untuk bersama-sama, dan hindari orang yang memiliki penyakit panu. Maksudnya adalah jangan sampai kulit Anda menempel dibagian kulit si penderita penyakit panu. Karena melalui keringan dan bersentuhan langsung, jamur penyakit panu bisa dengan mudah menempel dan berpindah tempat.

Cara Mengobati Panu Secara Alami

Lalu bagaimana jika Anda sudah terlanjur panuan? Untuk Anda yang terkena penyakit panu dan ingin sembuh dari penyakit panu, bisa menggunakan obat herbal alami yang tidak mendatangkan efek samping. Berikut adalah beberapa cara menghilangkan panu dengan cepat.

1. Bawang putih
Dengan menggunakan bawang putih, Anda bisa melakukan perawatan tehadap penyakit panu, caranya adalah dengan mengupas bawang putih kemudian dibagi menjadi dua baru oleskan bawang putih tersebut dibagian yang terdapat bercak putih.

2. Lengkuas dan garam
Cara kedua ini menggunakan lengkuas dan garam. Pasti Anda akan merasa sedikit perih namun cara ini juga dianggap ampuh untuk mengatasi penyakit panu. Caranya adalah dengan membelah lengkuas menjadi dua kemudian taburi garam halus pada bagian lengkuas yang telah dibelah kemudian gosokkan pada bercak panu selamam beberapa kali.

3. Belimbing wuluh dan kapur sirih
Selanjutnya untuk Anda yang ingin mengobati panu tanpa rasa sakit, bisa menggunakan cara iini. Tumbuklah belimbing wuluh kemudian campur dengan kapur sirih dan oleskan pada bagian yang terdapat panu.

4. Belerang dan jeruk nipis
Cara yang terakhir adalah menggunakan sari jeruk nipis yang dicampur dengan belerang kemudian dioleskan pada bagian yang terdapat panu.

Demikian adalah cara alami dan mudah yang bisa Anda gunakan untuk menyembuhkan penyakit panu.

Baca juga : 5+7 Cara Alami Menghilangkan Selulit dengan Cepat

Cara Mengobati Panu Secara Medis

Untuk Anda yang menginginkan pengobatan medis untuk menyembuhkan penyakit panu, berikut adalah beberapa obat panu yang dapat Anda gunakan. Namun sebelumnya konsultasikan terlebih dahulu ke dokter.

1. Menggunakan selenium sulfide lotion
Dengan menggunakan selenium sulfide lotion, Anda bisa menghilangkan penyakit panu, dengan cara mengoleskan obat ini pada bagian panu kemudian diamkan selama 10 menit. Lakukan hingga maksimal 2 minggu setelah Anda menggunakan obat ini. Bila belum sembuh, Anda bisa memeriksakan diri ke dokter terdekat

2. Menggunakan azol
Atau bisa juga Anda mengonsumsi obat azol. Caranya sama yaitu dengan mengoleskan obat ini ke bagian panu dan lakukan maksimal selama 2 minggu.

Demikian adalah informasi lengkap mengenai cara menghilangkan penyakit panu di kulit, semoga Anda terinsiprasi, semakin kaya wawasan dan bisa menjaga kesehatan agar terhindar dari penyakit panu.


Sumber : www.obatpanu.org

loading...