Sabtu, November 09, 2013

12 Tips Cara Mengatasi Flu atau Pilek Secara Alami

Tags

12 Tips Cara Cepat Mengatasi Flu atau Pilek Secara Alami - Influensa atau yang lebih dikenal dengan flu adalah infeksi virus yang terjadi pada alat pernafasan seperti hidung, tenggorokan dan paru-paru. Sehingga mempengaruhi kerja hidung, tenggorokan dan yang paling jarang terjadi, paru-paru anda.

Penyakit flu dapat dengan mudah mudah menular dan menyebar dari satu orang ke orang lain dengan melalui berbagi cara seperti berbagi minuman, berbagi alat makan, kontak langsung, juga batuk dan bersin. (Kuman flu tidak peduli apakah mereka menyebar melalui sentuhan ataupun udara, asalkan mereka dapat masuk ke dalam tubuh anda). So, anda harus hati-hati dengan virus ini.

Cara Alami Mengobati Flu atau Pilek dengan Cara Tradisional


Penyebab Utama Penyakit Flu atau Pilek

Influenza (Flu) adalah jenis penyakit menular yang disebabkan oleh virus RNA dari famili Orthomyxoviridae (virus influenza).

Gejala yang biasanya timbul dari penyakit ini diantaranya yaitu badan menggigil, demam, nyeri tenggorokkan, nyeri otot, sakit kepala terasa berat, batuk-batuk, kelemahan/lelah, dan rasa tidak nyaman secara umum.

Cara Alami Mengobati Penyakit Flu atau Pilek

Nah, setelah kita mengeahui apa saja hal yang dapat menyebabkan flu, sekarang waktunya saya berbagi tips seputar bagaiamana cara mengatasi flu atau pilek. Berikut 10 Tips Cara Mengatasi Flu atau Pilek Secara Alami :

1. Perbanyak Minum Air Putih
Mengapa harus minum air puith? jawabannya simple, karena air putih memang mempunyai segudang manfaat yang diantaranya juga dapat membantu mengobati penyakit flu atau pilek.

Usahakan minum air puith minimal 8 gelas / harinya. Hal tersebut bertujuan untuk menjaga agar tenggorokan anda bersih dari kuman yang bisa menyebabkan flu.

2. Mengkonsumsi Minuman Hangat
Selain dengan memperbanyak minu air putih anda juga dapat mengkonsumsi minuman yang hangat-hangat misalnya, air puith hangat, air teh hangat, kopi dsb.

Mengapa harus minuman hangat? Jawabannya karena pada saat flu, akan ada banyak cairan yang terbuang melalui ingus, ludah dan keringat.

Maka dari itu, sangat disarankan agar anda banyak minum air, utjuannya untuk mengganti cairan tubuh yang hilang. Mengapa harus air hangat?

Karena cairan hangat dapat membantu mengurangi hidung mampet, mencegah dehidrasi, dan melegakan tenggorokan yang terganggu. Selain itu, uap dari minuman panas juga dapat membantu mengencerkan lendir. So, jika anda flu segeralah minum yang hangat-hangat!

3. Beristirahat Total
Kondisi tubuh yang lelah akan menyebabkan kekebalan tubuh melemah dan flu akan menyerang saat kondisi tubuh yang sistem kekebalannya melemah.

Maka dari, sangat disarankan untuk anda melakukan istirahat total dan berhenti bekerja untuk sementara waktu, agar sistem kekebalan tubuh anda menjagi kembali seperti seharunya.

4. Konsumsi Buan dan Sayuran
Saat kondisi tubuh anda melemah, otomatis sistem kekebalan tubuh anda akan melemah. Maka dari itu asupan vitamin dan mineral sangat diperlukan untuk membantu mengembalikan kondisi tubuh.

Selain itu untuk membantu memperbaiki sistem kekebalan tubuh agar tidak meudah terserang penyakit. [ Baca : Kumpulan Artikel Khasiat Buah dan Sayur ]

5. Gunakan Aroma Bawang
Bawang yang selama ini kita kenal sebagai salah satu dari banyak rempah-rempah, ternyata juga bisa dijadikan obat untuk mengatasi flu.

Aroma Bawang-Bawangan (bawang daun, merah, puith) dapat berfungsi sebagai katalis dalam mengeluarkan cairan dan membersihkan hidung.

Caranya, peganglah bawang di bawah lubang hidung dan hiruplah aromanya selama sekitar 5 menit. Silahkan selamat mencoba! [Baca : Simpan Irisan Bawang di Setiap Sudut Ruangan, lihat apa yang terjadi, sungguh mengejutkan]

6. Terapi Uap Tradisional
Penguapan merupakan salah satu cara tradisional yang dipercaya ampuh untuk mengatasi flu. Caranya masukan air panas ke dalam baskom,

Gunakan handuk menutupi kepala Anda, dan tempatkan wajah anda di atas baskom tersebut. Agar hasilnya lebih optimal, anda bisa mencampurkan minyak kayu putih, kunyit, jahe atau rempah-rempah lainnya.

Cara melakukan terapi uap :
- Sediakan handuk atau kain yang agak tebal
- Ambil wadah atau baskom, kemudian isi dengan air panas
- Masukan kayu putih / kunyit / jahe / atau rempah-rempah lainnya
- Diamkan 5 - 10 menit
- Letakan air hangat yang sudah dicampur dengan rempah tadi tepat dibawah wajah Anda (posisi menunduk)
- Tutup kepala Anda dengan handuk atau kain tebal tadi.
- Lakukan selama 15 - 30 menit.

7. Berkumur
Berkumur bisa menjadi salah satu solusi saat flu menyerang. Mengapa harus berkumur? Tujuannya untuk membantu membersihkan mulut agar bakteri jahat penyebab flu tidak masuk ke tenggorokan.

Cobalah berkumur dengan air hangat yang dicampur dengan garam, cuka apel, kunyit jahe agar hasilnya maksimal.

8. Gunakan Aroma Mentol / Mint
Menggunakan aroma mentol atau mint adalah salah satu cara saya dalam mengatasi penyakit flu atau pilek.

Caranya mudah, anda hanya perlu mengoleskan minyak kayu putih atau balsam di dekat lubang hidung, tenggorokan dan dibagian dada anda.

9. Mandi dengan Air Hangat
Saat anda mengalami flu, usahakan jangan mandi menggunakan air dingin. Tapi selalu gunakan air hangat tujuannya yaitu untuk menjaga agar tubuh tetap hangat. Hindari minuman atau makanan yang mengandung es.

10. Konsumsi Cabai / makanan yang mengandung cabai
Capsaicin adalah sebuah senyawa kimia yang terkandung dalam cabai yang dipercaya dan sudah terbukti efektif membantu membersihkan rongga hidung.

Ketika flu mulai menyerang, cobalah mengkonsumsi sup dengan taburan lada atau makanan yang mengandung cabai. Tapi ingat, jangan terlalu banyak, nanti bukannya flunya sembuh malah sakit perut hehe.

11. Konsumsi Rempah-rempah Yang Rasanya Hangat
Selain dengan menggunakan cara-cara yang sudah dijelaskan sebelumnya, Anda juga bisa mencoba memakan rempah-rempah yang rasanya hangat seperti, kencur, jahe, kemangi, sreh.

Atau bisa juga semua rempah-rempah berikut di satukan dan direbus dengan air secukupnya, lalu minum air rebusannya. [Baca : 10 Jenis Tanaman Obat dan Manfaatnya]

12. Campuran Madu dan Jahe
Anda pasti tahu bagaimana luarbiasanya manfaat madu. Selain rasanya yang enak, madu juga kaya akan manfaat diantaranya, bermanfaat untuk mengatasi penyakit flu atau pilek.

Caranya membuat obat flu dari madu dan jahe :
- Sediakan 2 ruas jahe
- kemudian parut dan campurkan dengan madu
- Lalu konsumsi ramuan herbal tersbut 3x sehari. Insyaalloh flu anda akan sembuh.


Nah, itulah 12 Tips Cara Mengatasi Flu atau Pilek Secara Alami  isi dari artikel ini mungkin hanya sebagai tips, jika sakit berlanjut hubungi dokter hehe. Mudah-mudahan tips ini dapat bermanfaat bagi anda. Terimakasih.

Menyajikan artikel kesehatan, kecantikan, pengobatan alternatif, dan berbagai khasiat tanaman herbal.

Nisim