Sabtu, Mei 06, 2017

Jenis-jenis Komedo dan Cara Mencegahnya, No.2 Lebih Sulit Dihilangkan

Memiliki kulit wajah yang bersih, sehat, dan berseri merupakan impian setiap orang, khususnya wanita. Ada banyak sekali gangguan pada wajah yang bisa mengurangi aura kecantikan seorang wanita, seperti jerawat, komedo, dan flek hitam.

Salah satu bentuk masalah pada wajah yang sulit untuk diatasi adalah masalah komedo. Sehingga perlu sekali mengetahui jenis-jenis komedo agar bisa melakukan penanganan yang tepat yang ketika akan mengatasi gangguan komedo.

Banyak wanita yang mengeluhkan masalah wajah yang berkaitan dengan komedo ini. Selain mengganggu penampilan, komedo yang menumpuk di wajah juga mengindikasikan seseorang yang kurang pandai dalam menjaga kebersihan wajahnya.

Setelah mengetahui jenis-jenis komedo, mengetahui penyebab munculnya komedo juga merupakan hal yang penting untuk diketahui, mengingat seringnya komedo muncul kembali setelah dibersihkan.

Ada dua jenis komedo yang ada di wajah, yakni komedo hitam (blackheads) dan komedo putih (whiteheads). Walaupun hampir sama, kedua komedo ini memiliki karakteristik yang berbeda begitu pula dengan cara menghilangkannya.

Macam-macam komedo, penyebab dan bagaimana cara mengatasinya
Jenis-jenis Komedo


Jenis-Jenis Komedo dan Cara Mencegahnya


1. Komedo Hitam (Blackheads)

Dari jenis-jenis komedo yang ada, yang pertama adalah komedo hitam atau sering disebut blackheads. Komedo hitam ini merupakan jenis komedo yang terbuka dan tidak ada jaringan epitel kulit yang menutupinya.

Komedo hitam yang terbuka ini terbentuk dari gumpalan sebum yang bercampur dengan sel-sel kulit mati, debu, kotoran, bakteri, dan garam yang terdapat pada keringat.

Komedo ini awalnya berwarna putih, namun karena adanya oksidasi warnanya berubah menjadi hitam. Warna hitam yang ada pada komedo ini disebabkan proses oksidasi antara oksigen dengan pigmen yang ada pada kulit wajah yang disebut dengan melanin.

Ciri-ciri komedo hitam, yang membedakan komedo hitam dengan komedo putih adalah warnanya. Komedo putih akan tetap memiliki warna yang putih karena tidak mengalami proses oksidasi. Adapun area di wajah yang sering terdapat komedo berwarna hitam adalah di bagian dahi, dagu, dan hidung.

Komedo ini merupakan jenis komedo yang mudah untuk dihilangkan, karena sudah tidak tertutup oleh jaringan epitel kulit. Namun, yang menjadikan Anda harus waspada adalah adanya inflamasi ketika menghilangkan komedo hitam ini hingga menimbulkan masalah yang lebih serius pada wajah seperti timbulnya jerawat. Oleh karena itu diperlukan kehati-hatian ketika hendak menghilangkan komedo hitam di wajah.



2. Komedo Putih (Whiteheads)

Jenis-jenis komedo yang ada memang tidak banyak karena hanya ada dua, setelah di atas telah dibahas mengenai komedo hitam selanjutnya adalah komedo putih atau disebut whiteheads.

Berbeda dengan komedo hitam yang tertutup, komedo putih ini memiliki karakteristik yang tertutup atau terletak di bawah jaringan epitel kulit. Komedo putih ini terbentuk karena adanya gumpalan sebum yang terlihat seperti noda berwarna putih yang terletak di dalam lobulus sebaceous di bawah jaringan epitel kulit.

Ciri-ciri komedo putih ini adalah ketika disentuh terasa seperti ada gumpalan yang padat di wajah. Biasanya komedo putih ini muncul di wajah dalam bentuk tunggal atau bisa juga berkelompok dalam jumlah yang cukup banyak.

Adapun area di wajah yang sering terdapat komedo putih yakni bagian kelopak mata, tulang pipi, dan hidung. Namun, komedo putih ini bisa muncul di bagian wajah mana saja. Dikarenakan letak dari komedo putih yang berada di bawah jaringan epitel, menyebabkan komedo ini sulit untuk dihilangkan.

Karena menghilangkan komedo putih di hidung ini sangat sulit, sehingga Anda tidak dianjurkan untuk menghilangkannya sendiri jika tidak memiliki keterampilan yang mumpuni. Saat Anda mencoba untuk mengeluarkan komedo putih sendiri, kemungkinan terjadinya peradangan lebih besar, sehingga dikhawatirkan bisa mengalami masalah yang lebih serius lagi di wajah.


Penyebab Munculnya Komedo Hitam di Wajah

Setelah mengetahui jenis-jenis komedo, selanjutnya penting untuk Anda ketahui tentang penyebab munculnya komedo hitam di wajah. Komedo hitam yang awalnya berwarna putih ini terbentuk karena adanya penyumbatan di bagian pori-pori kulit oleh sebum.

Sebum sendiri merupakan minyak di wajah yang dihasilkan oleh kelenjar kulit. Selain penyumbatan oleh sebum, adanya komedo hitam ini juga disebabkan oleh penyumbatan oleh sel kulit mati, kotoran, bakteri, dan juga polusi.

Secara perlahan, kotoran yang menyumbat bagian pori-pori tersebut didorong ke bagian permukaan kulit. Setelah berada di bagian permukaan kulit, kotoran ini bertemu dengan oksigen sehingga terjadilah proses oksidasi yang menyebabkan komedo berwarna hitam.

Faktor lain yang bisa memicu timbulnya komedo hitam di wajah adalah kondisi hormon tubuh yang sedang tidak stabil, seperti ketika Anda sedang menstruasi, mengalami kehamilan, serta sedang pubertas.

Selain itu, masih ada faktor lain yang bisa menyebabkan terbentuknya berbagai jenis-jenis komedo di wajah khususnya komedo hitam adalah produksi minyak yang berlebih di kulit, adanya bakteri penyebab jerawat, sel kulit mati yang mengelupas, kurang menjaga kebersihan kulit, menggunakan make up tertentu, serta kondisi lingkungan yang kotor.

Penyebab Munculnya Komedo Putih di Wajah

Dari jenis-jenis komedo tadi, selanjutnya masuk ke penyebab munculnya komedo putih. Ada banyak faktor yang menyebabkan munculnya komedo putih di wajah. Namun, awalnya komedo putih ini terjadi karena adanya minyak berlebih di kulit wajah yang dan sel-sel kulit mati yang menyumbat pori-pori wajah yang terbuka.

Penyebab komedo putih yang pertama adalah adanya perubahan hormon yang terjadi di tubuh seseorang. Meningkatnya produksi hormon di tubuh biasanya terjadi ketika memasuki masa pubertas.

Produksi hormon androgen yang meningkat akan memaksa kelenjar sebasea untuk memproduksi banyak sebum ke bagian kulit wajah. Sehingga kulit wajah akan lebih berminyak dari biasanya.

Minyak yang berlebih ini akan menutupi pori-pori kulit wajah, dan terbentuklah komedo putih.
Faktor penyebab komedo putih yang selanjutnya adalah dikarenakan faktor genetik.

Orang dengan faktor genetik memiliki kulit berminyak akan lebih rentan terkena komedo putih apabila dibandingkan dengan orang yang memiliki kulit kering.

Kulit yang berminyak ini merupakan hasil keturunan dari orang tua, sehingga tidak bisa diubah dengan cara apapun. Adanya minyak berlebih di wajah menyebabkan pori-pori wajah tertutup dan terbentuklah komedo putih.

Faktor penyebab komedo putih yang selanjutnya adalah karena salah memakai kosmetik. Sebagai wanita pastinya sering menggunakan berbagai macam kosmetik untuk menunjang penampilan agar lebih menarik.

Namun, kosmetik yang tidak sesuai justru dapat menimbulkan masalah pada wajah, contohnya muncul komedo putih.

Kosmetik yang tidak sesuai dengan jenis kulit serta memiliki bahan baku yang tidak jelas dapat menyebabkan komedo. Ketika Anda menggunakan kosmetik yang tidak sesuai akan menyebabkan pori-pori wajah menjadi tertutup dan tidak bisa bernapas.

Terlebih lagi dengan kosmetik yang mengandung minyak, akan mempercepat terbentuknya berbagai jenis-jenis komedo, salah satunya adalah komedo putih di wajah.

Cara Mencegah Timbulnya Komedo

Setelah mengetahui jenis-jenis komedo dan penyebab terbentuknya, yang terakhir adalah mengetahui cara mencegah agar komedo tidak muncul di wajah. Ada banyak cara sehat yang bisa dilakukan untuk mencegah timbulnya komedo di wajah. Cara adalah dengan mencuci wajah minimal tiga kali dalam satu hari, sering mengkonsumsi air putih dan buah-buahan, serta perbanyak olahraga.

loading...