Selasa, November 22, 2016

27 Cara Menghilangkan Bau Kaki secara Permanen

Cara menghilangkan bau kaki. Bau kaki memang bukanlah masalah yang besar. Tapi jika dibiarkan, akan mendatangkan masalah yang lebih besar. Ingin tahu bagaimana cara menghilangkan bau kaki? Yuk lanjut baca! Tapi sebelum itu, share dulu artikel ini ya...

Jika kaki kamu mengeluarkan bau tak sedap, orang lain pasti langsung beranggapan kalau kamu adalah orang yang jorok. Lebih parahnya lagi, keberadaan kamu akan membuat orang-orang disekitarmu menjadi tidak nyaman.

Cara Efektif Menghilangkan Bau Kaki dan Mencegahnya
Gambar Kaki via. pixabay.com



Kalau sudah begitu, reputasi kamu yang jadi taruhannya. Gak mau kan ini terjadi? Tapi jangan khawatir karena dalam artikel ini blog inkesehatan akan memberikan tips cara menghilangkan bau kaki secara permanen.

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Tapi jika kaki kamu sudah terlanjur bau, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mengetahui penyebab mengapa kaki kamu bisa bau.


Penyebab Bau Kaki

Beberapa hal beriktu ini dapat menjadi penyebab bau kaki :
  • Pola hidup yang tidak sehat alias super jorok.
  • Bau kaki disebabkan oleh adanya keringat pada area kaki yang bercampur dengan bakteri, sehingga akan menimbulkan bau tak sedap. 
  • Selain itu, bau kaki juga bisa disebabkan oleh pemakaian sepatu dan kaos kaki yang masih basah, bisa basah karena hujan ataupun belum benar-benar kering saat dijemur. 


Cara Menghilangkan Bau Kaki Secara Permanen

Lakukan beberapa tips di bawah ini untuk mengatasi bau kaki yang selama ini menempel di kaki kamu.

1. Gunakan Spray Penghilang Bau Kaki
Cara menghilangkan bau kaki adalah dengan menggunakan spray penghilang bau kaki. Kamu dapat menemukannya di apotek, toko kecantikan, atau di supermaket.

Apalagi jika aktivitas kamu padat, dan tak punya banyak waktu, sebaiknya spray ini harus selalu ada di tas kamu, kemanapun kamu pergi.


2. Basuh Kaki dengan Sabun Anti Bakteri
Tak hanya untuk menghilangkan bau badan, sabun anti bakteri juga efektif untuk menghilang bau kaki. Gunakan sabun anti bakteri untuk mengatasai bau kaki kamu.

Karena sabun ini dapat membasmi dan menghilangkan bakteri dari kaki kamu, yang mana bakteri merupakan salah satu penyebab bau kaki.


3. Rendam Kaki dalam Air Perasan Jeruk Lemon
Manfaat lemon memang sangat banyak. Tak sedikit orang yang menggunakanya untuk perawatan kecantikan, seperti untuk memutihkan kulit dan menghilangkan jerawat.

Tak hanya itu, lemon juga biasa dijadikan sebagai obat herbal untuk menurunkan kolesterol, mengobati diabetes, mengobati asam urat, hingga sering dijadikan sebagai obat batuk herbal. Luar biasa bukan?

Ternyata, selain bermanfaat untuk kecantikan dan kesehatan, jeruk lemon juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau kaki tak sedap.

Cara menghilangkan bau kaki dengan jeruk lemon:
  • Siapkan 1 baskom air
  • 5-10 buah lemon
  • Panaskan air hingga mendidih, lalu campur dengan sedikit air dingin hingga airnya tidak terlalu panas.
  • Lalu campurkan dengan air perasan jeruk lemon dan aduk hingga merata.
  • Rendam kaki kamu dengan cara memasukannya kedalam baskom yang berisi air perasan jeruk lemon tadi.
  • Lakukan ini selama 15-30 menit.
Note.
Kamu dapat melakukan cara ini setelah selesai melakukan aktifitas harian yang melelahkan sambil bersantai. Untuk hasil yang maksimal, kamu dapat melakukan cara ini secara rutin. Jika tidak ada, kamu dapat mengganti jeruk lemon dengan jeruk nipis.


4. Gunakan Deodorant
Deodoroan biasanya kita gunakan untuk mengatasi bau badan yang disebabkan oleh adanya keringat berlebih dibagian ketiak.

Jika kamu punya deodoran di rumah, kamu bisa menggunakannya untuk menghilangkan bau tak sedap yang berasal dari kaki kamu.

Tapi ingat gunakan deodoran yang berbeda dengan yang kamu gunakan untuk ketiak. Jadi kalau bisa, kamu harus punya deodoran, satu untuk ketiak dan satunya lagi untuk kaki.


5. Basuh Kaki dengan Kopi
Siapa yang tidak tahu minuman enak ini. Kopi biasa disajikan untuk menemani pagi hari. Apalagi kalau cuacana dingin, hmm... pasti tambah nikmat.

Cara Menghilangkan Bau Kaki dengan Kopi
Gambar Kopi via. pixabay.com


Tapi siapa menyangka, ternyata kopi juga bisa membantu kamu untuk menghilangkan bau kaki yang menyengat.

Cara menghilangkan bau kaki dengan kopi:
  • Sediakan kopi bubuk dan air hangat (bukan untuk diminum ya hehe)
  • Basuh kaki kamu dengan air hangat selama beberapa menit.
  • Letakan kopi bubuk tadi di tangan, lalu gosok-gosokan pada kaki.
  • Diamkan selama 15-30 menit, kamu bisa lakukan cara ini sambil tiduran.
  • Basuh dengan air dingin.


6. Basuh Kaki dengan Teh
Teh merupakan salah satu minuman terpopuler di dunia. Teh biasa disajikan sebagai minuman pembuka di pagi hari.

Teh adalah tanaman yang kaya akan manfaat. Karena di dalam teh terkandung senyawa yang disebut katekin. Senyawa tersebut bersifat anti-oksidan, anti-bakterial, dan anti-inflamasi.

Sehingga banyak sekali orang yang menggemari minuman ini. Karena selain enak, minuman ini juga menyehatkan.

Selain disajikan sebagai minum, teh juga biasa digunakan untuk perawatan kulit yang bertujuan untuk mencerahkan dan mengenyalkan kulit, menghilangkan jerawat, dan mengatasi iritasi.

Bakteri adalah salah satu penyebab bau kaki. Sedangkan senyata anti-bakterial dalam teh, dapat membasmi bateri yang ada di areka kulit kaki kamu.

Setelah membaca artikel ini kamu juga akan tahu bahwa ternyata teh juga ampuh digunakan untuk menghilangkan bau kaki. Caranya pun sangat mudah, kamu hanya perlu merendam kaki kamu di dalam air teh yang masih hangat. Lakukan ini selama 15-30 menit.


7. Periksa Kebersihan Kuku
Mengapa harus memeriksa kebersihan kuku? Karena bisa jadi bau kaki kamu disebabkan oleh adanya kotoran yang menumpuk di kaki kamu.

Periksa Kebersihan kuku agar kaki tidak bau
Gambar Kuku via. pixabay.com


Jika bisa, potong kuku secara teratur. Mengapa harus memotong kuku? jawabannya karena kuku dapat menampung kotoran yang bercampur dengan bakteri dan keringat.

Sehingga dapat menyebabkan bau kaki. Maka dari itu, potonglah kuku kai secara teratur agar anda terhindar dari bau kaki.


8. Cuci dan Ganti Sepatu Secara Teratur
Tidak hanya dicuci secara teratur. Sepatu juga harus diganti secara teratur. Untuk itu, usahakan memiliki lebih dari satu sepatu.

Karena saat sepatu kamu basah, kamu masih bisa memakai sepatu yang lainnya. Karena salah satu penyebab kaki bau adalah memakai sepatu yang kotor dan masih basah.


9. Cuci dan Ganti Kaoskaki Secara Teratur
Bagaimanapun kaos kaki adalah yang paling pertama bersentuhan dengan kaki kamu. Dengan kata lain, menjadi benda yang pertama kali dan paling banyak menyerap keringat di sekitar kuli kaki.

Usahakan untuk mencuci dan ganti kaos kaki secara teratur untuk menghindari bau kaki. Jika bisa, gunakan kaos kaki berbahan dasar katun.

10. Lakukan ini Jika Bau disebabkan oleh Sepatu...
Inilah alasan kamu harus mengetahui apa penyebab bau kaki kamu. Jika bau kaki kamu berasal dari sepatu, mau tidak mau kamu harus tahu bagaimana cara mengatasi bau sepatu. Tapi jangan khawatir, kamu dapat menghilangkan bau menyengat sepatu hanya dengan koran.
  • Sediakan 2-4 lembar koran bekas
  • Remas koran, lalu masukan kedalam sepatu
  • Sebagiannya lagi, gunakan untuk membungkus sepatu kamu.
  • Lalu, simpan sepatu kamu di tempat yang kering dan sirkulasi udaranya lancar.
  • Simpan semalaman. 
Baca juga : 9 Cara Efektif Menghilangkan Bau Sepatu, No.6 Paling Mudah!


11. Gunakan Campuran Air dan Baking Soda
Dalam dunia kecantikan, bakin soda biasa digunakan sebagai scrub tradisional untuk menghilangkan komedo dan bekas jerawat.

Gunakan Baking Soda
Gambar Baking Soda via. pixabay.com


Kamu juga dapat menggunakan bakin soda untuk mengurangi bau kaki. Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu merendam kaki kamu dalam air hangat yang sudah dicampur dengan baking soda.

Lakukan ini selama 20 menit. Bersamaan dengan itu, lakukan pijatan-pijatan lembut. Ini dilakukan agar keringat dan bakteri benar-benar hilang dari kaki kamu. Sehingga kaki kamu menjadi tidak bau lagi.


12. Hindari Konsumsi Makanan yang Dapat Menyebabkan Keringat Berlebih
Timbulnya bau tak sedap dari kaki, adalah karena adanya keringat berlebih yang bercampur dengan bakteri dan kotoran. Sehingga kaki kita mengeluarkan bau tak sedap yang menyengat.

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasinya adalah dengan mengurangi konsumsi jenis makanan yang dapat menyebabkan keringat berlebih, seperti makanan pedas dan lain sebagainya.


13. Gunakan Tepung Maizena
Mungkin nama tepung ini masih asing di telinga kamu. Oke, sekedar infomasi saya akan menjelaskan sedikit tentang tepung maizena ini.

Tepung maizena adalah tepung yang berasal dari sari jagung. Tepung ini biasa digunakan sebagai bahan untuk membuat kue kering.

Lalu bagaimana cara menghilangkan bau kaki dengan tepung maizena? Gampang kok, kamu hanya perlu membalurkan tepung maizenan pada seluruh kulit di area kaki kamu.

Tepung maizena dapat menyerap keringat, sehingga dapat mengurangi bau tak sedap di kaki kamu. Lakukan cara ini sebelum kamu tidur, dan biarkan semalaman. Esok harinya basuh dengan sir hingga bersih.


14. Konsumsi Makanan yang Mengandung Magnesium
Mengapa harus makana yang mengandung magnesium? Karena magnesium merupakan zat yang dapat mengurangi produksi keringat berlebih.

Itulah alasan mengapa para pendaki gunung selalu membawa memakainya sebelum mendaki. Agar tangan tidak licin.

Jenis makana yang kaya akan maknesium diantaranya, yougurt, buah alpukat, sayura hijau, kacang-kacangan, dan masih banyak lagi.


15. Basuh Kaki dengan Obat Kumur atau Sabun Wajah yang Mengandung Mint
Mungkin cara ini sedikit aneh. Tapi cara ini efektif untuk mengatasi bau kaki yang tak sedap. Kuncinya ada pada mint. Mint dipercaya dapat mengurangi bau. Selama ini biasa digunakan untuk menghilangkan bau mulut.

Tapi ternyata lebih dari itu, mint juga berguna untuk menghilangkan bau kaki. Kamu hanya perlu mencuci kaki kamu dengan obat kumur atau sabun wajah yang mengandung mint.


16. Bersihkan Kulit Mati di Sekitar Kaki Secara Teratur
Berdasarkan situs wikihow.com, bau kaki juga dapat diminimalisir dengan cara mengangkat sel kulit mati di sekitar kaki. Untuk melakukannya kta dapat menggunakan batu apung atau scrub.

Kamu dapat membuat scrub buatan sendiri di rumah, untuk resepnya, kamu dapat membaca artikel sebelumnya tentang Cara Membuat Scrub Alami.


17. Gunakan Antiperspirant
Antiperspirant seperti yang dilansir life.viva.co.id, mengandung bahan kimia yang disebut ion aluminium yang berfungsi untuk menghambat datangnya keringat. Biasanya antiperspirant ini berbentuk gel.

Kamu dapat menggunakan antiperspirant sebelum kamu tidur, sehingga antiperspirant memiliki waktu cukup untuk meresap kedalam kulit.

Selian itu kamu juga bisa menggunakannya sebelum kamu memakai sepatu, dengan cara mengoles atau membalurkannya pada seluruh kulit di areka kaki khususnya untuk sela-sela jari.

Note:
Antiperspirant berbeda dengan deodoran. Antiperspiran berfungsi untuk menghambat produksi keringat, sedangkan deodorant berfungsi untuk menghilangkan bau badan. Kedua bahan ini biasa kita temui dalam produk yang berfungsi untuk menghilangkan bau badan.


18. Taburi Sepatu dengan Baking Soda
Baking soda dipercaya dapat menetralisir bau, membasmi bakteri dan mengurangi kelembapan. Kamu dapat menaburi sepatu saat tidak digunakan.

Selain itu, Knda juga dapat mengoleskan baking soda pada kaki sebelum memakai sepatu. Ini bertujuan untuk mencegah bau tak sedap pada kaki.


19. Rendam Kaki dengan Cuka
Cuka memiliki sifat anti-bakterial. Campurkan 1-2 cangkir cuka dengan 6 gelas air. Lalu masukan campuran tersebut ke dalam wadah atau baskom.

Setelah itu gunakan untuk merendam kaki. Cara ini juga efektif untuk mengurangi bau menyengat yang berasal dari kaki.


20. Gosok Kaki dengan Jeruk Nipis
Selama ini jeruk nipis diyakini dapat mencerahkan kulit, tapi ternyata jeruk nipis juga ampuh untuk menghilangkan bau kaki.
  • Cara 1 : Belah jeruk nipis menjadi 2 bagian, lalu gosokan pada kulit kaki.
  • Cara 2 : Campurkan air perasan jeruk nipis, lalu gunakan sebagai scrup untuk mengangkat sel kulit mati yang ada di kaki kamu. 


Cara Mencegah Bau Kaki 

Bau kaki sebenarnya tidak akan terjadi jika kita menjalani pola hidup sehat dan teratur, nah berikut ini adalah beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk mencegah bau kaki agar tidak datang kembali :
  • Selalu mencuci dan mengganti sepatu dan kaus kaki secara teratur (21).
  • Hindari pemakaian sepatu dan kaos kaki yang masih belum kering (22).
  • Saat anda hendak memakai sepatu yang baru dibeli, alangkah baiknya, sebelum sepatu tersebut dipakai, anda taburi, dan oleskan bubuk kopi kedalam sepatu anda (23).
  • Selalu mencuci kaki sebelum dan sesudah mekai sepatu, kemudian keringkan kaki anda dan barulah anda dapat memakai sepatu (24).
  • Hindari menyimpan sepatu dan kaos kaki ditempat yang lembab / basah (25).
  • Bila sepatu dan kaos kaki anda basah karena kehujanan, usahakan anda lap langsung lalu keringkan / dijemur (26).
  • Taburkan baking soda pada sepatu, saat kamu tidak menggunakannya (27).


Ada banyak cara menghilangkan bau kaki, kamu tidak perlu mencoba semua tips diatas sekaligus. Pilihlah salah satu, lau lakukan secara rutin. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Jika Anda peduli, tolong BAGIKAN informasi bermanfaat ini kepada orang-orang terdekat Anda!

loading...