Jumat, Agustus 14, 2015

Inilah 10 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Menyikat Gigi

Kesalahan yang sering dilakukan saat menggosok gigi. Tahukah Anda, ternyata masih banyak diantara kita yang masih sering melakukan kesalahan saat menyikat gigi. Hal tersebut terjadi karena kurangnya pengetahuan. Jika kesalahan tersebut dilakukan secara terus-menerus dapat menyebabkan kerusakan gigi yang akhirnya dapat menjadi penyebab sakit gigi.

Well buat Anda yang belum tahu apa saja si kesalahan yang sering dilakukan saat menyikat gigi, berikut ini kami akan memaparkan sejumlah informasi yang bermanfaat untuk Anda mengenai kesalahan-kesalahan dalam menyikat gigi.

Menggosok Gigi

1. Kebiasaan berkumur setelah selesai menggosok gigi

Apakah Anda salah satu orang yang selalu berkumur setelah selesai menggosok gigi ? Dari mayoritas orang yang bisa menggosok gigi, pasti menjawab iya. Tahukah Anda bahwa kegiatan tersebut merupakan kebiasaan salah selama menggosok gigi ? Bila Anda ingin berkumur, maka Anda bisa berkumur setelah 30 menit setelah melakukan sikat gigi. Hal ini dilakukan agar kandungan dalam pasta gigi bisa meresap kedalam gigi, bila langsung berkumur maka akibatnya adalah enzim pasta gigi akan mudah hilang.

2. Kebiasaan menggosok gigi setelah selesai makan

Memang benar bila kita harus menyikat gigi setelah makan, namun tidak dianjurkan untuk menggosok gigi setelah selesai makan tanpa ada jarak waktu. Hal ini dikarenakan untuk menyeimbangkan kadar keasaaman gigi yang juga berguna untuk menjaga kesehatan gigi. Bila Anda ingin menggosok gigi setelah makan, Anda bisa menunggu hingga 30 menit kemudiandan sikatlah gigi Anda hingga bersih.

3. Kebiasaan menyikat gigi terlalu keras

Bila Adna beranggapan bahwa menyikat gigi dengan tekanan dan kecepatan yang keras bisa membersihkan gigi, maka anggapan Anda salah besar. Justru hal ini bisa merusak lapisan gigi dan gigi Anda akan lebih mudah berlubang. Gunakanlah sikat gigi yang lembut dan sikatlah gigi Anda dengan lembut pula.

4. Kebiasaan menyikat gigi sebentar saja

Banyak orang menganggap sikat gigi adalah kegiatan wajib dan harus dilakukan meskipun sebentar. Pada kenyataannya hal ini salah, karena menyikat gigi dalam waktu kurang dari 2 menit justru masih meninggalkan banak kotoran dalam gigi. Ussakan untuk tenang dalam menyikat gigi kemudian lakukan kegiatan tersebut lebih dari 2 menit untuk membersihkan sisa makanan yang masih tersisa.

5. Suka ngemil

Apakah Anda salah satu orang yang suka dengan kegiatan ngemil ? Sebenarnya tidak ada yang salah dengan kegiatan ini, hanya saja bila Anda terlalu sering ngemil bisa membuat gigi Anda rusak. Gigi akan lebih mudah terkena zat dari makanan, apalagi bila ada zat asam yang bisa membuat gigi keropos.

6. Kebiasaan menyikat gigi saat mandi

Ada baiknya bila Anda ingin menggosok gigi yang baik dan benar, sikatlah gigi Anda terlebih dahulu sebelum Anda mandi, jangan sewaktu Anda sedang mandi. Hal ini membuat Anda tidak fokus dan akan terburu-buru dalam menggosok gigi.

7. Kebiasaan malas sikat gigi

Adakah diantara kalian yang malas untuk sikat gigi ? Hmm jangan lagi ya teman, karena bila Anda malas sikat gigi, kasihan gigi Anda yang akan dimakan oleh kuman, apalagi dalam gigi masih tersisa bekas makanan yang belum dibersihkan. Karena bila gigi Anda yang sakit, justru Anda sendiri kan yang merasakannya ?

8. Kebiasaan menggunakan sembarang sikat gigi

Perlu Anda tahu bahwa setiap orang harus memiliki 1 sikat gigi dan tidak boleh digunakan secara bersamaan, hal ini bisa berakibat pada kuman yang akan menular. Selain itu Anda harus menggunaan sikat gigi yang bertekstur lembut sehingga tidak melukai gigi dan gusi Anda.

9. Kebiasaan tidak membersihkan lidah

Memang membersihkan lidah bisa menjadi kegiatan yang kesekian untuk Anda setelah membersihkan gigi, namun membersihkan lidah juga sangat penting karena ada banyak kuman yang biasa tertinggal di lidah sewaktu kita makan.

10. Kebiasaan malas mengganti sikat gigi

Hal ini juga yang bahaya untuk kesehatan gigi Anda, jangan sampai Anda menggunakan sikat gigi salama 6 bulan lebih dan tidak diganti. Hal ini tidak baik untuk kesehatan Anda. Gantilah sikat Anda 3 bulan sekali seperti yang telah dijelaskan diatas.

Itulah beberapa kesalahan yang sering dilakukan saat menggosok gigi. Hindari kebiasaan buruk diatas yang justru bisa merusak kesehatan gigi Anda. Mulai sekarang lakukanlah kebiasaan baik untuk menjaga kesehatan gigi sehingga Anda sendiri akan terhindar dari sakit gigi yang sakitnya hampir membuat Anda tidak bisa tidur seharian.

Meskipun mungkin Anda telah melakukan kegiatan diatas, mungkin juga setelah ini Anda akan merubah kebiasaan buruk tersebut demi kesehatan gigi. Karena bila saja kita memiliki masalah kesehatan gigi maka yang akan terjadi adalah proses kita saat makan akan terganggu. Hal ini akan berpengaruh pada kesehatan pencernaan dalam kita. Untuk itu mari kita peduli kesehatan gigi dengan menjaganya serta menggosok gigi dengan baik tanpa melukai gigi dan meninggalkan kebiasaan buruk yang selama ini kita lakukan.

sumber : nationalgeographic.co.id
Advertisement

Baca juga:

loading...