Kamis, Desember 19, 2013

11 Cara Mengobati Sariawan dengan Cepat Tepat dan Efektif Secara Alami

Sariwan atau dalam istilah kedokteran lebih dikenal dengan sebutan (stomatitis aftosamerupakan suatu kelainan yang terjadi pada selaput lendir mulut berupa luka pada mulut yang berbentuk bercak berwarna putih kekuningan dengan permukaan agak cekung.

Sariawan bisa sangat menyakitkan dan dapat mengganggu aktivitas para penderitanya terutama pada saat mengunyah dan menelan makanan.

Lalu bagaimana cara mengobatinya? Sebelum kita mencari tahu bagaimana cara mengatasi sariawan mari kita cari tahu dulu apa penyebabnya!


Cara Efektif Mengobati Sariawa Karena Panas Dalam



Langkah ke 1 - Mencari Tahu Penyebab Sariawan

Sariawan ternyata bukan sesuatu yang terjadi secara kebetulan, pasti ada hal-hal yang menjadi penyebabnya misalnya :
  • Sariawan bisa terjadi karena kekurangan nutrisi seperti Vitamin B 12, Vitamin C bisa menyebabkan sariawan dan zat besi.

  • Secara umum sariawan juga dapat terjadi karena mulut yang tergigit bisa saja pada saat anda makan ataupun saat anda ngobrol. Atau bisa juga karena anda makan sambil ngobrol

  • Terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang panas / pedas misalnya makan keripik yang pedas, sayuran yang pedas, gorengan, sambal dsb.

  • Selain itu, sariawan juga dapat disebabkan oleh penggunaan suatu produk kesehatan yang tidak cocok dengan kita, misalnya menggunakan pasta gigi yang tidak cocok atau mengkonsumsi suatu obat-obatan yang memang tidak cocok dengan mulut kita.

  • Sariawan juga dapat disebabkan oleh kebersihan mulut yang tidak terjaga, misalnya jarang gosok gigi,jarang minum dsb. Apalagi selalu lupa membersihkan mulut ketika anda hendak akan tidur.

  • Atau bisa jadi, penyebab sariawan anda adalah karena keadaan suhu disekitar anda atau ditempat anda tinggal sekarang.
Untuk mengetahui lebih detail tentang apa yang menjadi penyebab sariawan yang anda rasakan saat ini, anda bisa mengingat kembali hal apa saja yang anda lakukan seminggu yang lalu / pada hari-hari sebelumnya. Setelah penyebabnya ditemukan, sekarang kita lanjut ke langkah selanjutnya.

Langkah ke 2 - Berhenti melakukan hal-hal yang bisa menjadi penyebab sariawan

Seperti yang telah kita bahas diatas, ada beberapa hal yang bisa menyebabkan sariawan terjadi misalnya saja jika penyebab sariawan anda adalah karena terlalu banyak makan makanan yang pedas, maka berhentilah makan makanan tersebut.

Jika sariawan disebabkan oleh kekurangan vitamin C, maka cukupilah asupan vitamin C anda misalnya dengan mengonsumsi buah-buahan dsb.

Jika penyebab sariawan adalah karena kebersihan mulut yang tidak terjaga, maka rajin-rajinlah untuk membersihkan mulut.

Langkah ke 3 - Langkah Menghilangkan sakit dan Pengobatan Sariawan 

Ada beberapa langkah yang dapat nda lakukan untuk menghilangkan rasa sakit dan mengobati sariawan, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Mengunakan Obat Parasetamol atau Mefenamat
Untuk menghilangkan rasa sakit karena sariawan anda bisa menggunakan obat kumur atau obat yang diminum.

Untuk obat yang diminum, anda bisa menggunakan parasetamol atau asam mefenamat, namun ingat, selalu perhatikan dosisnya juga.


2. Pasta Berbahan Garam dan Baking Soda
Anda juga bisa membuat obat buatan anda sendiri, caranya dengan membuat pasta berbahan garam dan baking soda. Tak hanya untuk sariawan, sebenarnya pasta buatan ini juga dapat digunakan untuk menghilangkan komedo putih.

Caranya cukup mudah, kita hanya perlu mencampurkan garam dengan backing soda dan tambahkan sedikit air. Setelah itu oleskan pada luka sariawan dan tunggu kurang lebih selama 10 menit, setelah itu basuh dengan air.


3. Air Kelapa
Percaya atau tidak, air kelapa dikenal denga pendinginannya sehingga dapat menenangkan sistem pencernaan. Selain baik untuk mengatasi dehidrasi, air kelapa juga baik untuk mengobati sariawan.


4. Pisang dan Madu
Anda dapat membuat pasta dari pisang dan madu. Cara anda haluskan buah pisangnya bisa dengan sendok ataupun diblender. Setelah itu campurkan dengan madu. Selanjuntnya anda oleskan pada ulkus (luka sariawan). Hal tersebut berfungsi untuk mencegah peradangan.


5. Daun Jambu Biji
Daun jambu biji ternyata juga punya banyak manfaat, selain dapat mengobati sakit perut, juga dapat mengobati sariawan. Caranya kunyahlah beberapa daun jambu biji lalu berkumurlah.


6. Yogurt
Mengkonsumsi yogurt dapat menjaga keseimbangan bakteri yang ada dimulut dan tubuh. Dengan begitu anda dapat mempercepat proses penyembuhan sariawan anda. Selain itu anda juga telah melakukan langkah pencegahan sariawan.


7. Minum Vitamin
Minum vitamin B, vitamin C, zat besi dan asam folat yang juga berperan dalam mencegah dan menyembuhkan luka sariawan. Ini tujuannya untuk memenuhi kebutuhan akan vitamin tersebut.


8. Konsumsi Buah-buahan 
Misalnya anda bisa memakan tomat, jeruk dan buah-buahan lainnya, manfaatnya yaitu untuk memenuhi kebutuhan vitamin C anda.


9. Bawang Putih dan Pepaya
Anda juga dapat menggunakan bawang ataupun pepaya untuk menyembuhkan sariawan, caranya dengan menempelkan langsung pada bagian luka sariawan.


10. Minyak Kelapa dan Madu
Minyak kelapa bersifat anti bakteri, anda dapat mencapurnya dengan madu untuk kemudian dioleskan pada bagian luka sariawan. Sebaiknya lakukan langkah ini setiap anda hendak tidur.


11.Kunyit
Kunyit ini memang tumbuhan super, selain dapat dijadikan rempah-rempah atau bumu masak, kunyit juga sering digunakan sebagai obat untuk menyembuhkan penyakit dibagian lambung atau saluran pencernaan. 

Selain itu juga kunyit ternyata bisa digunakan untuk menyembuhkan sariawan, caranya buatlah pasta dari kunyit. 

Langkahnya cukup mudah, cuci bersih kunyit, kemudian haluskan dan campurkan kunyit dengan satu sendok teh gliserin dengan cara ditumbuk atau diblender. Selanjutnya anda oleskan pada bagian luka sariawan.


    Penting!
    Tips diatas sebagian besar adalah tips menyembuhkan sariawan dengan cara tradisional. Sedangkan tips tradisional biasanya menggunakan bahan yang alami. 

    Biasanya sesuatu yang alami itu perlu proses. Jadi anda tidak akan langsung sembuh seketika setelah mencoba tips diatas, karena ini bukan sulap hehe. 

    Jika setelah mencoba tips diatas penyakit sariawan anda belum juga sembuh segera cek ke dokter terdekat.


    Demikianlah 11 Cara Mengobati Sariawan Dengan Cepat Tepat dan Efektif Secara Alami yang mudah-mudahan dapat menjadi solusi bagi anda saat anda mengalami sariawan. Mohon maaf jika masih banyak terdapat kekurangan dalam hal penyampaian info diatas. Terimakasih
    Advertisement

    Baca juga:

    loading...