Rabu, Agustus 13, 2014

17 Tips Cara Efektif Menghilangkan Stres

inkesehatan - Apa itu stres? apa penyebab stres, serta bagaimana cara menghilang stres? semua hal yang berkaitan dengan stres akan kita bahas dalam artikel ini. Semua orang yang hidup di dunia ini pasti pernah mengalami stres, namun dengan tingkatan yang berbeda tentunya, ada yang hanya mengalami stres ringan ada pula yang mengalami stres berat, tergantung dari tingkat permasalahan yang dihadapi dan bagaimana cara menyikapinya. ok langsung saja, mari kita bahas dari dari awal, mulai dari definisi stres itu sendiri.

Tips Jitu Atasi Stres
Tips Jitu atasi Stres
Daftar isi :
1. Definisi stres
2. Penyebab stres
3. Kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan stress
4. Gejala-gejala yang timbul saat mengalami stres
5. Akibat stres
6. Tips untuk mencegah dan mengatasi stres

Apa itu Stres?

Stres adalah tekanan atau beban pikiran yang melebihi batas kemampuan pikiran kita, akibatnya tindakan kita menjadi tidak terkontrol dan biasanya seseorang yang mengalami stres, pikirannya menjadi labil, mudah tersinggung, mudah marah dsb. Sedangkan menurut artikel yang saya baca di situs wikipedia, defini stres adalah sebagai berikut :
"Stres adalah suatu kondisi anda yang dinamis saat seorang individu dihadapkan pada peluang, tuntutan, atau sumber daya yang terkait dengan apa yang dihasratkan oleh individu itu dan yang hasilnya dipandang tidak pasti dan penting. Stress merupakan beban rohani yang melebihi kemampuan maksimum rohani itu sendiri, sehingga perbuatan kurang terkontrol secara sehat."
Stres biasanya terjadi saat kita dihadapkan dengan suatu kondisi dimana kita mengalami kesulitan dalam memecahkan suatu masalah misalnya, dihadapkan dengan dua pilihan yang sulit, mendapat pekerjaan yang belum pernah kita kerjakan sebelumnya dsb. Sehingga pikiran kita menjadi tertekan dan tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Maka dari itu, untuk mengetahui bagaimana cara mengatasi stres, penting bagi kita untuk mengetahui faktor penyebab stres. 

Faktor Penyebab Terjadinya Stres

Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat memicu terjadinya stres :

a. Faktor Pribadi
Faktor pribadi misalnya saat mengalami masalah yang memicu konflik di dalam rumah tangga dan berujung perceraian biasanya juga dapat menyebab stres. Selain itu bisa juga disebabkan oleh masalah ekonomi yang tak kunjung membaik dimana pemasukan lebih kecil daripada pengeluaran. Untuk anak muda jaman sekarang yang pemikirannya terlalu lebay, biasanya stres bisa terjadi saat putus cinta, galau akhirnya stres hingga mati bunuh diri. 

b. Faktor Lingkungan / Sosial
Faktor lingkungan sosial juga turut menjadi penyebab stres, misalnya saat seseorang di bully hingga dikucilkan dari pergaulan. Hal tersebut biasanya terjadi saat seseorang berada dilingkungan orang-orang yang status sosial ekonominya lebih tinggi. Selain itu stres juga bisa terjadi jika kita terlalu membanding-bandingkan keadaan kita dengan orang lain.

c. Faktor Organisasi / Pekerjaan
Beban pekerjaan yang berat sering kali menjadi penyebab terjadinya stres, apalagi waktu pengerjaan yang sudah semakin mepet. Belum sikap atasan yang cenderung otoriter, yang tidak mau menerima penjelasan apapun dari kita. Akhirnya pikiran kita menjadi tertekan dan mengalami stres.  


Kebiasaan Buruk yang Dapat Menimbulkan Stres

Selain ketiga faktor diatas, stres juga bisa diakibatkan oleh kebiasaan buruk, apa sajakah itu? berikut  uraian mengenai kebiasaan buruk yang dapat menjadi penyebab stres :

1. Menunda-nunda Pekerjaan
Jangan anggap sepele kebiasaan buruk ini. Karena menunda-nunda pekerjaan, akan membuat pekerjaan kita semakin menumpuk dan terasa sulit untuk dikerjakan. 

2. Terlalu perfeksionis
Mengerjakan sesuatu sebaik dan sesempurna mungkin itu baik, tapi kadang terlalu perfeksionis malah bisa membuat kita stres. 

3. Terlalu sibuk membanding-bandingkan
Terlalu sibuk membandingkan keadaan kita dengan keadaan orang lain yang lebih baik dari kita juga bisa membuat stres. Karena jika kita memandangnya dari segi negatid maka akan membuat kita merasa iri pada nasib orang lain, sehingga menjadi beban fikiran dan menjadikan kita stres.

4. Jarang olahraga
Olahraga selain dapat mejaga kesehatan jasmani, juga dapat bermanfaat bagi kesehatan rohani. Maka dari itu olahraga sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Pribahasa mengatakan "Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat". Kuat disini, bisa diartikan tahan dari penyakit jasmani maupaun rohani. 

5. Kebiasaan menyimpan masalah sendiri
Dalam hidup kadang ada suatu masalah yang tidak bisa kita atasi sendiri, melainakn butuh bantuan dari orang lain untuk menyelesaikannya.

Gejala-gejala yang timbul saat Stres

Kita dapat mengetahui apakah kita mengalami stres atau tidak dengan mengetahui gejala-gejalanya. Saat seseorang mengalami stres biasanya, mudah tersinggung, mudah marah, sering berkeringat tanpa sebab, tubuh mudah lelah, kepala pusing, merasa tidak tenang dsb.

Akibat Stress

Jangan anggap spele stres, karena ternyata stress juga dapat mengundang penyakit lainnya, berikut ini adalah beberapa hal yang biasa dialami saat orang stres :

  • Tekanan darah tinggi
  • Sariawan
  • Mudah jengkel
  • Kehilangan selera makan
  • Rentan terhadap kecelakaan
  • sakit kepala hingga menyebabkan serangan jantung

Cara Mengatasi Stres

Setelah mengetahui penyebab dan gejala stres, kita akan mengatahui bagaimana cara untuk mengatasinya, diantaranya yaitu dengan menghindari hal-hal yang dapat menyebabkan stres. Berikut ini adalah tips menghilangkan stres :

1. Curhat
Jika anda mempunyai masalah yang berat, anda bisa menceritakannya pada orang-orang disekitar anda, dengan harapan mereka bisa memberikan solusi atas masalah yang sedang kita hadapi.

2. Nonton acara komedi / humor
Saat anda mengalami kejenuhan / stres, cobalah luangkan waktu anda untuk melihat acara komedi di televisi, cara ini terbilang ampuh untuk mengatasi stres.  

3. Hargai waktu dan jangan menunda pekerjaan
Saat anda mendapat pekerjaan, lakukan sesegera mungkin, agar anda siap untuk mengerjakan pekerjaan lainnya, sehingga pekerjaan tidak menumpuk dan akan terasa ringan untuk dikerjakan. Bila perlu anda buat jadal harian, mingguan dan bulanan anda, agar anda lebih disiplin. 

4. Sempatkan waktu untuk Refreshing
Saat anda mengalami kejenuhan, sebaiknya anda meluangkan waktu untuk istirahat dan refreshing bersama keluarga anda. Bila perlu ambilah cuti kerja, karena jika tubuh lelah dipaksa bekerja, hasilnyapun tidak akan baik. Setidaknya refreshing dapat membuat hati dan fikiran tenang walaupun hanya untuk sementara waktu. Orang bijak mengatakan, menjaga kejernihan fikiran dan ketenangan hati itu penting, karena segalanya yang kita lakukan tergantung suasana hati. Suasana hati sedang keruh, maka akan menghasilkan tindakan yang kurang baik, dan begitupun sebaliknya. 

5. Tarik nafas dalam-dalam
Saat anda merasa tertekan, nervous, ataupun sres, nafas anda akan semakin cepat, maka dari itu, tariklah nafas dalam-dalam, lalu keluarkan secara perlahan. Hal tersebut dapat melacarkan aliran oksigen ke otak dan membuat anda menjadi lebih rileks.

6. Melakukan meditasi
Meditasi atau kegiatan menenangkan fikiran, dapat anda lakukan ditempat-tempat yang jauh dari keramaian dankebisingan suana kota. Untuk orang yang terbiasa melakukan yoga, pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya meditasi.

7. Fokus pada satu pekerjaan
Jika anda mempunyai lebih dari 1 pekerjaan yang belum terselesaikan, sebaiknya anda catat semua daftar pekerjaan, anda dan selesaikanlah satu-persatu dimulai dari yang termudah. Dengan begitu anda akan terhindar dari penumpukan pekerjaan dan lebih tenang dalam bekerja sehingga anda akan terhindar dari stres.

8. Bersyukur dan menerima diri sendiri
Seperti apapun keadaan anda, cobalah untuk mensyukurinya, jangan hanya membandingan nasib anda dengan orang yang nasibnya lebih baik dari anda, tapi agar kita bersyukur, cobalah bandingkan juga nasib anda dengan orang-orang yang nasibnya jauh lebih buruk dari anda. Seterlah itu, terimalah keadaan anda, bagaimanapun anda, andalah yang menentukan baik buruknya kehidupan anda.

9. Melakukan hal yang disenangi
Untuk mencegah dan mengatasi stres, anda bisa melakukan hobi, atau hal-hal yang anda senangi. Jika anda hobi bermain bola, yang main bola, jika hobi anda bermain musik, ya bermain musiklah, agar anda tidak terlalu stres.

10. Istirahat yang cukup
Salah satu penyebab stres adalah memaksakan tubuh yang sudah lelah untuk bekerja secara terus menerus. Ingat tubuh kita bukan robot, robot pun kalau habis batre pasti mati, apalagi kita hehe. So, ingat istirahatlah yang cukup, agar tubuh anda bisa pulih dan siap untuk melakukan pekerjaan.

12. Tidur secara teratur
Waktu tidur yang sehat yaitu 6-8 jam, jika anda kurang tidur, biasanya tubuh anda akan mudah letih dan merasa malas untuk melakukan pekerjaan.

13. Berfikir positif
Berfikir positif akan menghasilkan tindakan yang positif pula. Maka dari itu, berfikiran positiflah terhadap segala sesuatu yang terjadi pada anda, dengan begitu, diri anda akan meresponnya secara positif juga.

14. Olahraga 
Seperti yang sudah dijelaskan diatas, selain dapat menjaga kesehatan jasmani olahraga dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan rohani anda. 

15. Cara mengatasi stres lainnya
Stres dapat diatasi dengan langkah-langkah berikut ini :
  • mengkonsultasikan masalah yang sedang dihadapi kepada psikiater atau rekan kerja atau kerabat anda
  • lakukanlah olahraga ringan
  • konsumsi makanan kaya gizi
  • menonton acara komedian atau lawak
16. Minum Kopi
Minuman ini dipercaya dapat menenangkan syaraf -syaraf yang tegang. Cara ini dinilai efektif untuk mengobati stres.

17. Memanjakan diri
Bagi kaum wanita, saat mereka mengalami kejenuhan, biasanya mereka mengatasinya dengan cara memanjakan diri, caranya bisa datang salon, atau shopping.

Nah, itulah beberapa tips untuk mengatasi stres, agar tidak berkepanjangan. Walaupun stres buka merupakan penyakit, tapi jika kita membiarkan diri kita berlama-lama dalam keadaan stres, bukan tidak mungkin, akan mengundang penyakit-penyakit serius lain. So, selamat mencoba kiat-kiat anti stres diatas ya sabahat :)

Sahabat punya tips lain untuk menghilangkan stres? silahkan share di kolom komentar ya! setelah itu, bagikan artikel ini dengan cara klik tombol share button yang ada di bawah postingan ini!

Menyajikan artikel kesehatan, kecantikan, pengobatan alternatif, dan berbagai khasiat tanaman herbal.

Nisim