Minggu, Desember 27, 2015

Flu Berlangsung Lama? Hati-hati, Bisa jadi itu Gejala Sinusitis!

Gejala Penyakit Sinusitis - Flu yang berlangsung cukup lama terkadang menimbulkan berbagai pertanyaan dalam diri kita. Apalagi banyak informasi yang menyebutkan bahwa bila seseorang mengalami flu dalam waktu yang lama bisa saja menjadi indikasi penyakit sinusitis.

Hmm ngeri juga yaa? Untuk mengatasi rasa khawatir Anda, berikut ini sudah kami siapkan → informasi mengenai Penyakit flu dan sinusitis. Sehingga Anda bisa tahu perbedaannya kemudian bisa mencegah penyakit ini. Masih penasaran? Mari simak informasi dibawah ini.


Flu Berlangsung Lama? Hati-hati, Bisa jadi itu Gejala Sinusitis!

Perlu Anda ketahui bahwa ketika Anda mengalami flu, ada 2 faktor yang menyebabkan Anda flu dalam waktu yang lama, yang pertama karena Anda alergi, sedangkan yang kedua adalah karena non alergi atau disebabkan dengan hal lain.

Yang membuat kita khawatir adalah bila keluar lendir dari hidung dalam waktu yang cukup lama, apalagi disaat-saat tertentu yang menyebabkan kita bertanya dalam diri sendiri, apakah yang sedang terjadi dalam tubuh kita?

Penyebab Flu Berlangsung Lama

Flu yang diikuti dengan pilek bisa terjadi karena alergi. Pilek merupakan refleks tubuh, tubuh bereaksi dengan zat berbahaya tersebut yang akan merusak sistem tubuh kita. Bila tubuh sudah mulai mengeluarkan antibodi, yang akan terjadi adalah tubuh kita akan mengeluarkan lendir melalui hidung.

Nah yang perlu Anda ketahui dari penyebab mengapa Anda bisa pilek ini adalah bisa dikarenakan hal seperti debu kotor yang masuk ke hidung, polusi udara, sisa kulit hewan peliharaan yang sudah mati dan terhidup oleh kita atau bisa juga karena spora, tungau kotoran dan serbuk sari.

Diatas adalah penjelasan mengenai penyebab seeorang flu dan pilek akibat alergi, nah untuk yang non alergi, dibawah ini kami sudah mempersiapkan informasi yang bisa menyebabkan Anda pilek dan flu karena faktor luar seperti berikut ini.
  • Asap rokok, untuk itu, mulai sekarang Anda harus berhenti merokok
  • Kemudian, wangi parfum tertentu bahkan akibat perubahan cuaca atau pergantian musim.
  • Alasan yang kedua adalah bisa terjadi akibat adanya kerusakan jaringan dalam rongga hidung.
  • Ada bakteri atau virus yang masuk ke tubuh dan kemudian menginfeksi kita.
  • Stress yang berlebihan juga bisa menyebabkan seseorang terkena flu.
  • Adanya ketidakseimbangan hormon dalam tubuh.
  • Dampak dari pemakaian obat tertentu.


Flu berlangsung lama? Ini yang harus Anda lakukan...

Untuk mengetahui apakah Anda terkena gejala sinusitis atau tidak, Anda harus segera mengunjungi dokter THT, biasanya dilakukan pemeriksaan fisik normal kemudian baru dilakukan tes darah. Jangan takut terlebih dahulu, karena bisa saja Anda mengalami flu lama karena daya tahan tubuh Anda yang sangat lemah.

Dari tes darah ini bisa diketahui apakah Anda mengidap sinusitis atau tidak. Jadi Anda sudah tahukan apa yang harus dilakukan bila Anda mengalami flu dalam jangka waktu yang lama? Memang benar bila seseorang mengalami flu lama bisa menjadi indikator orang tersebut menderita sinusitis, namun bukan berarti semua orang yang mengalami → flu berkepanjangan adalah mereka yang terkena sinusitis.

Sehingga lebih baik dan lebih aman bila Anda ke dokter untuk segera memeriksakan diri agar terlihat hasilnya. Dan bila Anda masih menderita flu serta pilek, berikut ini adlaah cara-cara mudah yang bisa Anda lakukan.
  • Minum obat anti histamin sesuai dengan resep dokter.
  • Membersihkan secara rutin hidung yang berlendir dengan menggunakan air garam yang bisa Anda dapatkan di apotek.
  • Runtin membersihkan rumah sehingga tidak dipenuhi dengan debu dan kotoran.
  • Gunakan masker bila berada diluar ruangan.
  • Jika punya hewan peliharaan, jaga kebersihan dengan baik, batasi tempat tidur Anda dengan hewan tersebut dan jangan sampai Anda tidur bersama hewan tersebut. Kulit dan bulu hewan bisa saja membawa bakter atau jamur yang bisa menyebabkan Anda menjadi pilek.


Keimpulan :
Jika Anda mengalami sakit flu dalam waktu yang lama, cobalah untuk tidak panik. Segera kunjungi dokter, khususnya dokter THT. Karena dari pemeriksaan tersebut, akan diketahui, apakah Anda benar-benar mengidap penyakit sinusitis atau tidak. Usahakan untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan Anda sebagai langkah pencegahan. Selain itu, jalani pola hidup sehat agar kesehatan Anda tetap terjaga.

Informasi lebih lengkap terkait tindakan tepat untuk mengobati penyakit ini, dapat Anda baca selengkapnya dalam artikel Cara Mengobati Penyakit Sinusitis Secara Alami dan Medis.

Advertisement

Baca juga:

loading...