Sabtu, Agustus 16, 2014

Cara Memperbanyak Air Susu Ibu (ASI) Secara Alami dengan Resep Herbal

Setelah diartikel sebelumnya saya sudah mererangkan mengenai ASI secara terperinci. Kali ini saya akan membahas mengani bagaimana agar ASI menjadi banyak, Melimpah dan Baik untuk Bayi. Banyak sekali ibu yang merasa sedih karena ketika anaknya lahir air susu malah susah keluar dan bahkan tidak keluar sama sekali. Padahal dengan memberikan ASI bermanfaat untuk menjaga kontak fisik dan batin ibu dan anak.

Banyak sekali ibu yang tidak mau menyusui anak dengan berbagai macam alasan. Tapi ada juga ibu yang sebenarnya sangat ingin memberi ASI pada anaknya namun tidak bisa. Ada pula yang mengeluha tidak bisa menyusui anaknya karena air susunya sedikit dan tidak enak menurut si bayi.

MEMPERBANYAK AIR ASI

Cara Memperlancar dan Memperbanyak ASI secara Alami
Memperlancar ASI

Penyebab Air ASI Keluar Sedikit atau Bahkan Tidak Keluar Sama Sekali

  • Terjadinya Sumbatan Pada Saluran Susu
  • Akibat Faktor Gen atau Keturunan
  • Karena kurangnya nutrisi atau asupan gizi yang dimakan oleh ibu sehingga air susu keluar hanya sedikit
  • Ibu memiliki suatu penyakit sehingga air susunya tidak keluar contohnya penyakit kanker
  • Terjadinya penyumbatan pasca operasi
  • Kecilnya kapasitas penyimpanan ASI (tidak ada hubungannya dengan besar payudara)
  • Akibat gaya hidup ibu yang kurang sehat sehingga produksi ASI sedikit
Masih banyak hal lain yang dapat menyebabkan air ASI tidak Keluar. namun bukan berarti anda tidak bisa untuk mengusahakan ASI untuk sikecil. Ada beberapa cara untuk membuat produksi ASI Meningkat ASI. Bukan hanya dengan mengkonsumsi makanan yang mampu memperbanyak produksi ASI.

Makanan yang Dapat Meningkatkan Produksi ASI

1. Daun Som Jawa Segar

Cara Memperbanyak ASI dengan Som Jawa
Som Jawa


Tumbuhan Som Jawa memiliki banyak sekali khasianya contoh seperti meningkatkan kondisi tubuh, akarnya biasa dipakai untuk orang yang mengalami lemah syahmat, pusing ataupun memiliki kondisi tubuh yang sangat lemah, dan daunnya juga dipercaya bisa memperbanyak produksi ASI ibu setelah melahirkan. Caranyapun sangat mudah anda tinggal menumisnya dan dijadikan langsung sebagai lauk sehari - hari.



2. Daun Murbei Muda

Tips Memperbanyak Produksi ASI secara tradisional dengan Murbei
Murbei


Murbei atau disebut juga arben (Sunda), Murbain (Jawa), dll merupakan salah satu buah yang digemari karena rasanya yang enak ada yang asam ataupun manis. Buah murbei sangat baik untuk kesehatan sehingga banyak yang membudidayakannya. Selain buahya Daunnyapun memiliki banyak sekali khasiat untuk beberapa penyakit antara lain : kaki gajah, bisul, diabetes, batuk berdahak kolestrol dan saunnya juga sangat baik untuk memperbanyak ASI. Untuk Memperbanyak ASI caranya gampang hanya tinggal ditumis daunnya dan dimakan bersama nasi.


3. Akar Jombang

Tips Memperlancar ASI dengan Akar jombang
Jombang


Sebenarnya saya juga agak aneh sih karena belum pernah mendengar tentang tanaman ini, namun ternyata tanaman ini adalah Dandelion. Bunganya kalau sudah tua berwarna putih dan kalau ditiup akan terbang. Akar jombang mampu membantu proses produksi ASI, selain itu seluaruh tanamannyapun memiliki mampu membersih kanracun dan panas dalam tubuh. Tanaman Jombang bisa menghilangkan radang, dan menghancurkan penyumbatan pada payudara. Cara memasaknya

  • Cuci akar jombang dan potong tipis - tipis
  • Didihkan air sebanyak 2 atau 3 gelas dalam sebuah panci lalu masukan akar jombang tadi
  • setelah itu biarkan hingga air menguap menjadi satu gelas
  • Angkat lalu dinginkan dan saring.
  • Minumlah ramuan ini sebanyak 2 kali sehari sebanyak 1/2 gelas

4. Kubis Segar

Cara memperbanyak ASI dengan Memakan Kubis
Kubis


Emmm makanan ini sudah biasa dimakan menjadi lalaban sebagai teman nasi ataupun dimakan hanya dengan sambal. Ternyata kubis mampu meningkatkan produksi ASI. Sehingga kubis sangat baik dikonsumsi oleh ibu yang akan melahirkan ataupun yang sudah melahirkan untuk membantu melancarakan produksi ASI. Cara memasaknyapun mudah bisa dijadikan sayur sop ataupun cukup direbus dan dijadikan lalaban. Tapi dianjurkan untuk ibuhamil ataupun menyusui jangan memakai sambalnya, karena kurang baik.


5. Daun Katuk

Cara Memperbanyak Produksi ASI dengan Mengkonsumsi Daun Katuk
Katuk


Daun katuk dipercaya dari sejak zaman dahulu secara turun temurun oleh nenek buyut kita untuk memperlancar produksi ASI. Dan daun katuk ini pun sudah banyak dirasakan manfaatnya oleh beberapa orang yang merasa ASInya kurang banyak atapun tidak lancar. Daun katuk sangat banyak sekali manfaatnya dan kaya akan Zat Gizi ataupun Nutrisi. Cara Memasaknya bisa dijadikan lalab ataupun ditumis.



Semua tanaman diatas alangkah baiknya dimakan bersama nasi dan memasknyapun tudak boleh sembarangan karena bisa menghilangkan khasiatnya. Masaklah Daun Jombang, Daun Som, Daun Murbei ataupun Daun katuk sebentar jangan terlalu lama. Usakan agar tetap segar dan jangan terlalu matang. Dengan begitu Produksi ASI akan meningkat dan menjadi lancar

Kalau tadi ada beberapa cara memproduksi ASI dengan memakan makanan tertentu kalau yang ini hanya sedikit tips yang baik untuk memperlancar dan memperbanyak ASI. 

Tips Memperbanyak dan Memperlancar ASI 

  • Susuilah bayi sesering mungkin, hal ini sangat penting sekali untuk memperlancar dan memperbanyak produksi ASI. Karena  dengan seringnya kita menyusui anak makan akan merangsang hormon untuk memproduksi ASI
  • Harus memiliki motivasi yang kuat atapun keinginan yang kuat untuk menyusui bayi.
  • Malakukan senam hamil dapat membantu melancarkan peredaran darah sehingga ketika pada waktunya bayi lahir dapat membantu melancarkan ASI
  • Periksakan Payudara kepada dokter agar kita mengartahui dari jauh - jauh hari bagaimana kondisi produksi ASI.
  • Jangan menggunakan BH atau Bra yang sempit karena akan menghambat peredaran darah
  • Setalah bayi lahir segera perkenalkan bayi dengan ASI contohnya dengan cara IMD 
Begitulah Tips Alami untuk Memperbanyak Air Susu Ibu (ASI). Lakukanlah yang terbaik untuk bayi, karena ASI sangat bermanfaat untuk mencerdaskan anak, dan membantu menjaga kekebalan tubuh anak. Jangan sekali - kali merasa takut bentuk tubuh akan berubah ataupun takut merusak keindahan payudara. Pentingkanlah anak anda karena apabila buah hati sehat dan senang andapun akan merasa senang. Jadilah ibu yang baik dan tidak egois pada diri sendiri.

Terimakasih telah berkunjung jika anda memiliki tips yang lain untuk memperbanyak ASI, yuk coba share dikolom komentar. Jangan lupa untuk like artikel ini ya jika anda merasa artikel ini bermanfaat.

Baca Juga Artikel Lainnya



Menyajikan artikel kesehatan, kecantikan, pengobatan alternatif, dan berbagai khasiat tanaman herbal.

Nisim