Minggu, Agustus 17, 2014

Cara Meningkatkan Kualitas ASI dan Memberikan ASI dengan Benar

Kemarin saya telah menerangkan mengenai cara memperbanyak ASI dan pengertian dari ASI. Nah untuk kali ini saya akan menjelaskan mengenai cara meningkatkan kwalitas ASI. Bayi yang baru lahir sangat memerlukan sekali ASI, bukan hanya dari segi kwantitasnya namun ASI juga harus diperhatikan kwalitasnya. Pasti ibu juga ingin memberikan yang terbaik untuk buah hatinya, agar menjadi pintar dan sehat. 

Kualitas ASI dapat dilihat dari kuantitas atau banyaknya buangan bayi. selain itu kualitasnya juga bisa dilihat dari pertumbuhan bayi. Jika bayi memiliki berat badan yang ideal berarti kualitas ASI anda baik begitu pula sebaliknya.Tapi lebih baik anda menjaga kualitas ASI jangan menunggu bayi diukur berat badannya.

ASI


Cara Meningkatkan Kualitas ASI

Ada beberapa cara untuk meningkatkan kualitas ASI agar baik dikonsumsi oleh buah hati. Antara lain :
  • Perbanyak makan makanan yang sehat. Mungkin untuk wanita biasa makan 2000 kalori perhari itu sudah terlalu berlebihan karena bisa membuat gemuk. Namun untuk ibu yang menyusui dianjurkan untuk memakan kalori sebanyak 3000 kalori perhari. Mengapa? karena produksi ASI tergantung pada asupan makanan yang ibu konsumsi. Jika ibu hanya makan sedikit kualitas ASI bisa menurun bahkan keluarnyapun sedikit.
  • Ada mitos kalau ibu menyusui makan ikan ASInya akan amis sehingga tidak boleh mengkonsumsi ikan. Anjuran tersebut kurang tepat justru ibu harus mengkonsumsi ikan karena ikan mengandung zat omega 3 yang mampu membantu perkembanyan otak bayi.
  • Perbanyak memakan makanan yang mengandung vitamin seperti yang terkandung dalam buah dan sayur.
  • Jangan lupakan untuk berjemur dipagi hari agar anda tidak kekurangan D
  • Ibu harus banyak mengkonsumsi susu agar tidak kekurangan kalsium. Usahakan mnum susu 3 kali sehari minimal 2 kali.
  • Ketika akan bekerja usahakan sebelum berangkat berikan ASI terlebih dahulu kepada bayi, dan ketika sedang bekerja jangan terlalu memikirkan bayi bayi dirumah karena apabila anda mengalami stres akan kurang baik juga pada produksi ASI.
  • Saat ditempat kerja pompa ASI biasanya 2 jam sekali atau ketika anda sudah merasa payudara mengeras segeralah pompa ASI. Jangan lupa ketika akan memompa ASI bersihkan dulu payudara dengan kapas dan air hangat. ASI yang baik diminum sebelum 6 jam namun apabila dimasukan lemari pendingin bisa bertahan selama 24 jam.
  • Jangan sekali kali memanaskan ASI yang sudah dipompa karena akan mengurangi zat imun pada air susu.
Nah setelah tahu cara meningkatkan produksi ASI kita juga harus mengetahui bagaimana sih cara membertikan ASI yang baik untuk buah hati. Kebanyakan ibu muda ataupun wanita yang baru pertama kaali mempunyai bayi tidak mengetahui cara yang baik untuk menyusui anaknya. Coba ikuti tahapan - tahapan dibawah ini untuk memberikan ASI dengan benar.

Cara Menyusui Bayi dengan Benar

1. Bersihkan Payudara

Cara Membersihkan Payudara Sebelum Menyusui
Membersihkan Payudara


Pertama - tama bersihkan terlebih dahulu payudara dengan membasuhnya menggunakan air hangat. kalau anda sedang tida menyusui usahakan dikeluarkan setiap jam maakan bayi jangan sampai membiarkan payudara penuh ASI. Namun tetap puting susu harus dibersihkan terlebih dahulu. Dan jangan menggunakan botol untuk menyusui buah hati kecuali anda memiliki alasan khusus.




2. Berikan ASI menggunakan Payudara Kanan

Cara Menyusui dengan Payudara Kanan
Payudara Kanan



Ingat kan anjuran yang baik menggunakan segala sesuatu dengan berawal dari kanan seperti halnya makan dengan tangan kanan. sama hal nya dengan menyusui ketika menyusui biasakan berikan asi menggunakan payudara kanan terlebih dahulu.




3. Berikan ASI dengan menggunakan Payudara Kiri

Cara Memberi ASI dengan Payudara Kiri
Payudara Kiri


Kenapa harus diganti - ganti kan ribet?. Hal ini dikarenakan agar tidak terjadi pembengkakan. Selain itu itu agar asi yang keluar juga seimbang. Selain itu kalau terus - menerus menggukan yang kanan bisa - bisa payudara lecet dan pastinya juga akan merasa pegal. Jadi menyusui yang baik itu melakukannya selang seling payudara kanan dan kiri dengan rahang bayi menempel erat pada puting susu.




4. Sendawakan Bayi

Cara membuat bayi bersendawa setelah menyusui
Membuat Sendawa



Kalau sudah dirasa cukup memberikan ASInya. jangan lupa untuk membuat bayi bersendawa. Hal ini sangat diperlukan karena pada umumnya pencernaan bayi belum sempurna jika tidak dibuat sendawa khawatis bayi tidak bisa sendawa sendiri dan merasa sesak nafas. Caranya anda tinggal menggendong bayi seperti gampab disamping dan menepuk nepuknya.




Ternyata punya bayi dan menjadi ibu menyusui itu repot juga ya, jangan makan ini jangan makan itu harus begibi harus begitu. Namun hal itu tidak sebanding dengan kepuasan anda ketika melihat buah hati bisa tersenyum dan memiliki tubuh yang sehat. Itulah ibu selelah apapun ia bekerja mengurus bayi ia akan terus menerus menyayangi dan mengurus anaknya. Seperti ketika ibu anda merawat anda dulu dengan penuh kasih sayang rawatlah buah hati anda juga seperti ibumu menyayangimu.

Nah udah dulu ya mengenai Tips Memberikan ASI yang Baik dan Cara Meningkatkan Kualitasnya. Cobalah berbagi pengalaman anda dengan ibu - ibu baru dengan cara memberikan tanggapan dikolom komentar. Jangan lupa pula untuk memberikan like dan share pada teman - teman ibu semua. Terimakasih telah berkunjung

loading...

Menyajikan artikel kesehatan, kecantikan, pengobatan alternatif, dan berbagai khasiat tanaman herbal.