Rabu, Agustus 13, 2014

Keajaiban ASI sebagai Makanan dan Minuman Terbaik untuk Bayi

ASI adalah Air susu yang keluar dari tubuh ibu, yang mampu mecukupi segala gizi anak ketika masih bayi. Sedangkan Menyusui adalah Proses pemberian air asi oleh ibu kepada anaknya. World Health Oganization (WHO) menyatakan bahwa pemberian susu terbaik adalah Asi yang diberikan secara ekslusif oleh ibu Karena telah terbukti selama setahun mampu mencegah 200.000 kematian bayi. Hebat sekali kan? Asi mampu membantu pembentukan kecerdasan bayi juga, dan jika kelak ia dewasa ia akan terhindar 
dari penyakit diabetes.

Tapi sayang sekali banyak ibu dizaman sekarang lebih memilih karir atau bekerja dan bayi diberi susu sapi. Bukannya tidak boleh namun lebih baik bayi dari lahir sampai usia 2 tahun diberi ASI. Karena banyak sekali manfaatnya

ASI

Manfaat ASI bagi Ibu dan Bayi
Manfaat ASI

Kandungan Gizi Pada ASI

ASI dipercaya memiliki lebih dari 100 zat Gizi yang sangat baik untuk bayi. Dan ternyata Asi juga memiliki antibodi yang mampu menangkal segala penyakit agat anak tetap sehat. Walaupun banyak sekali perusahaan dudu formula menanamkan beberapa gizi agar bisa mengganti air ASI tetap saja tidak ada yang lebih baik dari Air Asi. Contoh beberapa KAndungan dalam Air Susu Ibu.
  • AA
  • DHA
  • Taurin
  • Spyngomyelin

Manfaat ASI untuk Bayi

  • Membantu Menjaga Kekebalan Tubuh Bayi dari Serangan Berbagai Macam Penyakit
  • Mampu memberikan Gizi yang seimbang pada bayi
  • Mengandung Lemak, Karbohidrat, Kaya Vitamin A yang sangat penting untuk pertumbuhan bayi sedari lahir
  • Membantu mengekuarkan kotoran bayi yang berwarna kehijau - hijauan (mekonium)
  • Dalam asi terkandung Nutrisi terbaik yang sangat bayi butuhkan
  • Bayi mendapat kehangatan melalui kontak langsung kulit ke kulit ibunya, juga mampu membangun kedekan psikhologis ibu dan bayi.
  • Asi dapat mencegah bayi terjangkit penyakit diare, alergi, gangguan pernapasan dan obesitas.
Maka dari itu untuk bayi yang baru lahir sangat dianjurkan untuk diberi asi eklusif. Karena sangat baik untuk pencernaan dan kesehatan bayi. Selain itu, dikhawatirkan bayi alergi jika diberi sembarangan air susu. Terutama diusia 12 bulan.

Manfaat Menyusui bagi Ibu

  • Mencegah peradangan payudara (mastitis ataupun absis)
  • Membangun kedekatan psikologis dengan bayi
  • Mengurangi rasa sakit, ngilu atau linu pada payudara
  • Menjadi suatu kepuasan tersendiri bagi ibu karena bisa menyusuinya
  • dan masih banyak lagi

Inisiasi Menyusui Dini (IMD)

Cara Memperkenalkan ASI pada bayi ketika Lahir
Inisiasi Menyusui Dini (IMD)

Ini adalah tahapan awal sekalai dalam proses menyusui. Biasanya dilakukan setelah bayi lahir. Jadi proses ini sebenarnya dapat diartikan juga sebagai proses bayi menyusu sendiri setelah kelahiran. Bayi akan mencari sendiri puting susu ibu untuk meyusu. JAngka waktu IMD adalah sesegera mungkin setelah bayi lahir. Ini dia beberapa tahap IMD.
  1. Bayi diletakan didada ibunya, biasanya tepat diatas rahim ibu. IMD biasanya berlangsung minimal selama 1 jam dengan posisi bayi melekat di dada ibu.
  2. Dalam proses itu bayi akan beradaptasi membuka dan menutup matanya, untuk berhadap - hadapan dengan ibunya.
  3. Setelah bayi tenang bayi akan segera mencari puting susu ibunya. hal ini biasanya terjadi secara alami.
  4. Bayi akan menekan diatas perut
  5. Setelah itu bayi akan merayap, dan menekan payudara ibu. sehingga air asi terangsang keluar.
  6. Bayi akan kearah puting susu sampai menemukannya. Pada saat tersebut asi tidak mesti keluar. 
  7. Dan terakhir biarkanlah ibu dan bayi selama 1 jam untuk mendapatkan kontak langsung kulit ke kulit.
  8. Usahakan Ayahlah yang mengantarkan bayi pada ibunya, agar bayi kenal juga pada ayahnya dan si bayi merasa bahwa ayahnya lah yang mengantarkan ia pada sumber makanan.
Bagaimana anda sudah mengetahui bukan bagaimana manfaat ASI untuk ibu dan bayinya, Selain itu ASI juga memiliki banyak keajaiban, ASI adalah anugrah dari Tuhan Yang Maha Esa yang tidak boleh disia-siakan. Asi juga merupakan hak dari bayi yang baru lahir jadi kalau anda tidak memberikan ASI berarti anda telah melnaggar hak asasi manusia. Anda juga bisa lebih dekat dengan bayi jika sering memberikan ASI. Bersyukurlah bagi ibu yang memiliki ASI berlimpah, karena tidak semua ibu bisa mendapatkannya. Bahkan banyak sekali ibu yang memakai berbagai cara agar asinya banyak.

Sudah dulu ya artikel untuk hari ini mengenai Pengertian IMD dan Manfaat ASI bagi Ibu Bayi. diartikel berikutnya saya akan memberikan sedikit tips makanan yang harus dikonsdumsi untuk memperbanyak ASI. Terima kasih tlah berkunjung. Jika anda merasa tidak puas ataupun anda memiliki pengetahuan lebih mengenai ASI silahkan bagi ilmu anda dikolom komentar.

Artikel Lainnya

loading...

Menyajikan artikel kesehatan, kecantikan, pengobatan alternatif, dan berbagai khasiat tanaman herbal.