Sabtu, Agustus 23, 2014

Cara Mengatasi Insomnia Secara Alami

Tags
Insomnia adalah Gejala dimana seesorang sangat sulit untuk tidur, ataupun bisa tidur tetapi hanya dalam waktu yang singkat. Sehingga tidurnya tidak teratur dan tubuh kurang istirahat. Selain itu, Orang yang insomnia mengalami gangguan fungsi tubuh ketika bangun. Menurut dokter mata kita seharusnya tidur selama 6-8 jam kalau kurang dari itu berarti kita sudah mengidap insomnia.

Ketika seseorang mengalami insomnia dan tidak tidur sama sekali selma 1 atau 2 hari, pasti akan sangat terasa sekali akibatnya. Konsentrasi berkurang, mudah lelah letih dan bahkan akan sangat mudah sekali lelah. Nah yang lebih parahnya lagi, kalau kita kurang tidur dan tidak bisa tidur dalam jangka waktu yang panjang bisa merusak jaringan otak.

INSOMNIA

Cara Alami Mengobati Insomnia
Gejala Sulit Tidur

Penyabab Insomnia

Insomnia dapat dipicu oleh beberapa hal dibawah ini
  • Akibat Stress atau Depresi
  • Usia Lanjut
  • Ibu yang sedang mengandung
  • Akibat efek samping suatu obat
  • Masalah waktu tidur yang tidak teratur
  • Suasana sekita bising, ramai ataupun sangat berisik
  • Perbedaan Suhu udara
  • Akibat terlalu banyak mmengkonsumsi minuman keras

Gejala Insomnia

  • Mengalami sulit tidur ataupun mengalami tidur yang tidak nyenyak sehingga sulit sekali menjaga waktu tidur. Kejadian ini dapat berlangsung setiap malam selama beberapa hari bahkan berminggu - minggu dalam jangka waktu yang lama.
  • Merasa lelah dan kurang segarketika bangun tidur karena kurangnya tidur bahkan merasa tidak tidur sama sekali
  • Sakit kepala disaat pagi ataupun siang hari
  • Kesulitan dalam berkonsentrasi
  • Mudah marah
  • Mata menjadi merah dan terdapat lingkaran hitam ataupun terlihat kantung matanya
  • Selalu mengantuk disiang hari

Dampak dari Insomnia

  • Orang yang mengalami kesulitan tidur atau kekurangan tidur dapat dengan mudah mengalami Depresi dibandingka dengan orang yang tidurnya cukup.
  • Akan mudah sekali terserang penyakit, khususnya penyakit jantung
  • Akan sering mengantuk,Mengantuk disaat jam kerja akan sangat berbahaya karena dapat menyebabkan kecelakaan kerja apalagi mengantuk disaat mengemudi.
  • Akan kehilangan banyak waktu disiang hari dalam beraktifitas karena merasa lelah letih cape  dll, sehingga efektifitas bekerjapun ikut berkurang.
  • Terjadi kerusakan pada jaringan otak

Cara Penyembuhan Insomnia

Untuk saya pribadi lebih baik tidak mengkonsumsi obat tidur, karena akan tercipta dibenak kita bahwa kita akan sulit tidur kalau tanpa obat. Sehingga kitapun menjadi kecanduan dan setiap malam harus memakan obat tidur atau bahkan obat penenang. Cobalah terlebih dahulu memakai cara - cara yang alami dan natural. Ini dia ada beberapa cara alami menyembuhkan insomnia dengan cepat.

1. Lavender

Cara Atasi Kurang Tidur dengan Lavender
Lavender


Aroma Lavender dapat membuat detak jantung lebih tenang dan mengurangi dampak insomnia. Selain, itu juga bisa mengurangi stres dan depresi yang dapat mengakibatkan insomnia. Caranya sangat mudah sekali ambil beberapa bunga lavender dan masukan kedalam bak mandi anda lalu cobalah berendam dan nikmati aromanya. Atau apabila sulit coba saja beli minyak wangi yang beraroma lavender pakai sebelum tidur dan sesudah mandi. Bisa juga membeli ke toko obat herbal Lavender yang sudah berbentuk teh.


2. Camomile

tips mengurangi insomnia dengan cemomile
Camomile


Camomile mampu menenangkan saraf dan membuat otot lebih rileks sehingga dapat mencegah kejang otot. Dapat menenangkan dan mengobati pencernaan yang diakibatkan oleh stress. Bunga camomile tidak menimbulkan efek samping kecuali bagi mereka yang memang sudah dari sananya alergi terhadap bunga ini. Namun dibandingkan dengan lavender memang khasiatnya lebih kuat lavender tapi anda bisa mencobanya. Caraya anda cukup membuat seduhan camomile yang sudah dibuat kering atau seperti teh. rasakan enaknya dan aromanya.


3. Bunga Markisa

Cara Menenangkan pikiran dengan bunga markisa
Bunga Markisa



Bunga markisa adalah obat terbaik untuk orang yang sering mengalami kegelisahan, obat ini sangat baik karena tidak memiliki efek samping. Bunga ini bisa dijadikan sebagai penenang setelah anda melakukan berbagai macam kegiatan yang melelahkan seharian. Bunga markisa juga bisa menghilangkan insomnia anda dan mendatangkan rasa ngantuk. Sama seperti yang lainnya anda tinggal meyeduhnya saja dan meminumnnya sebelum tidur.



4. Jasmine

Cara mengibati depresi dan stress dengan harum melati
Melati atau Jasmine



Jasmine atau yag biasa kita sebut melati, memiliki zat perangsang yang mampu menghilangkan nyeri, melancarkan pernafasan dan menenangkan saraf. Cobalah memakai minyak wangi yang terbuat dari melati karena aromanya dapat mengurangi stres yang anda rasakan. Ketika anda sedang gelisah atau stres coba hirup dan pakai minyak wangi ini. bisa dipakai juga sebelum tidur agar otak tenang dan anda bisa tidur nyenyak.



5. Linden

Cara Tradisional atasi sulit tidur
Linden


Ketika syaraf anda sedang tegang cobalah memakai minyak esensial yang berasal dari Linden. Karena linden dipercaya mampu menghilangkan ketegangan pada syaraf. Selain itu linden juga bisa mengobati penyakit jantung, memiliki zat sedatif dan anti radang. Cobalah minum teh dari ekstrak tumbuhan linden, atau anda juga bisa membeli nyak wangi dari tumbuhan linden ini.




*Catatan
Hal diatas tidak diperkenankan kepada ibu yang sedang hamil apalagi hamil muda, karena bisa mengakibatkab kontraksi yang tak terasa sehingga berakhit pada keguguran. Selain itu tidak diperkenankan jugauntuk anak - anak.
Nah selain dari itu semua cobalah melakukan kebiasaan kebiasaan yang baik sebelum tidur, agar tidur anda menjadi nyenyak dan  tidak terganggu. Hal ini sangat sederhana namun sangat penting sekali. hal yang harus kamu lakukan  antara lain :
  • Cobalah jalan - jalan setiap sore hari setelah itu mandilah dengan air hangat dan minum susu sebelum tidur. Sehingga berbagai macam hal pekerjaan yang melelahkan dan membuat anda stress dapat menghilang. Andapun bisa tidur dengan sangat nyaman dan nyenyak.
  • Kalau yang sudah berstatus menikah cobalaha melakuka hubungan seksual antara suami dan istri hal ini juga bisa menbuat anda memiliki pencapaian tidur yang baik.
  • Lakukanlah rileksasi sebelum tidur dan ketia anda bangun tidur angar otot - otot syaraf tidak tegang.
  • Berjemurlah dipagi hari
Ekstrak tanaman herbal anda bisa membelinya diberbagai toko herbal, soalnya kalau buat sendiri pasti bakan susah. Untuk menyak esensial sekarang banyak sekali kan yang menjual yang tanpa kandungan zat beralkohol. Jangan terlalu memikirkan banyak masalah cobalah untuk menjadi lebih rileks dan perbanyaklah tersenyum pasti insomnia anda akan sembuh dengan sendiri.

Yah begitulah artikel mengenai Cara Mengatasi Insomnia dengan Tanaman Herbal. Nantikan tips - tips lainnya ya. Kalau anda memiliki keluhan ataupun hal yang lebih mujarab dari artikel diatas yuk coba comment dan berikan tanda G+ lalu bagikan jika anda merasa sangat puas. Terimakasih telah berkunjung.

Advertisement

Baca juga:

loading...