Jumat, November 18, 2016

21 Manfaat Buah Pisang untuk Kesehatan : No.3 Penting untuk Pria...

Tags
Manfaat buah pisang untuk kesehatan - Buah pisang adalah buah yang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Beberapa diantara seperti, baik dikonsumsi untuk mendukung program diet, baik dikonsumsi oleh ibu hamil karena mengandung asam folat, hingga dapat menambah stamina pria dewasa dan masih banyak lagi.

Luar biasa bukan buah yang satu ini? Ingin tahu lebih banyak lagi tentang manfaat makan buah pisang? Baca artikel ini sampai habis ya...

21 Khasiat Manfaat buah pisang untuk kesehatan
Gambar Buah Pisang via.pixabay.com




Kandungan Gizi Buah Pisang

Alasan mengapa buah pisang kaya akan manfaat adalah karena buah ini memiliki sesuatu yang terkandung di dalamnya. Berdasarkan situs manfaat.co.id, satu porsi pisang mengandung 110 kalori, 30 gram karbohidrat dan 1 gram protein. Selain itu, pisang menyediakan berbagai vitamin dan mineral, berikut rianciannya :
  • Vitamin B6 – 0,5 mg
  • Mangan – 0,3 mg
  • Vitamin C – 9 mg
  • Kalium – 450 mg
  • Serat – 3g
  • Protein – 1 g
  • Magnesium – 34 mg
  • Folat – 25.0 mcg
  • Riboflavin – 0,1 mg
  • Niacin – 0,8 mg
  • Vitamin A – 81 IU
  • Besi – 0,3 mg


Manfaat Buah Pisang untuk Kesehatan

Buah pisang baik dikonsumsi oleh ibu hampil untuk membantu tumbuh kembng janin karena buah pisang banyak mengandung nutrisi seperti kalium dan asam folat.

Selain itu buah pisang juga bermanfaat untuk membantu tubuh menyimpan cadangan kalsium, nitrogen, dan fosfor, yang berguna untuk membangun perbaikan dan regenerasi jaringan.

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang akan didapat jika kita rutin mengonsumsi buah pisang setiap hari :

1. Manfaat Buah Pisang untuk Ibu Hamil
Bagi wanita yang sedang hamil, dianjurkan untuk mengkonsumsi buah pisang, karena mengandung asam folat tinggi yang penting untuk mendukung tumbuh kembang janin, pembentukan sel-sel baru dan mencegah terjadinya cacat bawaan.

Satu buah pisang matang mengandung sekitar 85-100 kalori. Sehingga dengan memakan dua buah pisang segar, kebutuhan asam folat yang sekitar 58 mikrogram dapat terpenuhi dengan makan buah pisang ini.

Selain itu pisang akan membantu menjaga kadar gula darah yang dapat mengurangi morning sick, sehingga pisang sangat baik untuk cemilan ibu hamil. Itulah manfaat pisang untuk ibu hamil dan janin.


2. Manfaat Buah Pisang untuk Diet
Anda memiliki masalah dengan berat badan? Jangan ragu untuk menambahkan buah ini kedalam menu makan harian Anda.

Karbohidrat kompleks yang terkadung dalam pisang tidak akan menaikkan kadar glukosa dengan drastis.

Selain itu pisang juga rendah lemak sehingga aman untuk peserta program penurunan berat badan. Dengan catatan, pisang tidak diolah menjadi banana milk shake, pisang goreng, ataupun kolak.

Kemudian kandungan serat pada pisang dapat memperlancar proses metabolisme sehingga dapat menurunkan berat badan. Inilah alasan mengapa buah pisang jika dikonsumsi secara rutin dapat menurunkan berat badan Anda. Itulah manfaat pisang untuk diet, selamat mencoba.


3. Manfaat Buah Pisang untuk Vitalitas Pria


Manfaat Buah Pisang untuk Vitalitas Pria
image by. pixabay.com

Kandungan dalam buah pisang dapat memberikan manfaat yang sangat penting untuk kaum pria. Dengan rutin mengonsumsi buah pisang 3 kali sehari, ini manfaat yang akan pria dapatkan :
  • meningkatkan libido sehingga lebih tahan lama.
  • meningkatkan kadar testosteron
  • meningkatkan kualitias sperma 
  • mencegah dan mengatasi disfungsi ereksi
Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk mencobanya? Sediakan selalu buah pisang di rumah Anda. Agar hubungan Anda dengan pasangan semakin harmonis.


4. Lagi Galau? Makan Buah Pisang aja..
Buah pisang dipercaya dapat membantu tubuh dalam menjaga kestabilan mood atau suasana hati. Banyak orang meyakini dengan mengonsumsi buah pisang mood dan suasana hati akan selalu positif sepanjang hari.

Mungkin itulah asalan mengapa buah ini disebut sebagai buah mood booster. Jangan hanya dihisap, tapi dimakan ya... *eh


5. Buah Pisang dapat Melancarkan Proses Metabolisme
Kandungan serat dalam buah pisang bermanfaat untuk membantu melancarkan proses metabolisme tubuh. Bagi anda yang sering mengalami kesulitan saat buang air besar, silakan konsumsi buah sehat ini secara rutin.


6. Buah Pisang dapat Meningkatkan Konsentrasi
Buah pisang kaya akan potasium yang bermanfaat untuk melancarkan aliran oksigen ke otak. Sehingga dapat meningkatkan konsentrasi dan membuat Anda tetap fokus.

Selain itu, buah ini juga bermanfaat untuk mencegah penyakit berbahaya lainnya seperti tekanan darah tinggi dan juga penyakit stroke.


7. Buah Pisang dapat Mengobati Penyakit Anemia
Buah pisang kaya akan zat besi. Zat besi dalam buah pisang dapat meningkatkan kadar darah dalam tubuh. Maka dari itu, mengonsumsi buah pisang secara rutin setiap hari dapat menyelamatkan penderita penyakit ini.


8. Mengurangi Resiko Penyakit Jantung
Pisang juga dapat mencegah penyakit jantung. Salah satu penyebab penyakit jantung adalah karena adanya oksidasi lemak dalam tubuh.

Rutin mengonsumsi pisang dapat memperkecil resiko penyakit jantung. Karena kandungan Vitamin C dan flavonoid pada buah pisang yang bersifat antioksidan dapat mencegah proses oksidasi lemak dalam tubuh.

Kalium dalam buah pisang merupakan tonik yang baik bagi jantung. Serat pektinnya ikut berpengaruh dalam membantu menurunkan kolesterol. Mencegah lebih baik daripada mengobati. Sebelum terkena, lebih baik cegah penyakit jantung dengan rutin mengonsumsi buah enak ini.


9. Buah Pisang dapat Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Siapapun pasti ingin kesehatan tubuhnya tetap terjaga. Kabar baiknya, hanya dengan mengonsumsi buah pisang semua itu bisa didapatkan.

Kandungan Vitamin A, C, dan B6 yang terdapat pada buah pisang berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan infeksi. Sehingga tubuh akan terasa segar dan tidak cepat lemas.


10. Buah Pisang dapat Mencegah dan Mengatasi Hipertensi
Kalium yang terkandung dalam buah pisang dapat membantu mengatur keseimbangan cairan dan elektrolit sehingga tekanan darah pun akan stabil.

Kandungan serat dalam buah pisang mampu mengikat lemak dapat  dan mencegah terbentuknya plak yang dapat menimbulkan naiknya tekanan darah dalam tubuh kita


11. Sebagai Sumber Energi
Kandungan karbohidrat dalam pisang bisa jadi sumber energi untuk tubuh kita. Jika kita mengkonsumsi dua buah pisang sehari, maka dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan menambah energi dalam melakukan aktivtas ehari-hari. Sehingga tubuh tidak mudah lelah.


12. Dapat Mengobati Penyakit Maag
Jika sakit maag menyerang, makanlah buah pisang dan rasa sakit akibat maag akan segera berkurang karena pisang memiliki zat penangkal asam dalam tubuh sehingga dapat meredakan sakit maag.


13. Buah Pisang dapat Mengurangi Rasa Sakit Ketika Haid
Sering merasa nyeri setiap kali anda haid? Jangan khawatir, atasi dengan buah pisang, perbanyaklah mengkonsumsi buah pisang maka insyaalloh rasa nyeri tersebut dapat berkurang.


14. Mengatasi Gatal Akibat Gigitan Nyamuk


Mengatasi Gatal Akibat Gigitan Nyamuk
Gambar Nyamuk via.pixabay.com

Gigitan nyamuk biasanya akan mengakibatkan bintik merah yang menimbulkan rasa gatal. Tentu saja hal itu akan membuat kita tidak nyaman.

Kabar baiknya, masalah tersebut dapat diatasi hanya dengan mengoleskan buah pisang pada area kulit bekas gigitan nyamuk.


15. Memulihkan Fungsi Saraf
Rutin mengonsumsi buah pisang dapat membantu memulihkan kembali saraf-saraf yang rusak. Karena buah ini mengandung vitamin B yang salah satu fungsinya adalah untuk memulihkan fungsi saraf.


16. Buah Pisang Bermanfaat untuk Menghilangkan Menghilangkan Jerawat
Jerawat mengganggu penampilan anda? Kabar baiknya, buah pisang juga efektif untuk untuk menghilangkan jerawat!

Cara menghilangkan jerawat dengan daun pisang :

  • Sediakan 1 buah pisang matang
  • Buang kulitnya, lalu haluskan daging buah pisang dengan blender
  • Kemudian oleskan pada kulit wajah yang berjerawat. Selanjutnya diamkan selama 15-30 menit, 
  • Terakhir bersihkan dengan air dingin. 
  • Lakukan tips ini secara rutin hingga jerawat benar-benar hilang.


17. Buah Pisang Efektif untuk Menghaluskan Kulit Wajah
Kulit wajah anda terlihat kusam dan terasa kasar? Mungkin masker pisang dan madu ini bisa jadi solusi untuk anda. Caranya pun sangat mudah, silakan simak beberapa langkah berikut ini.

Cara memutihkan kulit wajah dengan buah pisang
image by. pixabay.com
  • Pertama haluskan buah pisang matang dengan blender
  • kemudian campur dengan 2 sendok madu. 
  • Setelah itu anda bisa mengoleskan masker pisang tersebut pada wajah anda. 
  • Diamkan 10-25 menit setelah itu baru kemudian cuci bersih wajah anda dengan air dan rasakan bedanya.


18. Dapat Menyembuhkan Luka Bakar
Anda punya luka bakar? Jangan khawatir, obati segera dengan buah pisang nsyaalloh cepat sembuh. Caranya, haluskan buah pisang, kemudian oleskan pada daerah kulit yang terbakar untuk mengurangi rasa sakit dan menyembuhkannya.


19. Menjaga Kesehatan Tulang
Pisang merupakan salah satu jenis buah-buahan yang mengandung kalsium. Sehingga jika dikonsumsi secara rutin, buah ini dapat menjgara kesehatan tulang dan membantu proses pembentukan tulang.


20. Mencegah Penyakit Diabetes Tipe II
Buah pisang kaya akan vitamin B-6 yang dapat membantu menjaga kesetabilan kolesterol dalam tubuh. Sehingga dapat mencegah dan menurunkan resiko terkena penyakir diabetes tipe II.


21. Sebagai Penyeimbang Cairan dalam Tubuh
Saat tubuh mengalami kekurangn cairan, maka yang terjadi adalah tubuh Anda akan mengalami dehidrasi.

Salah satu cara untuk mencegah dehidrasi adalah dengan menjaga keseimbangan kadar cairan dalam tubuh yang salah satu caranya adalah dengan rutin mengonsumsi buah pisang.

Bagaimana luar biasa bukan? Itulah info penting tentang manfaat buah pisang untuk kesehatan. Semoga informasi ini dalam menambah wawasan Anda.


Jika Anda peduli, tolong BAGIKAN informasi bermanfaat ini kepada orang-orang terdekat Anda!
Advertisement

Baca juga:

loading...