Minggu, Agustus 16, 2015

10 Tips Menggosok Gigi yang Baik, No.2 Masih belum diketahui banyak orang...

Tips menggosok gigi yang baik agar mulut dan gigi tetap sehat. Setiap orang pasti bisa melakukan kegiatan menggosok gigi. Dari anak-anak hingga orang dewasa tahu bahwa mereka harus sikat gigi dan melakukannya sebagai kebiasaan wajib setiap hari. Bila saja sekali kita tidak sikat gigi maka gigi kita akan dipenuhi dengan kuman yang memakan sisa makanan yang masih menempel di gigi kita.

Tahukah Anda bahwa kebiasaan sikat gigi kita selama ini salah ? Maksudnya adalah cara kita dalam menggosok gigi ternyata belum termasuk menggosok gigi yang baik dan benar. Lalu menggosok gigi seperti apa yang baik dan benar agar gigi kita tetap sehat ?

Cara Menggosok Gigi Yang Baik Dan Benar Agar Gigi Tetap Sehat
Menggosok Gigi

Tips Menggosok Gigi yang Baik

Untuk menjawab pertanyaan Anda, berikut ini kami sajikan informasi berkaitan dengan cara menggosok gigi yang baik dan benar agar gigi tetap sehat, yuk simak.

1. Mengurangi penggunaan pasta gigi dalam jumlah yang berlebihan
Menggunakan pasta gigi dalam jumlah yang berlebih memang kurang baik dan bisa mengikis email gigi. Gunakan pasta gigi seukupnya saja agar gigi Anda tetap bersih tanpa kehilangan email gigi. 

2. Peringatan, gosok gigi Anda selama 45 menit setelah mengonsumsi soda
Wow lama sekali ya ? Ya, memang benar, ketika kita mengonsumsi soda maka zat yang ada dalam soda bisa membuat gigi kita rapuh dan tidak sehat. Sehingga disarankan untuk menggosok gigi selama 45 menit setelah kita mengonsumsi minuman bersoda.

3. Menggosok gigi dengan lembut
Teknik ini yang mungkin banyak ditinggalkan orang dalam menggosok gigi. Mereka terkadang terlalu keras dalam menggosok gigi hingga melukai gusi disekitar gigi. Tentunya hal ini kurang baik untuk kesehatan gigi dan gusi. Sikatlah gigi secara perlahan, teratur dan lembut. Agar sisa makanan yang berada di bagian gigi yang tak mudah terlihat bisa ikut dibersihkan. Hal ini juga mengurangi resiko gigi sensitif.

4. Sikat gigi satu per satu
Hmm mungkin bagi Anda yang telah biasa melakukan sikat gigi dengan cara yang salah mungkin poin keempat ini cukup menyulitkan Anda. Namun bila Anda ingin gigi Anda sehat, lakukan saja. Sikat gigi Anda satu per satu secara menyeluruh sehingga gigi Anda benar-benar bersih dan rongga didalam mulut terbebas dari kuman.

5. Menggosok gigi dengan arah vertikal
Yang dimaksud pada poin kelima ini adalah dengan arah vertikal saat menggosok gigi, kita bisa membersihkan kotoran di sela-sela gigi yang susah dibersihkan sehingga terangkat dan gigi kita bebas dari sisa makanan salah satu penyebab gigi sakit.

6. Menyikat gigi dengan arah vertikal ke kanan dan ke kiri
Setelah menyikat gigi Anda dengan arah vertikal di beberapa bagian gigi, maka sekarang gosok lah gigi Anda dengan arah vertikal ke kanan dan ke kiri. Sehingga semua bagian gigi di sebelah kanan dan kiri mampu dibersihkan dengan baik. Sikat gigi Anda satu per satu sesuai dengan petunjuk diatas agar gigi Anda tetap bersih dan putih sehingga tidak mudah terkena sakit gigi.

7. Menyikat bagian dalam gigi
Kebiasaan ini juga sering ditinggalkan oleh kita yang jarang menyikat gigi bagian dalam. Akibatnya gigi bagian dalam sering berlubang dan sakit. Dengan menyikat gigi pada bagian dalam secara merata maka semua sisa makanan terangkat dan gigi menjadi bersih.

8. Menyikat lidah serta langit-langit mulut
Apakah Anda sudah melakukan kebiasaan pada poin ke 8 ini ? Meskipun tidak menggosok gigi, kita juga perlu menggosok lidah dan langit-langit mulut sehingga mulut kita tetap bersih dan terbebas dari kuman yang terkadang menyebabkan bau mulu tidak sedap.

9. Penyegar mulut
Setelah menyikat gigi, lidah dan langit-langit mulut secara keseluruhan, Anda bisa menggunakan penyegar mulut sebagai cairan yang bisa membersihkan mulut dari kuman ataupun bakteri yang masih tersisa. Hal ini baik dilakukan untuk menghindari bau mulut tidak sedap dan sisa makanan yang masih mengendap.

10. Pilih sikat yang lembut
Dalam tips terakhir ini Anda diperkenankan untuk menggunakan sikat gigi yang lembut dan gagang yang lentur sehingga bisa memudahkan Anda dalam menjangkau gigi bagian dalam serta rongga-rongga dalam mulut. Dengan menggunakan sikat gigi yang lembut gigi Anda tidak akan mudah terluka bila Anda sedang menggosok gigi. Kemudian gantilah sikat gigi Anda secara teratur 3 bulan sekali.

Demikian adalah 10 cara untuk menggosok gigi dengan baik dan benar sehingga gigi, gusi dan mulut kita sehat terbebas dari kuman, bau tidak sedap dan yang paling penting gigi bersih, putih dan bebas dari sakit gigi. Jangan lupa untuk menggunakan pasta gigi yang sesuai denagan kesukaan Anda ataupun yang cocok dengan gigi Anda. Dengan begitu Anda akan nyaman dalam menggosok gigi setiap hari.

Meskipun terlihat sangat sepele dan sederhana namun cara menggosok gigi yang baik ini harus diterapkan mulai saat ini, terlebih untuk anak-anak agar mereka terbiasa dengan cara menggosok gigi yang benar, yang bisa membuat gigi mereka lebih sehat dari sebelumnya.

Nah untuk Anda yang dulunya sering menggosok gigi dengan cara yang salah, sekarang Anda bisa mengganti cara tersebut dengan cara diatas, bukan hanya sehat namun juga membuat gigi Anda semakin kuat bebas dari kerapuhan. Jangan lupa untuk mengonsumsi makanan bergizi yang bisa membuat gigi Anda tetap sehat dan hindari makanan yang bisa merusak gigi seperti makanan yang mengandung asam, alkohol hingga minuman bersoda.

Sumber : www.wikipedia.org

Advertisement

Baca juga:

loading...