Rabu, Agustus 12, 2015

Cara Mengobati Sakit Gigi Pada Anak Usia 2, 3, dan 4 Tahun

loading...
Cara mengobati sakit gigi pada anak usia 2, 3, dan 4 tahun. Gigi adalah salah satu bagian penting dalam tubuh manusia, tanpa gigi mugkin kita tidak bisa makan dengan sempurna. Karena dengan menggunakan gigi kita bisa mengunyah makanan sampai lembut sehingga kita bisa menelan makanan dengan mudah. Gigi harus mendapat perawatan setiap hari, dengan cara menyikat gigi. Karena dengan menyikat gigi kita bisa membersihkan gigi dari sisa makanan yang mungkin saja bisa menyebabkan sakit gigi.

Berbicara mengenai anak-anak sering kali mereka mengalami sakit gigi, hal ini dikarenakan mereka sering mengonsumsi makanan yang mengandung banyak zat yang susah dihilangkan dengan sikat gigi, bahkan mereka juga susah untuk diajak sikat gigi sehingga membuat mereka rentan terkena sakit gigi. Jika mereka sudah mengalami sakit gigi apa yang bisa dilakukan? Pastinya kita sebagai orang tua akan berusaha mengobati sakit gigi yang dialami oleh anak kita.

Tips cara mengobati sakit gigi pada anak balita usia 2, 3, dan 4 tahun secara alami
Image by. smiles4kids.com


Sebelum membahas mengenai cara mengobati sakit gigi pada anak-anak, terlebih dahulu kita akan membahas mengenai penyebab dan beberapa hal yang masih berkaitan dengan sakit gigi.

Penyebab Sakit Gigi

Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat menjadi penyebab sakit gigi.

  1. Akibat konsumsi obat yang dikonsumsi ibu sewaktu hamil.
  2. Anak mengalami kekurangan nutrisi akibat tidak mendapat asupan makanan sewaktu ia masih dalam kandungan.
  3. Akibat rusaknya email gigi anak yang mungkin disebabkan karena makanan yang tidak sehat.
  4. Disebabkan karena laktulosa dari susu yang diberikan kepada anak sewaktu mereka balita sehingga menyebabkan pengikisan pada gigi. Itu mengapa susu pengganti ASI kurang baik untuk bayi.
  5. Tidak menyikat gigi sebelum tidur.
  6. Mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan gula tinggi serta jarang menyikat gigi.
  7. Kurangnya perhatian dari orang tua mengenai pentingnya sikat gigi agar terhindar dari sakit gigi.


Ada 7 faktor penyebab anak-anak mengalami sakit gigi. Biasanya sakit gigi dikarenakan gigi yang berlubang dimana email gigi telah rusak, atau bisa juga karena anak-anak yang suka makan makanan yang manis dan jarang sikat gigi setelah makan makanan yang manis dan makanan tersebut meninggalkan plak di gigi, bila tidak dibersihkan bisa menempel di gigi dan bisa menjadi makanan untuk kuman di gigi. Parahnya lagi bila si anak jarang menyikat gigi mereka maka yang akan terjadi adalah gigi si anak berwarna kuning dan berlubang sehingga anak sering mengalami saki pada gigi.
Lalu bagaimana cara mengobati sakit gigi pada anak-anak? Berikut adalah tips yang dapat Anda coba untuk mengobati sakit gigi pada anak-anak.


Cara Mengobati Sakit Gigi Pada Anak Balita

Image by. dentmir.ru

Cara Mengobati Sakit Gigi Pada Anak Usia 2 Tahun

Bila anak Anda sakit gigi disaat usia mereka 2 tahun, yang bisa Anda lakukan adalah denga memeriksakan anak Anda ke dokter sepsialis gigi, sehingga dokter akan melakukan tindakan yang tepat yang bisa membuat anak Anda sembuh. Biasanya dokter akan memberikan obat untuk menghilangkan rasa sakit atau bisa juga mencabut gigi anak apabila dirasa gigi berlubang tersebut sudah parah.

Cara Mengobati Sakit Gigi Pada Anak Usia 3 Tahun

Pencabutan gigi menjadi solusi kesekian yang bisa Anda lakukan untuk anak Anda yang masih balita. Pencabutan gigi harus dilakukan oleh dokter spesialis, karena bila tidak efek yang diterima bisa menyebabkan kebutaan pada anak Anda. Karena saraf gigi berkaitan erat dengan saraf mata dan saraf lainnya. Anda bisa menanyakan pada dokter bagaimana langkah yang tepat untuk mengatasi sakit gigi pada anak usia 3 tahun.

Cara Mengobati Sakit Gigi Pada Anak Usia 4 Tahun

Bila anak sudah mencapai usia 4 tahun, Anda sudah bisa melakukan perawatan alami yag bisa menyembuhkan anak dari sakit gigi, kebanyakan orang menggunakan cara tradisional untuk mengambil kuman di gigi. Kuman di gigi inilah yang menyebabkan anak Anda mengalami rasa sakit luar biasa. Perawatan yang bisa dilakukan untuk anak usia 4 tahun adalah dengan membawa anak Anda ke dokter gigi. 

Sehingga anak Anda mendapat penanganan yang tepat. Karena jalan satu-satunya yang aman untuk mengobati sakit gigi bagi anak yang masih berada diusia 10 tahun kebawah adalah dengan perawatan medis. Dikhawatirkan bila menggunakan cara tradisional mereka akan merasakan sakit atau bahkan tidak suka dengan ramuan yang telah dibuat.


Tips Mencegah Sakit Gigi

Selain mengetahui penyebab dan cara mengobati sakit gigi untuk anak-anak, sekarang akan kami bagikan informasi mengenai tips merawat gigi yang baik dan benar untuk anak-anak. Simak penjelasannya dibawah ini.

  1. Yang perlu Anda lakukan pertama kali adalah motivasi anak Anda agar mereka rajjin menyikat gigi. Berikan pengetahuan apa yang terjadi bila anak Anda tidak rajin sikat gigi dan apa yang diperoleh bila merek rajin menyikat gigi.
  2. Setelah itu ajak dan temani anak Anda untuk menyikat gigi. Bila anak Anda masih berusia 2 atau 3 tahun, Anda bisa membantu mereka untuk menggosok gigi. Setelah itu ajari anak Anda untuk mandiri saat menyikat gigi.
  3. Dan pastikan untuk rutin memeriksakan diri 6 bulan sekali. Setidaknya dokter bisa mengontrol kesehatan gigi anak Anda, bila ada masalah dengan gigi anak Anda, maka akan bisa segera dilakukan penanganan yang tepat.
  4. Ajarkan anak Anda untuk berkumur setelah mengonsumsi makanan yang manis. Cara sederhana ini bisa membuang sisa makanan yang masih menempel di gigi sehingga tidak menyebabkan sakit gigi.
  5. Ajaklah anak Anda untuk menggosok gigi setelah makan makanan yang manis, dengan begitu gigi anak Anda tetap sehat tanpa ada kuman dan plak di gigi.
  6. Biasakan anak Anda untuk mengonsumsi buah yang banyak mengandung serat, karena serat ini bisa membantu gigi untuk menghilangkan sisa makanan yang masih menempel di gigi dan tidak terlihat oleh kita. Namun bila anak Anda makan buah, usahakan sekitar 15 menit setelah mereka makan nasi.


Demikian adalah cara untuk merawat gigi anak agar tetap sehat. Dengan melakukan beberapa kegiatan diatas, diharapkan anak Anda akan terbebas dari sakit gigi. Gigi yang bersih tentu saja bisa membuat anak Anda nyaman saat makan dan tidak mengganggu aktivitas mereka sehari-hari.

Anak-anak memang susah bila diajak untuk menyikat gigi, hal ini dikarenakan mereka belum tahu manfaat menyikat gigi setiap hari. Namun sebagai orang tua kita harus bisa membuat mereka sadar bahwa sikat gigi merupakan kebiasaan baik yang mencerminkan kerpibadian dan kesehatan kita.

Jadi sekarang apa yang harus Anda lakukan bila Anda menemukan anak Anda sakit gigi ? Ajari mereka untuk menyikat gigi yang baik dan benar, sehingga anak Anda  terbiasa menyikat gigi dari ujung gigi, atas bawah, semua bagian gigi bisa dibersihkan. Hal kecil seperti inilah yang bisa membuat anak Anda justru lebih sehat dibandingkan harus melakukan perawatan mahal, intinya sederhana, sikat gigi yang rajin dan menggosok gigi setelah mereka makan makanan yang manis.


loading...