Minggu, Agustus 09, 2015

Cara Mengobati Sakit Gigi Secara Tradisional Dan Medis Terlengkap!

Tags
Cara mengobati sakit gigi secara alami dan medis. Apakah anda pernah mengalami sakit gigi? Bagaimana rasanya, enak bukan? hehehe. Banyak orang bilang sakit gigi itu tersiksa, meskipun cuma gigi yang sakit namun bagian tubuh lain seperti kepala dan tubuh juga ikut merasakan sakit. 

Sakit gigi dapat dialami oleh semua orang mulai dari anak-anak, balita, remaja semua bisa terkena sakit gigi tanpa terkecuali. Lalu kenapa ya ada orang yang bisa mengalami sakit gigi degan frekuensi sering? Daripada kita menebak-nebak, lebih baik kita simak penjelasan dibawah ini mengenai sakit gigi mulai dari gejala, penyebab, cara mencegah, hingga bagaimana cara mengobati sakit gigi.

Tips Cara Mengobati Sakit Gigi Secara Tradisional dan Medis Terlengkap

Gejala Sakit Gigi

Mungkin sebelumnya Anda belum tahu apa saja gejala penyakit gigi sehingga ketika gigi sudah sakit, Anda baru memeriksakan diri. Sebenarnya ini adalah langkah yang terlambat, namun kali ini kami akan membagikan informasi yang berkaitan dengan gejala sakit gigi yang bisa dirasakan sebelum Anda mengalami sakit gigi terlalu parah.
1. Nyeri pada bagian gigi, biasanya gigi yang letaknya dibagian dalam dan tidak terlihat.
2. Nyeri yang dirasakan terkadang berefek pada sakit kepala.
3. Demam dan merasakan nyeri di gigi.
4. Rasa sakit dan nyeri di bagian gigi kadang hilang dan kadang kumat lagi.

Bila Anda merasakan 4 gejala sakit gigi, maka seharusnya Anda segera ke dokter untuk mendapatkan pertolongan agar sehingga sakit yang Anda rasakan segera tertangani.


Penyebab Sakit Gigi

Setelah Anda mengetahui gejala sakit gigi, perlu untuk Anda mengetahui penyebab sakit gigi. Sehingga Anda bisa menghindari penyeba-penyebab sakit gigi yang bisa membuat Anda sakit gigi.

1. Kerusakan pada gigi
Biasanya orang sakit gigi dikarenakan gigi yang rusak, gigi berlubang dan memiliki rongga kecil yang bisa mempengaruhi lapisan luar gigi sehingga menimbulkan rasa sakit dan nyeri. 

2. Gigi bengkak dan gusi berdarah
Faktor kedua yang menyebabkan sakit gigi adalah gigi yang mengalami pembengkakan dan gusi berdarah. Awalnya yang sakit adalah gusi akibat infeksi ataupun terkena benda tumpul sehingga berdarah dan membengkak, keadaan ini juga bisa mempengaruhi keadaan gigi yang berdekatan dengan gusi tersebut sehingga terkadang gigi terasa sakit.

3. Akibat jatuh
Bila kita jatuh atau bahkan kecelakaan dan gigi kita terkena benturan, biasanya ada gigi yang rusak atau retak. Nah retakan ini terkadang bisa membuat gigi Anda menjadi sakit. Karena ruang retak ini bisa menjadi jalan bagi kuman ataupun bakteri untuk merusak gigi.

4. Kesalahan Dalam Menyikat Gigi
Yang dimaksud dengan menyikat gigi tidak benar adalah ketika kita menyikat gigi kemudian kita tidak tahu cara menyikat yang baik dan benar bisa membuat gigi semakin sensitif dan pad akhirnya bisa menimbulkan rasa nyeri di gigi.

Demikian adalah penyebab sakit gigi yang biasa dialami oleh banyak orang. Lalu bagaimana dengan makanan yang manis ? Untuk makanan yang manis sebenarnya tidak masalah, hanya saja bila kita ternyata memiliki gigi berlubang kemudian saat mengonsumsi makanan yang manis kita lupa menggosok gigi dan sisa makanan manis tadi masuk kedalam rongga gigi yang berlubang, inilah yang menyebabkan seseorang jadi sakit gigi. Jadi apakah Anda sudah tahu bagaimana untuk mencegah sakit gigi ?

Tips Mencegah Sakit Gigi

Sangat perlu bagi Anda mengetahui cara mencegah sakit gigi, sehingga Anda bisa terhindar dari sakit gigi. Untuk itu simak tips mencegah sakit gigi berikut ini.

  1. Jagalah kesehatan gigi dengan menggosok gigi minimal 2 kali sehari dengan cara yang benar. Bila memungkinkan Anda bisa menggosok gigi 3 kali sehari, namun jangan lebih dari itu karena bisa membuat email gigi semakin menipis.
  2. Setelah Anda mengonsumsi makanan manis dan sekiranya makanan tersebut bisa merusak gigi, segeralah untuk menggosok gigi. Gunakan pasta gigi yang sesuai dengan gigi Anda.
  3. Periksakan gigi Anda 6 bulan sekali agar dokter melihat apa saja yang ada di dalam gigi Anda.
  4. Bila ditemukan gigi berlubang, maka segeralah ke dokter agar Anda mendapat penanganan yang tepat.


Cara Alami Mengobati Sakit Gigi

Lalu bagaimana jika Anda sudah terlanjur sakit gigi? Anda bisa mecoba  membuat ramuan tradisional untuk mengobati sakit gigi. Bagaimana cara membuatnya? Silakan simak penjelasan beerikut ini. 

1. Daun cabai merah
Bila Anda sakit gigi, Anda bisa menggunakan daun cabai merah untuk mengobati sakit gigi yang Anda alami. Caranya adalah dengan memetik daun cabai merah dan ambillah getahnya. Getah tersebut kemudian Anda teteskan pada bagian gigi yang berlubang.

2. Batang kemuning
Cara kedua adalah dengan menggunakan batang kemuning yang dibakar sampai batang tersebut mengeluarkan minyak. Kemudian teteskan minyak tersebut kedalam gigi yang sakit.

3. Air garam dapur
Anda bisa menggunakan air garam untuk mengobati sakit gigi, caranya adalah dengan menggunakan air garam untuk berkumur. Lakukan hingga 5 kali secara rutin sampai gigi Anda sembuh.

4. Minyak cengkeh
Dengan menggunakan minyak cengkeh Anda bisa mengobati sakit gigi. Caranya tempelkan kapas yang telah diberi minyak cengkeh pada gigi yang berlubang.

5. Biji buah alpukat
Anda bisa menggunakan biji alpukat yang telah disangrai kemudian tumbuk dan tempelkan pada gigi yang berlubang.

6. Bawang Merah dan Bawang Putih
Bawang yang biasanya digunakan untuk bumbu masakan, ternyata dapat digunakan untuk mgobati sakit gigi. Ada dua cara mengobati sakit gigi dengan menggunakan bawang diantaranya yaitu :

Cara Pertama

  • Bersihkan gigi terlebih dahulu dengan menggosok gigi
  • Kumur dengan air hangat
  • ambil 1 siung bawang merah / putih
  • belah menjadi dua bagian
  • letakan pada gigi yang sakit, sambil ditahan dengan cara digigit dengan pelan.

Cara Kedua
  • Bersihkan gigi dengan gosok gigi kemudian kumur dengan air hangat
  • ambil 1-3 siung bawang merah / putih
  • haluskan dengan parut atau blender
  • campur dengan sedikit air (secukupnya)
  • gunakan sebagai obat kumur
  • gunakan obat kumur tersebut setiap pagi dan malam sebelum tidur. 


7. Daun Sirih
Tanaman herbal penyembuh sakit gigi selanjutnya yaitu daun sirih. Sudah menjadi rahasia umum bahwa daun sirih ini memiliki banyak manfaat, salah satunya yaitu untuk mengobati sakit gigi. Untuk cara penggunaannya silakan ikuti langkah mudah berikut ini!

  • Bersihkan gigi dengan gosok gigi, kemudian kumur dengan air hangat
  • rebuslah 5-10 lembar daun sirih
  • gunakan sebagai obat kumur setiap pagi dan malam sebelum tidur.


8. Kapas dan Minyak Kelapa
Tips mengobati sakit gigi ini saya dapat dari nenek di kampung. Namun walaupun demikian, cara ini juga cukup ampuh mengobati sakit gigi. Terutama untuk sakit gigi yang sudah parah. Cara ini digunakan untuk membunuh kuman penyebab sakit gigi.

  • Bersihkan gigi
  • Sediakan bahan yaitu beberapa helai kapas dan 1 sendok minyak kelapa
  • Sediakan alat yaitu lilin dan sendok makan
  • Nyalakan lilin
  • Simpan minyak kelapa di dalam sendok
  • Kemudian letakan sendok diatas lilin untuk memanaskan minyak tersebut
  • simpan kapas kedalam minyak yang sudah dipanaskan tersebut selama 30 - 60 detik.
  • Diamkan beberapa saat agar tidak terlalu panas.
  • ambil kapas tersebut, lalu simpan pada gigi yang sakit, dan tahan dengan cara digigit.


Cara Mengobati Gigi Secara Medis

Selain mengobati sakit gigi menggunakan cara tradisional, Anda juga bisa mengobati sakit gigi secara medis dengan menggunakan obat yang telah terkenal bisa menjadi obat sakit gigi. Ada beberapa cara mengobati sakit gigi secara medis yang bisa Anda lakukan.

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah berkumur dengan air hangat sebelum Anda mengobati gigi dengan obat.

  1. Bersihkan gigi yang sakit dengan menggunakan benang gigi.
  2. Setelah itu bersihkan gigi yang sakit menggunakan obat antiseptik.
  3. Dan yang terakhir adalah dengan mengonsumsi obat penghilang rasa sakit misalnya adalah parasetamol yang mampu menghilangkan rasa sakit dan nyeri.

Demikian adalah cara mengobati sakit gigi secara medis yang masih bisa Anda lakukan sendiri. Namun akan lebih baik jika sebelumnya Anda telah mengkonsultasikannya ke dokter spesialis gigi, agar Anda dapat solusi yang lebih baik.


Obat Sakit Gigi Yang Disarankan Dokter

Nah untuk Anda yang tidak berani ambil resiko mengobati sakit gigi sendiri atau mungkin Anda memiliki sakit gigi yang sudah parah, Anda bisa segera mengunjungi dokter. Berikut iini adalah beberapa obat sakit gigi yang disarankan oleh dokter yang bisa Anda gunakan untuk kesembuhan Anda.
1. Asam Mefenamat dengan ukuran 500 mg yang diminum 3 kali sehari.
2. Clindamycin dengan ukuran 150 mg dengan dosis 3 kali sehari.
3. Dexamethazon dengan takaran 0,5 yang diminum 3 kali sehari

Tiga jenis obat tersebut bisa menolong sakit gigi yang sedang Anda alami, karena obat tersebut mampu menghilangkan nyeri dan juga peradangan di gigi. Anda bisa mudah mendapatkan obat sakit gigi tersebut di apotek terdekat. Namun sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter spesialis gigi agar Anda mendapat penanganan tepat.


Demikian informasi lengkap mengenai sakit gigi, gejala, penyebab, cara mencegah dan bagaimana cara mengobati sakit gigi secara cara alami dan medis. Semoga bermanfaat. Terimakasih.
Advertisement

Baca juga:

loading...