Minggu, Oktober 13, 2013

13 Cara Mengobati Sakit Kepala Secara Cepat Tanpa Obat

Tags
Cara Mengobati Sakit Kepala Secara Cepat Tanpa Obat - Sakit kepala merupakan rasa sakit yang terjadi dibagian kepala.

Biasanya disebabkan oleh beberapa hal seperti karena melewatkan makan, terlalu banyak mengonsumsi kafein, dehidrasi, stres dan masih banyak lagi.

Sakit kepala ada banyak jenisnya, apa sajakah itu? yuk kita simak penjelasan berikut ini!


Macam-macam Sakit Kepala

Ada beberapa jenis sakit kepala diantaranya, sakit kepala cluster, sakit kepala migrain, sakit kepala berkepanjangan, sakit kepala vertigo dsb.

Langkah pengobatan untuk setiap jenis sakit kepala sebagaian ada yang berbeda. Jadi sebelum memilih obat mana yang akan anda konsumsi, sebaiknya anda pastikan terlebih dahulu jenis sakit kepala mana yang saat ini anda rasakan.

Untuk gejala setiap jenis sakit kepala akan saya share dalam artikel selanjutnya.

13 Cara Alami Mengobati Sakit Kepala Secara Cepat Tanpa Obat

Cara Ampuh Mengatasi Sakit Kepala 

Bagi anda yang saat ini sedang terserang sakit kepala, mungkin anda dapat melakukan tips untuk mengurangi dan menyebuhkan sakit kepala berikut ini :


1. Cara Mengobati Sakit Kepala dengan Meminum Air Putih
Seperti yang telah disebutkan diatas, bahwa salah satu penyebab sakit kepala adalah karena dehidrasi / kekurangan cairan pada tubuh. Air merupakan komponen asupan yang sangat diperlukan oleh tubuh.

Maka dari itu, jika anda terserang sakit kepala, segeralah minum air putih. Rutin minum air putih 8 - 10 gelas per harinya dapat bermanfaat untuk mencegah sakit kepala.


2. Mengatasi Sakit Kepala dengan Memakan Kentang
Selain disebabkan oleh kekurangan cairan / dehidrasi, sakit kepala juga dapat disebabkan oleh hilangnya elektrolit seperti kalium.

Untuk mengatasinya tentu kita harus banyak mengkonsumsi makanan yang kaya akan kalium, salah satunya adalah kentang. Sebaiknya kentang yang akan dimakan, dimasak dengan cara dibakar dengan kulitnya, atau direbus (bukan digoreng).


3. Mengatasi Sakit Kepala dengan Pisang
Buah pisang mempunyai banyak manfaat. Dalam dunia kecantikan, buah ini juga biasa digunakan sebagai masker alami untuk perawatan kulit.

Salah satunya bermanfaat untuk menghilangkan jerawat. Selain itu, kandungan kolagen dalam buah pisang dapat mencegah penuaan dini dengan cara mengembalikan kekenyalan kulit.

Selain kaya akan potasium ternyata pisang juga kaya akan magnesium yang dapat membantu meredakan migrain.

Jika sakit kepala menyerang, anda bisa memakan buah pisang untuk mengurangi rasa sakit pada kepala.


4. Mengatasi Sakit Kepala dengan Es Batu
Tahukan anda, ternyata es batu juga dapat kita gunakan untuk mengurangi rasa sakit pada kepala. Caranya mudah, kita hanya perlu mengosok-gosokan / mengkompreskan es batu secara perlahan pada daerah kepala anda yang terasa sakit.

Es batu akan menyebabkan mati rasa pada daerah kepala yang terasa sakit, sehingga akan mengurangi rasa sakit kepala.


5. Mengatasi Sakit Kepala dengan Makanan/ Minuman yang Mengandung Mint
Nah, kalau cara ini lebih cocok jika sakit kepala yang anda derita disebabkan oleh maag karena melewatkan makan sehingga perutmenjadi mual dan sakit kepala. Cara terbaik untuk mengobatinya yaitu dengan mengkonsumsi makanan/minuman yang mengandung mint seperti teh pappermint dsb.


6. Mengatasi Sakit Kepala dengan Kopi
Masih ingatkah anda dengan kalimat "sesuatu yang berlebihan itu tidak baik"? Begitupun kopi, jika kita mengkonsumsi kopi dalam jumlah wajar ( tidak lebih dari 2-3 cangkir / hari), ternyata kopi juga bisa jadi solusi saat anda mengalami sakit kepala.

Karena kandungan kafein dalam kopi 40% lebih efektif dalam mengobati sakit kepala. Tapi ingat, jangan terlalu banyak minum kopi karena bisa memicu sakit kepala.

Maka dari itu minumlah kopi tidak lebih dari 2-3 cangkir / harinya.
7. Mengatasi Sakit Kepala dengan Biji Wijen
Kandungan vitamin E dalam biji wijen dapat membantu menstabilkan estrogen dalam tubuh, sehingga dapat mencegah migrain.

Selain itu biji wijen juga kaya akan magneisum yang juga dapat mencegah sakit kepala.

Selain biji wijen, makanan seperti kacang-kacangan, minyak zaitun, dandelion, gandum, dan kentang manis, juga banyak mengandung magnesium.


8. Mengatasi Sakit Kepala dengan Mengkonsumsi Ikan
Mengkonsumsi ikan juga dapat membantu meredakan sakit kepala. Apalagi ikan yang berlemak seperti ikan salmon, makarel atau tuna yang kaya akan omega -3 dan lemak esensial yang dapat mencegah peradangan yang dapat menimbulkan migrain.


9. Mengobati Sakit Kepala dengan Semangka
Semangka merupakan jenis buah-buahan yang kaya akan air, jadi dapat anda gunakan untuk mengatasi sakit kepala yang diakibatkan oleh dehidrasi.


10. Mengatasi Sakit Kepala dengan Streching
Streching merupakan gerakan pergangan (senam). Sakit kepala juga dapat disebabkan oleh otot-otot yang tegang, jadi jika anda sakit kepala, cobalah untuk melakukan gerakan-gerkan senam, atau bisa juga dengan melakukan yoga.


11. Mengatasi Sakit Kepala dengan Tidur Secara Teratur
Tahuka anda terlalu banyak tidur itu salah, namuan kurang tidur juga salah, karena tidur itu harus normal. Manusia tidak bisa bekerja selama 24 jam, karena manusia buan robot.

Usahakan anda mendapatkan waktu tidur yang cukup misal 7-8 jam agar anda terhindari dari yang namanya sakit kepala.


12. Hindari Stress
Tak jarang sakit kepala juga disebabkan oleh otot-otot atau urat syaraf yang tegang. Salah satu penyebabnya karena terlalu banyak fikiran yang akhirnya menyebabkan stres dan sakit kepala.

Jadi saran saya, jangan terlalu sibuk dengan pekerjaan. Luangkan waktu anda untuk melakukan refreshing. :)


13. Mengatasi Sakit Kepala dengan Biji Alpukat
Jika penyebab sakit kepala anda disebabkan oleh demam. Anda bisa membuat pengompres alami dari biji alpukat.

Caranya sediakan 2 biji buah alpukat kemudian parut. Setelah itu campur dengan sedikit air, kemudian tempel di dahi selama kurang lebih 1-2 jam atau setiap anda tidur dimalam hari.

Itulah 13 Cara Mengobati Sakit Kepala Secara Cepat Tanpa Obat yang mungkin bisa jadi solusi disaat anda terserang sakit kepala. Mudah-mudahan tips kesehatan ini dapat bermanfaat khususnya bagi saya dan umumnya bagi anda yang membaca dan membutuhkan info ini.


Advertisement

Baca juga:

loading...