Selasa, Maret 04, 2014

7 Manfaat Buah Apel dan Kandungan Nutrisinya

7 Manfaat Buah Apel dan Kandungan Nutrisinya - Buah apel adalah buat yang bernama latin malus domestica, pertama kali ditanam di kawasan asia tengah, namun sekarang buah apel sudah menyebar luas ke berbagai pelosok dunia, tak terkecuali di indonesia. Jadi, kita dapat dengan mudah menjumpai buah ini seperti di warung hingga supermarket. Apel memiliki beberapa jenis, ada yang berwarna merah, hijau dan kuning (wikipedia). Nah, yang akan kita bicarakan kali ini adalah mengenai apa manfaat buah apel bagi kesehatan beserta jumlah kandungan nutrisi yang terdapat dalam buah apel.

7 Manfaat Buah Apel dan Kandungan Nutrisinya
Manfaat Buah Apel dan Kandungan Gizinya



A. Kandungan Nutrisi Buah Apel

Bicara soal kandungan nutrisi buah apel, kemarin saya sempat mencari tahu informasi mengenai kandungan nutrisi buah apel di google dan berdasarkan info yang saya dapatkan, berikut kandungan nutrisi yang terdapat dalam buah apel per 100 gram:
  • Kalori (kal) : 58g
  • Protein : 03g
  • Lemak : 04g
  • Air : 84,1g
  • Vitamin A : 90g
  • Vitamin C : 5g
  • Zat Besi : 0,3g
  • Kalsium : 6g
  • dll.
sumber : http://balitbu.litbang.deptan.go.id/



B. Manfaat dan Khasiat Buah Apel Bagi Kesehatan

Tahu gak, ternyata selain enak, buah apel juga punya banyak manfaat, berdasatkan info yang saya baca di situs wikipedia, berikut ini adalah beberapa manfaat buah apel bagi kesehatan :

1. Buah apel dapat mengurangi risiko penyakit kanker
Buah apel dapat mengurangi risiko penyakit kanker
Buah apel mengandung senyawa fenol (bersifat antioksidan) yang dapat mencegah penyakit kanker seperti kanker usus besar, kanker prostat dan kanker paru-paru. Senyawa tersebut adalah kuersetin, epikatekin, dan prosianidin (source : wikipedia).






2. Menangkal Radikan Bebas
Menangkal Radikan Bebas
Kulit apel merupakan salah satu makanan yang memproduksi zat yang dikenal dengan nama kuersetin, yaitu ejenis zat yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas serta dapat bermanfaat melawan penuaan dini.






3. Mencegah Penyakit Jantung dan darah tinggi
Mencegah Penyakit Jantung dan darah tinggi
Rutin mengonkonsumsi buah apel, dapat mengurangi resiko terkena penyakit jantung karena buah apel dapat mencegah kelebihan kolesterol dalam tubuh.







4. Mencegah penyakit diabetes
Mencegah penyakit diabetes
Buah apel dapat mengontrol jumlah kolesterol dalam tubuh sehingga dapat menstabilkan kolesterol dalam tubuh dan bisa mencegah penyakit yang disebabkan oleh kelebihan kolesterol seperti penyakit jantung, darah tinggi dan diabetes



5. Mencegah Dehidrasi
Mencegah Dehidrasi
Buah apel dapat mencegah dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh yang disebabkan oleh berbagai hal seperti kelelahan dsb, karena 85% daribuah apel terdiri dari air. So, jika anda ingin terhindar dari dehidrasi, rutinlah mengkonsumsi buah apel





6. Mencegah penyakit Alzheimer
Mencegah penyakit Alzheimer
Belakangan ini telah dilakukan pelitian yang hasilnya buah apel dapat mencegah penyakit yang terjadi pada otak, lebih tepatnya terjadi  penuaan pada otak. Penyakit tersebut lebih dikenal dengan nama alzheimer (sumber : manfaatbuahdaun.blogspot.com/2014/01/kandungan-nutrisi-dan-manfaat-buah-apel.html). 




7. Menjaga Kesehatan Gigi
Menjaga Kesehatan Gigi
Rutin mengkonsumsi buah apel dapat merangsang produksi air liur pada mulut, sehingga dapat mencegah pengkroposan pada gigi dan menjaga gigi anda tetap sehat.







Perlu anda ketahui, ternyata biji buah apel sedikit beracun. Tapi tenang saja, racun tersebut tidak terlalu berbahaya bagi tubuh manusia. Lagipula kita tidak makan bijinya hehe. Mungkin hanya itu yang dapat saya sampaikan dalam artikel "7 Manfaat Buah Apel dan Kandungan Nutrisinya" ini, mohon maaf jika ada kekurangan ataupun kesalahan dapam segi penyempaian.



#Baca juga artikel menarik lainnya :




Info ini bermanfaat? Jangan lupa bagikan ke teman-teman anda dengan cara klik tombol facebook, twitter ataupun googleplus yang ada di sebelah kiri halam ini ya...! :D
Advertisement

Baca juga:

loading...