Senin, Agustus 19, 2013

10 Cara Mencerahkan Wajah Kusam dan Berminyak Secara Alami dalam 1 Minggu

cara mencerahkan wajah kusam dan Berminyak secara alami dalam 1 Minggu merupakan artikel yang membahas permasalahan pada kulit wajah, khususnya membahas masalah kulit yang terlihat kusam. Mulai dari definisi/pengertian kulit kusam, beberapa penyebab kulit kusam, serta tips atau cara mencerahkan wajah yang terlihat kusam secara cepat dan alami.

Cara Alami Mencerahkan Wajah Kusam dan Berminyak


Percaya atau tidak, memiliki kulit wajah yang kusam dapat memperburuk penampilan kita. Akibatnya kitapun akan merasa minder atau tidak merasa percaya diri dalam bergaul atau tampil dihadapan banyak orang. Lantas, hal apasajakah yang dapat menjadi menyebabkan kulit menjadi kusam? 

4+3 Penyebab kulit kusam

Pada dasarnya tubuh manusia sudah mempunyai mekanisme regenrasi terhadap kulit, dengan kata lain tubuh kita mampu mengembalikan kulit kusam kita menjadi segar dan indah kembali, biasanya proses tersebut berlangsung selama 18 hari.

Namun seiring bertambahnya usia, maka kemampuan sel-sel kulit kitapun akan menurun. Sehingga lama kelamaan proses regenerasi pada kulit kita pun menjadi lebih lambat. Sehingga akan muncul proses pengkriput diwajah kita. Namun selain hal tersebutm masih ada lagi hal yang dapat menyebabkan kulit kusam diantaranya yaitu :

1. Faktor Genetik (Keturunan)
Yang dimaksud dengan faktor genetik yaitu faktor bawaan atau turunan dari kedua orangtuanya. Maksudnya begini, jika ayah atau ibu anda memiliki (maaf) kulit yang kusam atau berminyak, maka ada kemungkinan bahwa anda sebagai anaknyapun akan memiliki jenis kulit wajah yang sama

2. Pola Hidup
Pola hidup yang baik tentu akan berdampak positif terhadap kesehatan, begitupun sebaliknya, pola hidup yang buruk atau tidak teratur maka akan berdampak buruk pula pada kesehatan kita. Misalnya, jarang berolahraga, mandi tidak teratur, tidur tidak teratur dsb.

3. Pola Makan 
Terlalu banyak memakan-makanan yang mengandung banyak lemak seperti, junk food (makanan yang kurang gizi), gorengan, makanan yang mengandung banyak santan dan kurangnya mengkonsumsi asupan atau vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh

4. Faktor Lingkungan
Jika kita terbiasa berada ditempat-tempat yang kumuh dan tidak sehat maka tidak bisa dipungkiri bahwa debu-debu yang ada dilingkungan tersebut juga dapat menyebabkan kulit kita menjadi tidak sehat, karena debu dapat menempel di kulit yang berminyak, sehingga pori-pori kulit kita akan tersumbat dan menyebabkan jerawat.

5. Kurang tepat dalam memilih produk kosmetik
Nah, kulit kusam juga bisa disebabkan oleh penggunaan kosmetik yang kurang tepat,sehingga tidak cocok untuk kulit kita dan akibatnya kulit kita pun menjadi kusam.

6. Tidur tidak teratur
Terlalu sering tidur terlalu larut malam (begadang), juga akan menyebabkan kulit terlihat pucat dan kusam, karena darah menjadi berkurang, maka dari itu, kurangi tidur terlalu malam.

7. Kurang mengkonsumsi air putih
Kurang mengkonsumsi air putih dapat menjadikan anda dehidrasi dan menebabkan kulit menjadi kusam


Cara Alami Mencerahkan Wajah Kusam

Itulah beberapa contoh hal yang dapat menjadi penyebab kulit terlihat pucat dan berminyak. Lantas bagaimana cara mengatasinya?

Eits, tenang jangan putus asa dulu karena sekarang anda sedang membaca  artikel yang tepat, karena dalam artkel ini anda akan menemukan beberapa tips ampuh untuk mencerahkan wajah kusam dan berminyak secara alami dalam 1 minggu. berikut tips untuk mengatasi kulit kusam dan berminyak :

1. Perbanyak mengkonsumsi air putih
Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa air putih sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan organ tubuh kita termasuk dalam merawat kesehatan kulit.

Air dapat mencegah dehidrasi dan menjaga kebersihan tubuh. Orang yang banyak mengkonsumsi air putih biasanya akanar dan memiliki kulit wajah yang terlihat segar da sehat. Maka dari itu, usahakan untuk mengkonsumsi air minimal 8 gelas / harinya.

2. Bersihkan tubuh secara teratur
Usahakan mandi secara teratur misalnya 3 kali dalam satu hari. Lebih bagus lagi jika lebih sering. Jika anda adalah seorang muslim, maka anda sudah tidak akan khawatir dengan masalah ini.

Karena dalam islam kita diwajibkan untuk melaksanakan ibadah sholat, dalam 1 hari kita diwajibkan melaksanakan sholat sebanyak 5 waktu.

Nah, sebelum kita melaksanakan sholat, kita diwajibkan untuk wudhu, yaitu membersihkan diri sebelum sholat. Jadi jika dalam 1 hari kita melaksanakan sholat 5 waktu, maka itu sama artinya dengan kitia sudah membersihkan tubuh kita sebanyak 5 kali dalam sehari.

3. Gunakan Krim Pelembap Kulit
Pakailah lotion pelembab untuk membantu melembabkan kulit yang semula terlihat kusam. Tapi ingat berhati-hatilah dalam meilikih produk lotion pelembab.

Akan lebih bagus jika ada meminta saran dari dokter terleih dahulu, karena keadaan / jenis kulit setiap orang itu berbeda.

4. Kurangi, bahkan hindari begadang
Karena kurang tidur atau sering begadang adalah salah satu penyebab kulit terlihat kering dan kusam, maka hindarilah tidur terlalalu malam jika tidak ada hal yang terlalu penting. Normalnya waktu tidur kita adalah 7-8 jam.

5. Hindari Hal-hal yang dapat Membuat Anda Stress
Stress juga merupakan salah satu penyebab mengapa kulit anda terlihat kusam dan kering. Maka dari itu hindari hal-hal yang dapat membuat anda menjadi stres.

Misalnya dengan melakukan hal-hal yang menyenangkan. Jangan terlalu sibuk bekerja, luangkan juga waktu untuk refreshing.

6. Rutin Berolahraga 
Luangkan waktu untuk olahraga misalnya setiap hari, atau setiap 1 mnggu 1 kali, karena dengan berolahraga tubuh akan menjadi sehat.

Tidak harus melakukan olahraga yang berat tapi cukup hanya dengan melakukan gerakan pemanasan setiap kali bangun tidur, minimal hingga keluar keringat. Atau melakukan jogging atau lari kecil setiap 1 minggu 1 kali.

7. Jalani Pola Makan Sehat
Jagalah pola makan anda agar hidup anda menjadi sehat. Jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang kurang mengandung gizi, terlalu banyak mengandung lemak dan santan. konsumsi makanan yang tergolong kedalam 4 sehat 5 sempurna.

8. Pakailah lotion pelembab setiap sebelum anda tidur
Lho mengapa harus setiap sebelum tidur? entahlah saya juga kurang tahu, namun ini sudah saya coba dan terbukti ampuh dalam mengatasi kulit kering dan kusam.

Saya memakai produk lotion pelembab sarang wallet (bukan promosi). Dan produk ini banyak ditemukan di warung atau apotik.

9. Putih Telur
Pakailah masker alami dari putih telur setiap sebelum anda tidur. Caranya gampang, kita hanya perlu memisahkan antara putih dan kuning telur.

Kemudian oleskan putih telur ke semua permukaan kulit wajah kita. Kemudian cuci kembali wajah kita setelah bangun keesokan harinya.

Lakukan langkah ini secara teratur dan terus menerus, insyaalloh kulit wajah anda akan terlihat lebih segar dan terasa halus.

Tips penting!
Tak hanya ampuh untuk memutihkankan kulit wajah, putih telur juga menjadi salah satu bahan alami yang dapat digunakan untuk menghilangkan komedo hitam di hidung.


10. Coba Gunakan Es Batu
Anda juga dapat menggunakan es batu untuk menghaluskan wajah. Caranya sangat mudah, kita hanya perlu mengosok-gosokan es baru pada wajah kita.

Penting : 
Lakukan semua tips-tips diatas secara rutin dan teratur, jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal.


Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa share!

Advertisement

Baca juga:

loading...