Minggu, November 03, 2013

Cara Mengatasi Rasa Ngantuk Saat Bekerja dan Belajar

Cara Mengatasi Rasa Ngantuk Saat Bekerja atau Belajar - Pekerjaan yang menumpuk apalagi sampai harus dibawa kerumah biasanya akan menyita waktu tidur anda dan mengharuskan anda untuk begadang. Akibatnya anda sering merasa kelelahan dan akan merasa ngantuk yang berlebihan ketika anda bekerja / belajar di keesokan harinya. Lalu bagaimana cara mengatasinya? ingin tahu tips usir rasa kantuk saat bekerja? yuk kita lanjut baca!

Cara Mengatasi Rasa Ngantuk Saat Bekerja dan Belajar
Cara Mengatasi Rasa Ngantuk Saat Bekerja dan Belajar

Cara Ampuh Usir Ngantuk Saat Bekerja


Bagi sahabat yang sering merasa ngantuk entah itu saat bekerja atau belajar, kali ini saya akan berbagi tips menarik untuk mengatasi rasa ngantuk yang berlebih. Tapi sebelum itu, yuk kita cari tahu dulu hal-hal yang bisa menjadi penyebab ngangtuk!


Penyebab Ngantuk?

sebelum kita bahasa tips untuk menghilangkan ngantuk, sekarang kita akan mencari tahu terlebih dahulu, mengenai hal-hal yang bisa menjadi penyebab mengapa anda bisa ngantuk. 
  1. Kurang Olahraga
    Jika anda gampang mengantuk, mungkin karena anda kurang berolahraga. Menurut dr. Michael Triangto SpKO, spesialis kedokteran olahraga dari Slim+ Health Sport Therapy, mudah mengantuk atau tubuh seperti kurang berenergi bisa disebabkan karena kurang berolahraga. ”Olahraga yang tepat intensitasnya adalah yang dilakukan hingga mencapai zona latihan (training zone) diri orang tersebut, dan dilakukan secara teratur. Jika tidak optimal, mungkin tubuh akan tetap loyo. Atau sebaliknya, dia makin mudah mengantuk karena tubuh terlalu lelah akibat olahraga berlebihan,” kata dr. Michael. Maka dari itu, rajin-rajinlah berolahraga secara rutin!

  2. Gejala Anemia
    Gampang mengantuk, juga dapat disebabkan oleh gejala anemia (kekurangan sel darah merah). Karena anemia, suplai oksigen ke seluruh tubuh oleh sel darah merah terganggu. Padahal, oksigen adalah salah satu unsur penting untuk menghasilkan energi. Untuk mengetahuinya, Anda harus melakukan pemeriksaan darah. Jika hasilnya oke, bisa jadi Anda mengantuk karena memang kurang tidur atau kualitas tidur Anda buruk

  3. Gejala Prediabetes
    Menurut dr. Dante Saksono Herbuwono, SpPD Endokrin dari Divisi Metabolik Endokrin RSCM, bisa jadi merupakan salah satu gejala prediabetes. Setelah makan, tubuh mengalami hiperinsulinemia (berlebihannya insulin), sehingga kadar gula darah turun drastis. Untuk itu, amatilah gejala prediabetes, seperti mudah haus dan sering ingin buang air kecil. Jika dibiarkan, prediabetes bisa menjadi diabetes. Namun, untuk memastikannya, jalani dulu pemeriksaan darah ke dokter.


Cara Usir Rasa Kantuk Saat Bekerja

Setelah kita mengetahui apa saja hal yang bisa menjadi penyabab ngantuk, sekarang saatnya saya berbagi tips bagaimana cara mengusir rasa ngantuk supaya anda bisa melek hehe. Ok tanpa basa-basi, silahkan simak beberapa tips jitu mengatasi ngantuk berikut ini :
  1. Jalan-jalan ke luar
    Bekerja di dalam ruangan dengan cahaya lampu, monitor komputer, dan air conditioner (AC) bisa membuat Anda cepat merasa ngantuk. Untuk itu, anda bisa berjalan-jalan keluar ruangan dan melihat pemandangan baru di luar ruangan. Hal tersebut akan membuat badan Anda menjadi lebih segar.
  2. Berolahraga Ringan
    Kebanyakan orang apalagi karyawan sering meremehkan pentingnya olahraga dengan berbagai alasan seperti terlalu sibuk dengan pekerjaan dan lain sebagainya. Sehingga mereka lebih memilih untuk tidak melakukan olahraga yang jelas-jelas sangat penting. Walaupun anda sedang berada dilingkungan kantor, sebenarnya anda tetap bisa melakukan olahraga ringan untuk membuat detak jantung lebih cepat. Sehingga akan memberikan oksigen lebih banyak untuk tubuh dan tubuh Anda. Anda dapat melakukan olahraga ringan seperti jumping jack, lompat tali, atau sedikit yoga. Anda juga bisa lari-lari di tangga kantor Anda. Lakukan sampai Anda berkeringat agar anda tidak ngantuk lagi

  3. Olah otak / Paksa otak anda bekerja
    Jika anda selalu merasa cepat ngantuk saat bekerja, mungkin itu terjadi karena otak anda dalam keadaan yang terlalu rilek. Mengisi Teka Teki silang (TTS) atau main Sudoku mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mengolah otak anda. Selain itu, Anda juga bisa adu cepat bekerja dengan karyawan lain. Sehingga otak anda akan dipaksa bekerja dan membuat tubuh anda menjadi lebih bersemangat
  4. Dinginkan kepala Anda
    Selain ketiga tips diatas anda juga dapat meminum air dingin (ES) yang ditambahkan lemon tanpa memakai gula sedikitpun. Coba deh bayangin, udah dingin, asem lagi, jika anda meminumnya saya yakin anda tidak akan ngantuk lagi. Kemudian anda juga bisa mencipratkan sedikit airnya ke wajah Anda. Cara lainnya, cobalah letakan potongan es di pergelangan tangan, dahi atau dipundak Anda.
  5. Ngemil Saat Kerja? Why not?
    Anda juga bisa menjaga kondiri tubuh anda agar tidak cepat ngantuk dengan ngemil. Tapi ingat hindari makanan berat atau cemilan yang rasanya terlalu manis. Selain buah-buahan, makan rujak pedas juga bisa bikin Anda melek atau bisa juga makan buah-buahan yang rasanya super asem.

  6. Pompa adrenalin
    Masih ngantuk juga? mungkin anda bisa mencoba tips selanjutnya. tontonlah beberapa trailer film action atau horor, dalam beberapa menit saja, saya yakin Anda sudah tak mengantuk lagi. 

  7. Cobalah Ganti posisi tubuh Anda
    Jika anda masih ngantuk juga, mungkin posisi duduk Anda yang kurang tepat. Karena cara duduk yang salah juga bisa jadi penyebab rasa kantuk. Anda bisamencba duduk dengan posisi tegak sambil menyilangkan kaki, atau coba untuk berdiri sebentar kemudian duduk lagi. Selain itu anda bisa berjalan sambil ke toilet mungkin untuk sekedar cuci muka.

  8. Gunakan Wangi-wangian
    Anda juga bisa mencoba cara berikut ini. Bawalah selalu parfum, jika anda ngantuk anda bisa menglekan parfum tersebut di pergelangan tangan anda atau di awah hidung anda Hindari wangi lavender, karena Anda akan lebih ngantuk dibuatnya. simple kan?

  9. Menari
    Jika ngantuknya gak mau ilang juga, anda bisa melakukan hal konyol ini. Pakai headphone, dengarkan lagu favorit Anda dan menarilah sepuasnya selama 10 menit. Beberapa orang pasti menertawakan Anda, tapi rasa malu itu justru akan membantu mata Anda melek lagi. Hayo berani coba gak?

  10. Bercanda
    Bercandalah dengan karyawan lain selama 5 menit. Tertawa bisa membantu tubuh Anda bergerak dan menghilangkan rasa kantuk. Jika Anda tak bisa bercanda, buka situs youtube tonton video lucu dan tertawalah dan anda tidak akan ngantuk lagi!

  11. Belanja online
    Bagi anda yang hobi otomotif, mungkin anda bisa lihat-lihat produk otomotif terbaru atau Pikirkan soal membeli hadiah untuk orang yang Anda sukai. Mencari hadiah lewat situs-situs belanja online akan membantu menyegarkan mata dan Anda tak mengantuk lagi. selamat mencoba!

  12. Telepon ibu
    Cara terakhit yang mungkin bisa anda lakukan yaitumelakukan percakapan dengan ibu Anda, karena akan membuat Anda terjaga. Mungkin karena ikatan emosional antara Anda dan ibu. Lagipula, baik juga bagi Anda untuk sering menghubungi orang tua. Anda bisa menceritakan hal-hal unik dikantor pada ibu anda.

Itulah beberapa tips bagaimana Cara Mengatasi Rasa Ngantuk Saat Bekerja dan Belajar yang mungkin bisa menjadi solusi bagi anda yang selalu ngantuk saat bekerja atau belajar. Semoga tips ini bisa bermanfaat. Terimakasih


Selesai baca, jangan lupa klik tombol "Like" dan "Tweet" untuk membagikan informasi ini ke teman-teman anda yang ada di facebook dan di twitter. Terimakasih



Jangan lewatkan artikel menarik berikut ini :

Advertisement

Baca juga:

loading...