Selasa, Maret 03, 2015

10 Faktor dan Penyebab Utama Penyakit Jantung

Tags

loading...
Penyebab Utama Penyakit Jantung muncul dari berbagai faktor yang seringkali kita anggap remeh. Padahal, penyakit jantung masih menjadi salah satu penyakit serius yang cukup mengerikan di kalangan masyarakat. Meskipun penyakit jantung seringkali melanda orang tua, tetap saja generasi muda perlu menjaga kesehatan tubuh. Penyakit jantung umumnya dikarenakan masalah gaya hidup dan juga kondisi lingkungan. Berikut ini informasi yang kami lansir dari berbagai sumber tentang penyebab penyakit jantung. 

10 Faktor dan Penyebab Utama Penyakit Jantung
image by : meetdoctor.com


10 Penyebab Utama Penyakit Jantung 


1. Obesitas (Kelebihan berat badan)
Penelitian tentang penyebab sakit jantung menunjukkan data mencengangkan bahwa saat tubuh kelebihan berat badan, maka penumpukan sel-sel lemak akan membuat kerja jantung lebih berat untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Obesitas juga menyebabkan masalah serius pada organ penting lainnya termasuk ginjal. Masalah obesitas menjangkit masyarakat dengan gaya hidup yang kurang sehat. Sangat disarankan bagi anda untuk mencegah obesitas dengan memenuhi asupan makanan yang tidak berlebihan dan imbangi dengan olahraga atau aktivitas gerak. Obesitas juga merupakan masalah yang terjadi karena efek mengkonsumsi obat-obatan. Dengan timbunan lemak yang menutupi otot, maka otot pun akan lemah dalam bergerak. 

2. Diabetes (Kencing manis)
Pengaruh besar lainnya yang menyebabkan sakit jantung adalah diabetes. Selain merupakan penyakit degeneratif atau turunan yang sangat berbahaya karena memicu sakit jantung dan stroke, penaykit ini juga akan beresiko meningkatkan penyempitan pembuluh darah serta arteriosklerosis. Untuk mencegah diabetes, sangat disarankan dengan menjaga berat badan agar tetap ideal dengan olahraga dan mengatur pola makan guna mendapatkan gizi yang seimbang. Bagi anda yang sering mengkonsumsi teh manis, sebaiknya dikurangi frekuensinya karena adanya asupan gula pada teh manis yang menyebabkan gula darah meningkat. Cara lainnya adalah dengan mengurangi kalori yang ada padah teh manis yakni sekitar 250 sampai 300 karena tubuh hanya membutuhkan 1.900 kalori setiap harinya. Ganti kebiasaan anda yang suka meminum teh dengan memperbanyak minum air putih. Bila perlu, minum teh tanpa gula atau batasi penggunaan gula sebanyak dua sendok teh setiap hari. 

3. Hipertensi (Darah tinggi)
Faktor utama penyebab jantung koroner adalah hipertensi karena hubungannya yang sangat era dengan arteri. Saat seseorang terkena hipertensi, maka akan terjadi kerusakan dinding serta bagian pembuluh arteri sehingga darah pun membeku. Dengan demikian, kerja jantung menjadi terhambat untuk memompa darah. Seiring berjalannya waktu, jika dibiarkan akan meningkatkan resiko serangan jantung. 

4. Kolesterol (Lemak darah tinggi)
Penyebab utama penyakit jantung lainnya adalah peningkatan kadar kolesterol. Kadar kolesterol LDL alias kolesterol jahat seringkali meningkatkan resiko arteriosklerosis dan juga serangan jantung. Seseorang dengan kolesterol yang tinggi yang melebihi kebutuhan LDL cenderung memiliki resiko penyakit jantung karena kolesterol akan beredar dalam darah dan kemudian terkumpul di sekitar dinding arteri serta membentuk plak yang membuat dinding arteri lebih kaku. Bukan tidak mungkin jika kemudian akan terjadi penyempitan rongga pembuluh darah yang berujung pada sakit jantung. 
Untuk mencegah kadar kolesterol tinggi, sudah sepatutnya anda mengkonsumsi makanan berkolesterol rendah seperti seafood, saturan, buah-buahan, ikan dan juga kedelai. 

5. Aktifitas fisik yang kurang 
Tubuh yang kurang bergerak akan memudahkan lemak untuk terus menumpuk. Tidak heran jika seseorang dengan aktifitas gerak yang sangat kurang akan mudah terkena obesitas yang kemudian berujung pada otot jantung yang tidak bekerja dengan baik. Lari, jogging, berenang dan sebagainya adalah cara yang tepat untuk membakar lemak dan menghindari sakit jantung. 

6. Gaya hidup yang buruk
Faktor besar penyumbang masalah jantung adalah gaya hidup yang tak sehat seperti merokok, minum alkohol, tidak diet atau bahkan tidur tidak teratur. Dengan demikian, mengatur gaya hidup supaya lebih sehat adalah solusi terbaik untuk menghindari penyakit jantung sejak dini. 

7. Stress 
Saat tubuh stress dalam waktu yang cukup panjang, kerja jantung untuk membentuk adrenalin akan berat dan tentu akan merusak kesehatan pembuluh jantung. Stress juga bahkan memicu semburan adrenalin yang tinggi, termasuk juga zat katekolamin. Penyempitan pembuluh darah jantung serta denyut jantung yang meningkat akan mengganggu pasokan darah. Buatlah hati anda senang, mulai dari jalan-jalan, yoga, meditasi atau lainnya. 

8. Keturunan 
Orang tua yang memiliki riwayat penyakit jantung memberikan peluang bagi sang anak untuk mewarisi penyakit tersebut. 

9. Usia dan jenis kelamin
Saat ini, mungkin anda merasa masih muda dan bahkan dengan gaya hidup yang kurang sehat anda tidak khawatir dengan penyakit jantung. Namun perlu diketahui, umumnya penyakit jantung datang saat seseorang di usia lebih dari 65 tahun dan kebanyakan menyerang pria. 

10. Lingkungan 

Siapa bilang hanya perokok saja yang memiliki peluang besar untuk mengalami masalah sakit jantung? Jika perokok berpeluang untuk terkena penyakit jantung dua kali lebih besar dibandingkan orang yang tidak merokok, maka anda yang tinggal dengan para perokok berat di rumah yang minim ventilasi udara akan beresiko lebih tinggi terkena masalah jantung. Karena, kondisi anda merupakan perokok pasif yang menghirup oksigen yang sudah tercampur dengan asam rokok (karbon monoksida). Tentu saja zat tersebut sangat cukup untuk membuat anda terkena sakit jantung. 

Jantung adalah aset yang sangat penting untuk tubuh, yang juga perlu diwaspadai kesehatannya. Dengan gaya hidup sehat di masa muda, anda pun tidak akan sengsara oleh Penyebab Utama Penyakit Jantung yang telah kami informasikan. Karena, sebaik-baiknya mensyukuri nikmat Tuhan adalah dengan menjaga pemberianNya. 

sumber : http://www.merdeka.com/sehat/ini-5-penyebab-utama-penyakit-jantung.html

loading...