Senin, Maret 17, 2014

Manfaat Buah-buahan Bagi Ibu Hamil

Manfaat Buah-buahan Bagi Ibu Hamil - Masa kehamilan pertama adalah masa yang begitu menyenangkan bagi pasangan suami istri yang baru saja membina rumah tangga, apalagi jika penantian tersebut sudah berselang dalam kurun waktu yang cukup lama. Biasanya pasangan akan lebih selektif untuk memilih berbagai menu makanan yang akan dikonsumsi oleh calon ibu. Dan makanan yang paling banyak dipilih oleh pasangan adalah menambahkan asupan buah-buahan yang cukup, karena manfaat buah-buahan bagi ibu hamil sangat berperan untuk pertumbuhan janin dan bagi bumil (ibu hamil). 

Manfaat Buah-buahan Bagi Ibu Hamil


Tidak hanya untuk menambahkan nutrisi bagi calon buah hati, namun sekaligus dapat membantu menambah kekebalan tubunh bagi sang bunda. Untuk di ketahui bahwa sebenarnya tidak ada makanan dan buah-buahan yang dilarang untuk dikonsumsi oleh ibu yang sedang mengandung asalkan di konsumsi dalam kondisi yang steril dan bebas bakteri. Hanya saja ada beberapa makanan dan buah-buahan yang di anjurkan untuk tidak dikonsumsi secara berlebihan karena akan membahayakan kesehatan janin. 

Tetapi hal ini bukan untuk di takuti sehingga ibu hamil sama sekali tidak mau mengonsumsi buah tersebut. Ada banyak informasi yang kurang tepat yang berkembang di masyarakat yang tidak sesuai dengan peraturan medis. Padahal buah-buahan adalah nutrisi penting yang waib di konsumsi oleh ibu hamil. Ada banyak Manfaat buah-buahan bagi ibu hamil  yang wajib di ketahui di antaranya adalah: 

#Menambah kekebalan tubuh.

Ibu hamil rentan kena penyakit yang dapat menyebabkan infeksi pada saat hamil karena hormon pada saat hamil merusak kekebalan tubuh ibu hamil. Oleh karena itu buah-buahan sangat yang berperan sebagai vitamin dan mineral membantu untuk menambah kekebalan tubuh ibu. pada saat kekebalan tubuh menurun pastikan mengkonsumsi buah-buahan dalam keadaan bersih karena tubuh sangat rentan terhadap bakteri. 

#Mempertahankan berat badan

Buah-buahan mengandung vitamin, mineral dan nutrisi yang di butuhkan tubuh tanpa takut kegemukan.  Bagi ibu hamil masalah berat badan adalah hal yang penting untuk di perhatikan. Idealnya penambahan berat badan bagi ibu hamil yang sehat adalah 12kg-17kg. Kurang dari 12kg menandakan bahwa kesehatan janin terganggu oleh karena kurangnya asupan gizi makanan yang di konsumsi ibu hamil. Sebaliknya lebih dari 17kg juga kurang baik terutama bagi kesehatan sang ibu dan berpotensi bahaya bagi  yang mempersiapkan persalinan secara normal. Oleh karena itu, buah-buahan sangat membantu untuk mengurangi masalah masalah seperti ini. Pasalnya dengan mengkonsumsi buah-buahan juga dapat melancarkan metabolisme pada tubuh.

#Mencegah sembelit 

Buah-buahan adalah sumber serat yang bagus untuk sistem pencernaan tubuh. Kekurangan serat pada makanan yang di konsumsi oleh  ibu hamil akan menyebabkan sembelit dan sakit di area perut.

#Membantu perkembangan janin

Berbagai macam buah yang mengandung folat, calsium, vitamin A dan C sangat di butuhkan untuk perkembangan janin.

#Mencegah Terjadinya Infeksi

Manfaat buah-buahan bagi ibu hamil lainnya adalah dapat menjauhkan ibu hamil dengan infeksi, pasalnya hormon saat hamil dapat menyerang kekebalan tubuh ibu hamil. Dengan megkonsumsi buah-buahan dapat menjadi solusi terbaik untuk mengatasi hal tersebut, selain itu dengan mengkonsumsi buah-buahan juga dapat menjadi solusi terbaik untuk mengurangi rasa mual atau muntah pada trimester pertama.

Demikianlah informasi seputar manfaat buah-buahan bagi ibu hamil yang dapat anda gunakan untuk menambah pengetahuan, terutama bagi anda calon ayah, dan bunda yang sedang menantikan kelahiran buah hati anda, semoga info tersebut dapat bermanfaat untuk kesehatan buah hati dan calon ibu. Untuk mendapatkan informasi penting lainnya anda dapat mengujungi situs kami, karena info yang kami berikan sangat akurat dan bermanfaat.


#Manfaat buah lainnya :

loading...