Minggu, Juni 15, 2014

7 Penyebab Vertigo yang Harus Anda Ketahui

6 Faktor Penyebab Vertigo - Pada artikel sebelumnya saya sudah berbagi info mengenai bagaimana cara mengatasi vertigo, nah kali ini saya akan membahas apa saja hal yang dapat menjadi pemicu terjadinya vertigo. Sebelum kita bicara panjang lebar, mari kita cari tahu dulu mengenai apa itu vertigo!

Apa itu Vertigo?

Vertigo adalah salah satu penyakit yang disebabkan oleh gangguan keseimbangan dalam telinga bagian dalam sehingga menyebabkan penderita merasa pusing dan keadaan atau ruang di sekelilingnya menjadi serasa 'berputar' ataupun melayang. Bahkan dalam beberapa kasus vertigo juga dapat menyebabkan pandangan kita menjadi gelap.

7 Penyebab Vertigo dan bagaimana cara mengobatinya

Gejala Vertigo

Orang yang terkena vertigo akan merasa bahwa keadaan atau ruang yang ia tempati (sekelilingnya) seperti berputar. Kemudian ada pula gejala yang lainnya yaitu ketika ia duduk lalu berdiri maka ia akan merasa pusing yang amat sangat disertai penglihatan yang menjadi gelap, bahkan vertigo juga dapat menyebabkan mual dan muntah.

Apa Penyebab Vertigo?

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan terjadinya vertigo, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Gangguan telinga bagian dalam
Vertigo jenis ini terjadi ketika seseorang melakukan perubahan pposisi kepala secara tiba-tiba, misalnya seperti ketika berdiri atau bangun dengantempo cepat. Hal ini terjadi karena adanya gangguan pada bagian dalam telinga yang dikenal juga dengan sebutan Benign Paroxysmal Positional Vertigo. Vertigo jenis ini biasanya akan sembuh dalam waktu hanya beberapa menit saja.

2. Kesulitan melihat
Ketika anda terlalu lama berada di depan komputer, biasanya mata anda akan mengalami gangguan seperti menjadi rabun. Akibatnya anda akan mengalami kesulitan saat hendak melihat objek yang ada disekitar kita. Nah, gangguan mata tersebut juga dapat menjadi penyabab vertigo.

3. Penyakit sistem saraf pusat
Vertigo juga dapat disebabkan oleh adanya kerusakan dibagian syaraf pusat yang berfungsi sebagai pengatur keseimbangan tubuh. kemudian sistem saraf pusat dapat terganggu oleh adanya penyakit seperti multiple sclerosis, tumor, kerusakan leher, atau stroke bisa menyebabkan vertigo.

4. Peradangan atau infeksi
Vertigo juga bisa disebabkan oleh penyakit yang disebabkan oleh infeksi yang salah satunya adalah flu. Flu dapat menyebabkan gangguan pada telinga bagian dalam.

5. Penyakit Meniere
Penyakit Meniere dapat mennyebabkan bagian dalam telinga menjadi kebanjiran cairan yang mempengaruhi keseimbangan. Rasa pusing dapat berlangsung selama setengah jam atau lebih. So, jaga selalu kesehatan telinga anda.

6. Serangan Migren
Migren atau sakit kepala sebelah adalah salah satu jenis sakit kepala tetapi sering mempengaruhi penglihatan juga. Vertigo yang disebabkan oleh serangan migren bisa berlangsung beberapa menit hingga beberapa hari. Untuk mencegahnya, usahakan banyak minum air putih dan usahakan jangan terlalu lelah saat bekerja. Selain itu jangan terlalu banyak fikiran.

7. Telinga Kemasukan Air
Salah satu penyebab vertigo lainnya adalah karena telinga anda kemasukan air, entah saat mandi ataupun terkena teteasan air hujan dan berenang. 

Nah, itulah beberapa faktor yang menyebabkan vertigo. Dengan mengetahui beberapa penyebab vertigo yang sudah dijelaskan diatas, anda dapat melakukan tahap pencegahan lebih awal sebelum anda mengalaminya.




Advertisement

Baca juga:

loading...