Senin, Juni 16, 2014

Cegukan Pada Bayi, Berbahayakah? Bagaimana Cara Mengatasinya?

Cegukan Pada Bayi

Untuk seorang ibu, khususnya yang baru pertama kali mempunyai bayi, mungkin anda akan merasa khawatir saat melihat bayi anda cegukan. Sebenarnya apa sih cegukan itu? apa itu penyebabnya? bahaya atau tidak bagi bayi kita? untuk mengetahui jawabannya, silahkan baca artikel ini sampai selesai. Karena pada artikel ini saya akan menjelaskan tentang cegukan pada bayi.



Apa Penyebab Cegukan Pada Bayi?

Cara Menghilangkan Cegukan Pada Bayi
Tips Mengatasi Cegukan Pada Bayi

Gangguan yang satu ini juga kerap bikin cemas para ibu. Padahal, “Cegukan pada bayi bukan merupakan tanda penyakit tertentu,” ujar Dr. Najib Advani, Sp.A, MMed. Paed. dari Bagian Kesehatan Anak FKUI RSUPN Cipto Mangunkusumo. Menurut Dr. Najib, cegukan pada bayi bisa terjadi karena adanya kontraksi pada sekat rongga badan yang memisahkan rongga dada dan rongga perut (diafragma).

Cegukan pada bayi bukanlah sesuatu yang berbahaya, berbeda halnya dengan cegukan pada orang dewasa, karena bisa jadi itu adalah gejala dari suatu penyakit.

Biasanya cegukan pada bayi akan hilang dengan sendirinya dan tak berbahaya bagi si bayi itu. jika bayi mengalami cegukan, kita bisa memberinya air hangat. Berbeda lagi jika bayinya sudah agak besar, berikan gula pasir tanpa dicairkan sebanyak satu sendok teh. Namun jika cegukan pada bayi masih berlanjutnya dalam taraf yang tidak normal, segera bawa ke dokter, anjur Dr. Najib. Walaupun tidak berbahaya, jika cegukan pada bayi berlangsung lama, dapat mengganggu bayi itu sendiri, misalnya bayi jadi rewel hingga tidak mau makan kan bahaya bisa menyebabkan bayi itu sakit. Untuk itu bawalah ke dokter, untuk mengetahui bagaimana solusinya. Biasanya dokter akan memberikan obat untuk mengurangi kontrasi, agar cegukan dapat berhenti.

Bagaimana Cara Menghilangkan Cegukan Pada Bayi?

seperti yang sudah dikatakan diatas, ibu tidak perlu panik saat bayi anda mengalami cegukan, karena cegukan pada bayi bukanlah merupakan sesuatu yang berbahaya. Ibu dapat melakukan hal-hal berikut ini untuk mengobati cegukan pada bayi :

1. Jika bayi cegukan saat menyusui
jika bayi mengalami cegukan saat menyusu, anda dapat merubah posisi menyusui. Kemudian terus susui hingga cegukannya benar-benar hilang.

2. Perhatikan bayi anda
Coba perhatikan bayi anda, apakah bayi anda menyusu ia dalam keadaan tenang atau terlalu bersemangat, hingga akhirnya udara masuk ke diafragma.

3. Perhatikan posisi menyusui 
Bayi cegukan bisa terjadi karena posisi menyusui yang kurang tepat/ kurang nyaman bagi bayi. Posisi menyusui yang benar adalah puting dan areola masuk ke mulut bayi, bayi berada dalam garis lurus dengan lengan bayi, serta perut bayi  berhadapan dengan perut ibu. 

4. Sandarkan Bayi
bayi anda masih belum berhenti cegukan? Sandarkan bayi tegak menghadap Anda dengan kepala di bahu Anda, lalu tepuk-tepuk punggungnya dengan lembut, seperti ketika Anda menyendawakannya. Tindakan ini bisa mendorong udara ke atas dan menghentikan cegukan. Lakukan hingga cegukan benar-benar berhenti setelah itu, susui dia kembali.  

5. Cek Jenis Botol Dot
Apakah bayi anda minum dari botol dot? Bila bayi minum dari botol, perhatikan apakah botolnya memiliki regulator dan lubang pada dot bayi. Pilihlah botol dengan lubang dot yang lebih kecil agar bayi bisa mengatur ritme menyedot susu sehingga tidak cegukan.

6. Berikan makanan pendamping asi secara perlahan
Jika bayi anda sudah mendapat makanan pendamping ASI, berikan makanan dalam jumlah sedikit demi sedikit dan perlahan-lahan. agar tidak tersendat.

Nah itulah sedikit informasi tentang cegukan pada bayi yang mudah-mudahan dapat memberikan wawasan dan manfaat bagi kita semua, khususnya untuk ibu-ibu yang baru pertamakalinya memiliki seorang bayi dalam menangani masalah pada bari, seperti bayi yang sering cegukan.

Baca juga beberapa artikel keren dibawah ini :

sumber :
http://id.theasianparent.com/cegukan-pada-bayi/
http://www.ayahbunda.co.id/Artikel/bayi/tips/tips.mengusir.cegukan.pada.bayi/001/005/782/1/1

loading...

Menyajikan artikel kesehatan, kecantikan, pengobatan alternatif, dan berbagai khasiat tanaman herbal.