Jumat, Juni 13, 2014

Bahaya Merokok Bagi Kesehatan

Tahukan anda, effek dari merokok ini dapat menyebabkan berbagai penyakit serius. Rokok dapat membahayakan hampir setiap organ tubuh. Hal ini juga menjadi penyebab hampir satu dari setiap lima kematian di Amerika Serikat setiap tahunnya. Maka dari itu disini kami akan berbagi informasi tentang bahaya rokok bagi kesehatan. Artikel ini adalah artikel yang bersumber dan terjemahan dari situs betobaccofree.hhs.gov



Apakah merokok merupakan faktor risiko untuk penyakit autoimun? 

Sistem kekebalan tubuh (Anti Bodi) adalah cara tubuh untuk melindungi diri dari infeksi dan penyakit. Sedangkan Merokok merusak sistem kekebalan tubuh, sehingga seseorang yang merokok memiliki kemungkinan besar akan mengalami infeksi pernafasan.

Merokok juga menyebabkan beberapa penyakit autoimun, termasuk penyakit Crohn dan rheumatoid arthritis. Hal ini juga mungkin memainkan peran dalam periodik flare-up dari tanda dan gejala penyakit autoimun. Merokok menggandakan risiko terkena rheumatoid arthritis. 

Merokok baru-baru ini telah dikaitkan dengan diabetes tipe 2, juga dikenal sebagai diabetes onset dewasa. Perokok 30% sampai 40% memiliki kemungkin besar untuk terkena diabetes tipe 2, jika dibandingkan dengan orang yang bukan perokok. Selain itu, semakin sring seseorang merokok, semakin tinggi risiko terkena diabetes.

Bahaya Merokok Bagi Kesehatan dan tubuh





Bagaimana merokok mempengaruhi tulang saya? 

Penelitian terbaru menunjukkan hubungan langsung antara penggunaan tembakau dan penurunan kepadatan tulang. Merokok adalah salah satu dari banyak faktor-termasuk berat badan, konsumsi alkohol, dan tingkat-kegiatan meningkatkan risiko untuk osteoporosis, suatu kondisi di mana tulang menjadi lemah dan lebih mungkin untuk fraktur. 

Kehilangan tulang yang signifikan telah ditemukan pada wanita yang lebih tua dan laki-laki yang merokok. Berhenti merokok adalah cara terbaik untuk mengurangi risiko massa tulang yang rendah dan patah tulang. Namun, bagi perokok berat, berhenti merokok bukanlah hal yang mudah, dan tentu saja diperlukan waktu yang tidak sebentar untuk melakukannya.

Selain itu, merokok sejak usia dini bisa menyebabkan perempuan memiliki risiko yang lebih tinggi mengalami osteoporosis. Merokok menurunkan tingkat hormon estrogen dalam tubuh Anda, yang dapat menyebabkan Anda mengalami menopause lebih awal, meningkatkan risiko Anda untuk osteoporosis.

Bagaimana merokok mempengaruhi jantung dan pembuluh darah? 

Bahan kimia dalam asap tembakau membahayakan sel-sel darah dan merusak fungsi hati Anda. Kerusakan ini meningkatkan risiko Anda untuk:

  1. Aterosklerosis, penyakit di mana zat lilin yang disebut plak menumpuk di arteri Anda. 
  2. Aneurisma, yang menonjol pembuluh darah yang dapat meledak dan menyebabkan kematian. 
  3. Penyakit kardiovaskular (CVD), yang meliputi:
  • Penyakit jantung koroner (PJK), sempit atau diblokir arteri di sekitar jantung
  • Serangan jantung dan kerusakan arteri Anda
  • Nyeri dada-hati terkait
  • Tekanan darah tinggi

Penyakit jantung Koroner, di mana trombosit-komponen dalam darah bercampur dengan protein untuk membentuk gumpalan yang kemudian bisa terjebak dalam plak di dinding arteri dan menyebabkan serangan jantung.

Penyakit arteri perifer (PAD), suatu kondisi di mana plak menumpuk di arteri yang membawa darah ke kepala, organ, dan anggota badan.

Stroke, yang merupakan kematian mendadak sel-sel otak yang disebabkan oleh pembekuan darah atau perdarahan.

Asap tembakau bahkan dapat mengubah darah dan merusak pembuluh darah Anda. Saat Anda menghisap rokok, sel-sel yang melapisi pembuluh darah tubuh Anda bereaksi terhadap bahan kimia tersebut. Denyut jantung dan tekanan darah naik dan pembuluh darah menebal dan sempit.

Bagaimana merokok mempengaruhi paru-paru saya dan bernapas? 

Setiap batang rokok yang anda hisap dapat merusak pernapasan anda dan meninggalkan bekas luka pada paru-paru Anda. Merokok juga dapat menyebabkan: 

  • Penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), penyakit yang semakin memburuk dari waktu ke waktu dan menyebabkan mengi, sesak napas, sesak dada, dan gejala lain. 
  • Emfisema, suatu kondisi di mana dinding antara kantung udara di paru-paru Anda kehilangan kemampuan mereka untuk meregangkan dan menyusut kembali. Jaringan paru-paru Anda akan hancur, sehingga sulit atau tidak mungkin untuk bernapas. 
  • Bronkitis kronis, yang menyebabkan pembengkakan pada lapisan saluran bronkial Anda. Ketika ini terjadi, kurang udara mengalir ke dan dari paru-paru Anda. 
  • Pneumonia 
  • Asma 
  • Tuberkulosis 

Penderita asma dapat menderita serangan parah ketika berada sekitar asap rokok. So, jika anda ingin merokok usahakan berada ditempat yang jauh dari orang lain.

Dapatkah merokok mempengaruhi mata/penglihatan saya? 

Merokok dapat berdampak buruk bagi mata Anda sebagaimana berdampak buruk untuk organ tubuh Anda yang lainnya. Penelitian telah menghubungkan merokok dengan peningkatan risiko pengembangan yang berkaitan dengan usia degenerasi makula, katarak, dan kerusakan saraf optik, yang semuanya dapat menyebabkan kebutaan.

Apakah rokok menyebabkan kanker? 

Asap tembakau mengandung lebih dari 7.000 bahan kimia. Sekitar 70 dari mereka yang diketahui menyebabkan kanker. Merokok merupakan penyebab utama kanker paru-paru. Tapi, merokok dapat mempengaruhi seluruh tubuh Anda, dan diketahui menyebabkan kanker pada organ tubuh berikut ini : 
  • paru-paru 
  • batang tenggorok 
  • bronkus 
  • kerongkongan 
  • rongga mulut 
  • bibir 
  • nasofaring 
  • nasal Cavity 
  • pangkal tenggorokan 
  • perut 
  • kandung kemih 
  • pankreas 
  • ginjal 
  • hati 
  • uterine Serviks 
  • usus besar 
  • Rectum 

Selain itu, dapat menyebabkan kanker, merokok juga dapat menyebabkan penyakit leukemia.

Apakah merokok ringan menyebabkan kanker? 

Tidak ada hal seperti rokok yang aman. Orang yang merokok setiap jenis rokok berada pada peningkatan risiko untuk penyakit yang berhubungan dengan merokok. Meskipun tidak lagi hukum untuk menjual rokok ringan, orang yang merokok ringan di masa lalu cenderung telah menghirup jumlah yang sama bahan kimia beracun seperti mereka yang merokok rokok biasa. Mereka tetap berisiko tinggi mengembangkan kanker yang berhubungan dengan merokok dan penyakit lainnya.

Apakah rokok mentol dapat menyebabkan kanker? 

Semua rokok berbahaya, termasuk rokok menthol. Banyak perokok berpikir rokok menthol kurang berbahaya, tetapi tidak ada bukti bahwa rokok menthol lebih aman daripada rokok lainnya. Seperti rokok lain, rokok mentol merugikan hampir setiap organ dalam tubuh dan menyebabkan berbagai penyakit, termasuk kanker, penyakit jantung, dan penyakit pernapasan. Rokok menthol, seperti rokok lainnya, juga berdampak negatif terhadap kesuburan pria dan wanita dan berbahaya bagi ibu hamil dan bayi mereka yang belum lahir

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa rokok mentol mungkin lebih adiktif dari rokok non-mentol. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memahami bagaimana pendidikan berbeda antara mentol dan penggunaan rokok non-mentol.


Nah, itulah beberapa bahaya rokok bagi kesehatan. Sangat mengerikan bukan? Maka dari itu, sayangi tubuh anda dengan cara berhenti merokok sekarang juga. Kami ucapkan mohon maaf jika cara penyampaian artikel ini kurang dapat difahami. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi anda yang membaca. Terimakasih :)

image by : http://duniafitnes.com/news/satu-lagi-bahaya-merokok-ditemukan.html
Advertisement

Baca juga:

loading...