Kamis, Mei 22, 2014

Akibat Kekurangan Vitamin B dan Cara Mengatasinya

Akibat Kekurangan Vitamin B dan Cara Mengatasinya – Vitamin B merupakan salah satu zat gizi yang penting keberadannya untuk kesehatan tubuh anda. Maka dari itu, tidak kalah penting juga bagia anda untuk menjaga asupan vitamin B bagi tubuh anda. Vitamin B sendiri terdiri dari berbagai jenis vitamin B yang mempunyai fungsi masing – masing dan berbeda antara yang satu dengan yang lainnya. Vitamin B kompleks terdiri dari  :
  • Vitamin B1 (thiamin)
  • Vitamin B2 (riboflavin) 
  • Vitamin B3 (niacin) 
  • Vitamin B5 (asam pantotenat) 
  • Vitamin B6 (piridoksal) 
  • Vitamin B7 (biotin) 
  • Vitamin B9 (folic acid) 
  • Vitamin B12 (cobalamin)

Nah, itulaha jenis – jenis dari vitamin B kompleks, lantas bagaimana dengan akibat jika kita kekurangan salah satu dari vitamin tersebut? Bagaimana juga cara mengatasinya? untuk menjawab pertanyaan seperti ini, mari simak pembahasan berikut ini.

Akibat Kekurangan Vitamin B dan Cara Mengatasinya


Akibat kekurangan vitamin B dan cara mengatasinya


Akibat kekurangan vitamin B1 dan cara mengatasinya

Fungdi dari vitamin B1 adalah untuk mengatur dan menjaga keseimbangan air didalam proses pencernaan tubuh, untuk membantu penyerapan lemak pada usus dan membantu metabolism karbohidrat dalam tubuh. Kekurangan vitamin B1 dapat berakibat pada munculnya beberapa penyakit seperti, neuritis, beri – beri, nafsu makan turun, gangguan metabolism karbohidrat, sembelit, serta gangguan pada proses peredaran cairan tubuh. Untuk mengatasinya, anda disarankan untuk mengkonsusmsi beras merah, kuning telur, hati, otak,  gandum, wortel, atau kacang hijau.

Akibat kekurangan vitamin B2 dan cara mengatasinya
Vitamib B2 mempunyai fungsi untuk merangsang kerja saraf mata dan juga untuk memperlancar oksidasi zat makanan. Penyakit dan kelainan yang timbul jika kekurangn vitamin B2 seperti, katarak, luka disudut mulut, mata merah, rasa terbakar disekitar mata. Mengkonsumsi makanan seperti susu, keju, beras, gandum, hati, ataupun sayuran dapat membantu anda untuk mengatasi kekurangan vitamin B2 ini. 

Akibat kekurangan vitamin B3 dan cara mengatasinya
Berperan dalam proses pembelahan sel, mencagah penyakit pelagra serta membantu dalam proses perombakan karbohidrat adalah fungsi dari vitamin B3 ini. Sudah pasti karena vitamin ini mencagah penyakit plagera, maka jika kekurangan penderitanya akan terserang plagera. Penyakit lain yang mungkin timbul adalah demansia (suatu ppenyakit yang menjadikan penderitanya cepat lupa dan cepat lelah), anemia, pendarahan pada gusi dan usus serta diare. Untuk mengatsinya, silahkan konsumsi  makanan seperti, kol, kedelai, susu, ragi, hati, tomat  atau bayam.

Akibat kekurangan vitamin B6 dan cara mengatasinya
Vitamin yang satu ini sangat bermanfaat untuk proses pertumbuhan, pembentukkan sel – sel darah serta merangsang kerja urat syaraf. Anemia, pelagra, sembelit dan dermatitis adalah penyakit yang timbul jika kekerungan vitamin B6. Konsusmsi telur, ikan, daging, hati, biji – bijian ataupun  sayuran juga disarankan untuk mengatasinya.

Akibat kekurangan vitamin B9 dan cara mengatasinya
Vitamin B9 meruakan salah satu vitamin yang penting bagi ibu hamil, kekurangan vitamin B9 dapat membuat bayi terlahir premature. Penuruan berat badan, nafsu makan turun, anemia merupakan beberapa penyakit akibat kekurangan vitamin B9.

Akibat kekurangan vitamin B12 dan cara mengatasinya
Vitamin B12 mempunyai fungsi untuk membantu pertumbuhan sel darah merah dan mencagah penyakit pernisiosa. Pernisiosa sendiri adalah sebuah penyakit akut yang dapa menyebabkan kematian pada penderitanya. Masalah lain yang timbul jika kekuranagn vitamin B12 adalah kekurangan zat besi dalam darah yang berakibat pada anemia. Untuk mengatasinya disarankan untuk mengkonsumsi hati, ikan ataupun susu. 

Artikel tentang vitamin lainnya :


Itulah sedikit informasi mengenai cara mengatasi kekurangan vitamin B. Kiranya cukup sekian info kali ini, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.

loading...