Selasa, Juni 24, 2014

Cara Mengobati Glaukoma Secara Alami

Tags

Pengobatan Glaukoma Secara Alami -Taukah anda Glaukoma adalah penyebab kebutaan terbesar ke-2 didunia? Bahkan Glaukoma termasuk dalam kelompok penyakit mata yang mampu merusak optik mata dan mengakibatkan kebutaan. Jadi sebernanya Apa itu Glaukoma?.

Glaukoma adalah penyakit dimana tekanan fluida meningkat pada mata. Jika hal ini tidak segera ditangani mungkin pasien yang mengidap penyakit ini akan kehilangan penglihatan matanya.penyakit ini umumnya dapat mempengaruhi kedua belah mata, walaupun mungkin hanya salah satu mata yang mengalami gejala parah.


Cara Menyembuhkan Penyakit Glaukoma
Penyakit Glaukoma, Apa dan bagaimana cara mengobatinya?

Penyebab Glaukoma?

Sebenarnya penyebab glaukoma belum sepenuhnya diketahui. Namun biasanya Glaukoma terjadi akibat penumpukan cairan mata yang menyebabkan syaraf - syaraf mata rusak dan tidak bisa menghantarkan darah kebagian mata.

Pada mata yang sehat Cairan mata akan dikeringkan secara teratur.Namun pada mereka yang mengidap penyakit Glaukoma sistem Drainase di mata tidak bekerja dengan baik, sehingga cairan dimata menumpuk dan menyebabkan tekanan pada mata. Seiring waktu mata yang mengalami tekanan perlahan  menyababkan serabut saraf yang penting mati.

Jenis - jenis Glaukoma

Ada beberapa jenis penyakit glaukoma, diantaranya adalah sebagai berikut :

a. Glaukoma Sudut Tertutup
Glaukoma ini termasuk kedalam Glaukoma akut. ia akan datang secara tiba- tiba. Pasien akan mengalami sakit yang luar biasa dan bahkan tidak bisa melihat sama sekali dalam seketika. Tetapi untungnya karena rasa sakit tersebut si pendertia akan segera bergegas mendatangi dokter sehingga cepat ditangani dan mencegah kerusakan pada mata semakin parah.

b. Glaukoma Sudut Terbuka
Proses Penyakit Glaukoma ini sangat lambat sehingga pasien sama sekali tidak merasakan gejala apapun dan tidak mengetahuinya. Sehingga banyak orang tidak segera mendapatkan perawatan medis sampai terjadi kerusakan yang permanen pada mata.

c. Ketegangan Glaukoma Rendah
Pada jenis ini tekanan pada mata normal, namun kerusakan saraf optik masih berjadi. Mungkin hal ini disebabkan karena saraf mata over sensitiv.

d. Pigmen Glaukoma
Jenis ini umumnya berkembang pada awal atau pertengahan dewasa. Butiran pigmen yang muncul dari belakang iris tersebar didalam mata. dan mengakibatkan meshwork trabecular. sehingga tekanan penglihatan mata menurun.

Gejala Penyakit Glaukoma

Untuk mengetahui apakah anda terkena penyakit glaukoma, setidaknya anda harus mengetahui seperti apa gejala glaukoma terlebih dahulu. Berikut ini adalah beberapa gejala yang biasanya terjadi ketika seseorang mengalami glaukoma.
  • Sakit Mata yang Parah
  • Penglihatan menjadi Kabur
  • Kemerahan Pada Mata
  • Sakit Mata yang disertai Mual dan Muntah
  • Ketika melihat lampu anda akan melihat pelangi dan mata terasa sakit karena pembengkakan mata
  • Terjadi masalah penglihatan yang tak terduga akibat kekurangan cahaya.

Bahkan terkadang pengidap Glaukoma sama sekali tidak merasakan gejala apa - apa namun pada tingkat akut mereka menjadi tidak bisa melihat. Maka dari itu Glaukoma juga sering disebut sebut sebagai "Pencuri Penglihatan".

Siapa yang Beresiko Tinggi Mengidap Penyakit Glaukoma?

Berikut ini adalah beberapa kategori orang yang memiliki resiko tinggi mengalami glaukoma :
  • Berumur Lebih dari 60 tahun, ketika berumur lebih dari 60 thn orang rentan sekali terhadap penyakit ini, karena kemampuan sistem syaraf dimata telah menurun.
  • Mengidap Penyakit Kronis, untuk anda yang memiliki penyakit kronis seperti Jantung, Diabetes, Tekanan Dara Tinggi, Hipotiroidisme beresiko tinggi terserang penyakit glaukoma.
  • Riwayat Keluarga, Jika ada salah seorang keluarga anda yang mengidap penyakit Glaukoma maka besar kemungkinan anda juga akan mengidap penyakit yang sama. sama seperti halnya faktor keturunan.
  • Cidera Mata dan Rabun, untuk anda yang pernah dioprasi Mata, atau pernah mengidap Tumor Mata, Radang Mata pokoonya semua hal yang menyebabkan mata anda cideramaka anda memiliki resiko untuk terjangkit penyakit glaukoma juga.
  • Penggunaan Kortikosteroid, penggunaan obat yang mengandung Kortikosteroid secara berlebihan dapat beresiko terkena Glaukoma, apalagi terlalu sering mrnggunakan obat tetes yang mengandung Kortikosteroid.


Cara Mendiagnosis Penyakit Glaukoma dengan Benar

Dokter Mata biasanya melakukan hal yang sederhana seperti " meniup mata" untuk melihat tekanan pada mata anda. Dokter juga menggunakan alat  yaitu Tonometer untuk melihat seberapa besar tekanan pada mata anda. selain itu juga dokter memeriksa ketebalan kornea mata anda karena ketebalan kornea dapat mempengaruhi tekanan mata.

Cara  Konvesional Menurunkan Tekanan Pada Mata

Biasanya solusi pengobatan mata pada penyakit Glakoma yaitu melalui Oprasi mata, menggunakan obat tetes mata, atau obat obat dari dokter yang berbahan kimia  Namu obat tetes mata dan obat lainnya malah memberikan segudang masalah yang timbul setelah digunakan terlalu sering contohnya :
  • Penglihatan Menjadi Kabur
  • Terjadi Masalah pada Pernafasan
  • Kelupaan
  • Menurunkan Denyut Jantung
  • Mata terasa terbakar dan tersengat
  • Bahkan yang lebih parah dari itu semua adalah hasil oprasi yang bisa mengakibatkan mata Katarak


Cara Alami Turunkan Tekanan Mata atau Glaukoma

Sangat mengejutkan sekali, ketika melakukan gaya hidup yang sehat akan menurunkan Tekanan darah. Dengan menurunnya tekanan dara pada tubuh maka Tekanan pada mata pun ikut menurun. sehingga Glaukomapun bisa di atasi dan dihindari tanpa menberikan resiko yang tinggi. Dibawah ini ada beberapa Tips sehat untuk menurunkan tekanan pada mata antara lain :

1. Memakan Suplemen Omega 3 Lemak Hewani
Omega 3 mengandung DHA yaang dapat menbantu dan melindungi fungsi Retina Mata. Selain itu juga mampu mencegah degenerasi makula yang dapat menyebabkan kebutaan. Omega 3 dapat ditemukan pada ikan segar baik ikan laut, danau maupun kolam.

2. Mendapat banyak Lutein dan Zeaxanthin
Pasti istilah ini sangat asing bukan?. Sebenarnya Lutein merupakan karotenoid yang dapat ditemukan pada sayuran hijjau. yang mampu menjadi zat antioksidan serta melindungi mata dari radikal bebas. Contoh makanan yang mengandung Lutein antara lain bayam, brokoli, dll.  Sama hal nya dengan Lutein, Zeaxanthin juga membantu melindungi mata.contoh makanan yang mengandung Zeaxathin adalah kuning telur. Namun usahakan memakan kuning telur yang setengah matang agar zar Karotenoidnya tidak rusak ketika digoreng.

3. Mengurangi Lemak
Diet tinggi lemak juga berkontribusi besar terhadap degenerasi makula. sehingga dapat menurunkan Tekanan pada mata.

4. Memakan Buah Berwarna Gelap
Makanlah buah blue berry atau chanbery. mungkin buah ini agak langka kalau diwilayah indonesia. namun buah yang berwarna gelap mampu membalikan degenerasi makula. mereka mampu memperkuat kapiler yang membawa nutrisi keoto mata dan ke saraf mata.

5. Menurunkan Kadar Insulin
Orang yang memiliki tingkat insulin yang tinggi dapat menyebabkan tekanan darah naik. studi menunjukan resistensi insulin sering terjadi pada orang yang diabetes, obesitas dan tekanan darah tinggi. Perbanyak lah memakan Roti, Beras, Kentang, Pasta untuk menurunkan kadar insulin pada tubuh anda.

6. Olah Raga
Nah kalau istilah yang satu ini sudah tidak diragukan lagi. dia mampu mejadi penawar alami bagi setiap penyakit. lakukanlah Aerobik dan olah raga lainnya secara teratur karena dapat meurunkan Kadar insulin. sehingga mata menjadi sehat dan mengurangi resiko tekanan mata atau Glaukoma.


Baca juga artikel terkait kesehatan mata lainnya :



Itulah berbagai Tips Alami Mengobati Glaukoma. Lakukanlah berbagai macam kegiatan sehat untuk menurunkan tekanan pada mata. melakukan Chek Up ke dokter mata agar kita dapat mencegah penyakit Glaukoma secara dini.

loading...

Menyajikan artikel kesehatan, kecantikan, pengobatan alternatif, dan berbagai khasiat tanaman herbal.