Selasa, Juli 08, 2014

Tips Cara Menghilangkan Panu dengan Bahan Alami

Tags
Cara menghilangkan panu – Tentu dari anda semua sudah tahu apa itu panu. Bagi anda yang mengutamakan penampilan dalam pergaulan keseharian anda. Tentu anda tidak akan membiarkan panu ini menguasai tubuh anda. Karena memang panu ini membuat belang – belang dengan corak warna yang berbeda dari warna kulit anda. Selain itu juga dapat menimbulkan rasa gatal.

Yang dimaksud panu adalah sebuah penyakit kulit yang disebabkan oleh oleh jamur. Penyakit yang dalam bahasa medis mempunyai nama Tinea versicolor ini disebabkan oleh jamur Candida albicans. Semua kalangan usia bisa terkena penyakit kulit yang satu ini. Panu ini biasanya terasa gatal – gatal, terutama pada saat berkeringat. Panu akan terlihat secara jelas pada orang dengan kulit tubuh hitam atau coklat. Biasanya bagian tubuh yang sering diserang oleh panu ini adalah kulit kepala, lipatan lengan, leher, wajah, tangan, dan daerah punggung.

Tips Cara Menghilangkan Panu dengan Bahan Alami
Cara Mengobati Panu di Tubuh


Penyebab Panu di Kulit

Banyak hal yang dapat menyebabkan timbulnya panu di kulit tubuh anda. Berikut adalah hal – hal yang menyebabkan timbulnya panu.
  • Kelembabab dan kondisi lingkungan anda.
  • Penggunaan pakaian yang terlalu ketat atau pakaian yang tidak menyerap keringat.
  • Munculnya keringat yang berlebihan.
  • Pemakaian antibiotic atau obat hormonal dalam jangka waktu yang cukup lama.
  • Memakai handuk atau pakaian pengidap panu.

Untuk menghilangkan panu, sudah banyak sekali produk – produk yang beredar di pasaran. Saat anda melihat televisi pun anda pasti akan melihat produk penghilang panu. Tapi ternyata, panu ini bisa di hilangkan dengan bahan alami, yang pastinya aman untuk tubuh anda, kecuali anda alergi dengan bahan alam berikut ini.

Berikut ini adalah beberapa obat panu tradisional yang dipercaya ampuh mengobati panu

Menggunakan bawang putih
Tanaman yang biasa digunakan oleh ibu – ibu rumah tangga sebagai bumbu dapur ini juga dapat anda manfaatkan untuk menghilangkan panu dari tubuh anda. Cara penggunaanyapun sangatlah mudah, anda hanya perlu mengambil beberapa siung bawang putih dan memotongnya menjadi dua bagian. Oleskan setiap bagian tersebut ke panu yang ada di tubuh anda. Lakukan sehari dua kali setiap hari secara rutin sampai panu di tubuh anda hilang.

Menggunakan lengkuas
Tak jauh dari bawang putih, langkuas juga dapat anda gunakan untuk menghilangkan panu ditubuh anda. Caranya kupas beberapa lengkuas dan cuci sampai bersih. Jika sudah tumbuk sampai cukup halus, anda juga dapat mencampurkan minyak tanah. Oleskan campuran tadi setalah anda mandi dan sebelum tidur. Pastikan anda kulit dalam keadaan kering dan bebas dari keringat sebelum anda mengoleskannya. Lakukan secara rutin sampai panu hilang.

Menggunakan jeruk nipis
Buah yang biasa digunakan sebagai bahan kecantikkan ini ternyata juga dapat menghilangkan panu dari tubuh anda. Namun sebelumnya siapkan juga belerang yang sudah di haluskan. Potong jeruk nipis dan potong menjadi dua bagian. Masukkan potongan jeruk nipis ke dalam belerang yang tadi sudah dihaluskan, lalu oleskan pada bagian tubuh anda yang terdapat panu setelah anda mandi. Lakukan secara rutin setiap hari sampai panunya hilang.

Menggunakan daun pare
Sebelumnya anda siapkan kapur sirih terlebih dahulu. Caranya tumbuk beberapa helai daun pare dan campurkan dengan kapur sirih. Oleskan campuran tersebut pada bagian tubuh yang terdapat panu. Ada baiknya jika anda melakukan tips ini pada pagi dan malam ketika hendak tidur.

Nah, jika panu tersebut sudah hilang dari tubuh anda, ada baiknya jika anda melakukan beberapa hal berikut ini untuk mencegah panu tersebut kembali lagi ketubuh anda :
  • Jagalah kebersihan tubuh anda dan lingkungan sekitar.
  • Hindari penggunaan peralatan mandi seperti, handuk dan peralatan mandi secara bergantian, terutama bergantian dengan orang yang mempunyai panu.
  • Setalah olahraga dan keringat anda sudah hilang dan kering, ada baiknya jika anda lekas mandi menggunakan anti septic.

Nah, itulah informasi dan tips cara menghilangkan panu dari tubuh anda secara alami. Ingat, anda menggunakan cara alami ini butuh waktu yang cukup lama untuk menghilangkan panu tersebut. Sekian informasi kali ini, semoga bermanfaat bagi anda.

Advertisement

Baca juga:

loading...