Rabu, Juni 17, 2015

Mengenal Jantung, Bagian-bagian dan Fungsinya Bagi Tubuh Manusia

Tags
Jantung adalah bagian vital yang berada di tubuh kita, bila satu detik saja jantung tidak bekerja maka semua peredaran darah dalam tubuh otomatis terhenti. Oleh karena itu kita harus bisa menjaga kesehatan jantung agar tidak terjadi beberapa kelainan dan penyakit yang menyebabkan penyakit jantung.

Dalam bahasan kali ini kita akan menjelaskan beberapa poin yang berkaitan dengan organ jantung, sehingga Anda bisa lebih tahu dan mengerti apa saja yang ada dalam organ jantung, cara kerja hingga manfaat setiap bagian yang ada dalam jantung. Salah satu manfaat yang bisa Anda dapatkan adalah semakin bersyukurnya kita pada Tuhan yang telah menganugerahkan satu organ jantung sehat pada tubuh kita. Yuk simak ulasan lengkap mengenai jantung.

Bagian-bagian dan Fungsi Jantung Pada Tubuh Manusia

Gambar Jantung - Mengenal Jantung, bagian-bagian dan fungsinya pada tubuh manusia.
Gambar Jantung


1. Apa itu jantung ?

Poin pertama yang dibahas adalah definisi jantung. Banyak orang yang mengetahui jantung, namun banyak juga diantara mereka yang tidak mengerti jantung itu apa, bagaimana dan letaknya dalam tubuh sebelah mana. Untuk itu simak pengertian jantung berikut ini. Jadi sebenarnya jantung adalah organ yang memiliki rongga dan berotot yang bertugas memompa darah keseluruh pembuluh darah dalam tubuh secara berulang-ulang tiada henti. Jantung adalah bagian penting dalam sistem peredaran darah manusia. Jantung terletak dibagian sebelah kiri dada, yang terletak diantara paru-paru kanan dan paru-paru kiri. Untuk ukuran jantung biasanya menyesuaikan kepalan tangan seseorang, beratnya pun berbebda-beda tergantung berat badan seseorang. Jantung adalah alat pemompa darah keseluruh tubuh yang bekerja setiap hari tanpa henti.

2. Bagian-bagian jantung

Setelah menegatahui beberapa hal yang berkaitan dengan jantung sekarang saatnya Anda mengetahui bagian-bagian jantung.
  • Dinding dan otot jantung
    Bagian pertama ini terdiri dari sel unik yang dikenal dengan myocardium, dalam dinding jantung ini berisi otot jantung, dalam tubuh hanya ada 1 jenis otot jantung dan otot jantung memiliki oksigen yang berguna untuk peredaran darak ke pembuluh darah. Ada  serambi kanan dan kiri ada pula bilik kanan dan bilik kiri. Bagian ini yang berfungsi untuk mengedarkan darah keseluruh tubuh dan membawa darah kembali ke jantung.
  • Klep jantung
    Bagian ini memiliki 4 klep yang berfungsi untuk menentukan kemana darah akan mengalir, berapa besar darah yang akan dialirkan dan menghentikan darah yang mengalir. Empat klep yang bermanfaat dalam meredaran darah adalah klep tricuspid, klep mitral, klep pulmic, klep aorta.
  • Sistem listrik
    Dalam jantung memiliki sistem listrik yang berguna untuk membantu kerja jantung setiap harinya. Sistem elektrik dalam jantung dibagi menjadi 2 yaitu sinoatrial node dan atrioventrical node. Node-node ini yang berfungsi memancarkan listrik untuk mengalirkan listrik pada waktu yang tepat sehingga denyut jantung dapat berdenyut dengan baik dan normal.

3. Fungsi jantung dalam sistem peredaran darah manusia

Dalam poin ketiga kita akan belajar mengenai fungsi jantung pada peredaran darah manusia. Jantung memiliki fungsi utama yaitu memompa darah keseluruh bagian tubuh dan membawanya kembali untuk dibersihkan kemudian di bawa kembali untuk dipompa keseluruh tubuh. Jantung adalah bagian tubuh yang kaya oksigen, hal ini pula yang membuat darah yang keluar dari jantung adalah darah bersih dan sehat. Jantung adalah organ tubuh yang tidak hanya memompa darah namun juga membersihkan tubuh dari karbondioksida. Sehingga semua darah yang ada dalam tubuh kita bersih bebas dari penyakit. Namun fungsi normal jantung tergantung dengan usia dan kelainan yang diderita. Semakin usianya bertamba maka akan semakin menurun fungsi jantung dalam tubuh. Namun bila Anda normal tidak memiliki kelainan maka jantung Anda pun bekerja dengan baik.

4. Bagaimana cara kerja jantung ?

Dibagian terakhir ini kita akan menjelaskan bagaimana cara kerja jantung. Jantung bekerja secara berulang setiap harinya. Jantung setiap hari memompa darah dan berkontraksi untuk mengedarkan drtah keseluruh tubuh. Melalui beberapa bagian jantung, darah akan dialirkan dan menuju pembuluh darah dalam tubuh dan membawa darah kotor kembali ke jantung untuk dibersihkan.

Baca Juga : Kenali Gejala Awal Penyakit Jantung Sejak Dini!

Demikian informasi seputar jantung yang bisa Anda pelajari, ada banyak manfaat yang kita dapatkan dari bagian dan cara kerja jantung. Syukur pada Tuhan harus selalu kita panjatkan karena telah meminjamkan jantung sehat pada kita sehingga kita bisa melakukan aktivitas dengan normal.


Advertisement

Baca juga:

loading...