Kamis, Mei 01, 2014

Penyebab Batuk Berdarah dan Bagaimana Cara Mengobatinya

Tags

Batuk darah adalah jenis penyakit batuk yang cukup serius dimana hal tersebut dapat mengakibatkan gangguan pada organ paru-paru bahkan jantung, sehingga kinerja kedua organ tersebut menjadi terganggu dan tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Oleh karena itu, kita harus mengetahui penyebab dan gejala-gejalanya dengan benar, agar kita bisa melakukan langkah pencegahan sejak dini sebelum semuanya terjadi.

Cara Mengobati Batu Darah Berdarah


Pernahkah anda mengalami batuk kemudian mengeluarkan dahak yang bercampur dengan darah? Mungkin saat itu anda beranggapan bahwa anda sedang terjangkit penyakit TBC. Tapi tenang jangan panik dulu, menurut artikel yang saya baca dari beberapa sumber,menyatakan bahwa tidak semua batuk berdarah itu diakibatkan leh TBC. Dr. Dwi Bambang Sp.P salah seorang dokter spesialis paru RS telogorejo semarang  mengatakan bahwa batuk darah adalah merupakan salah satu tanda dari penyakit infeksius.

Gejala Batuk Darah
Biasanya batuk darah disertai dengan adanya gejala-gejala seperti berikut ini :
  • Batuk yang disertai darah dan lendir;
  • Muka terlihat pucat;
  • Demam atau suhu badan meningkat;
  • Sering berkeringat pada malam hari;
  • Berkurangnya nafsu makan dan
  • Nafas terasa berat bahkan dengan terasa sesak.


Penyebab Batuk Darah
Ada banyak penyebab batuk berdarah diantaranya adalah sebagai berikut :
  1. Batuk darah bisa disebabkan oleh ekspektorasi darah akibat perdarahan yang terjadi pada saluran pernafasan di bawah laring atau pun perdarahan yang keluar melalui saluran nafas bawah laring.
     
  2. Penyebab lainnya dari batuk darah atau hemoptisis bisa juga karena adanya infeksi jamur atau pun virus. Bisa juga karena adanya kelainan pada paru, bekas penyakit TBC yang kambuh, kanker paru, atau juga karena rusaknya saluran pernafasan karena batuk yang telah berlangsung lama sehingga pembuluh darah menjadi menjadi rapuh.
  3. Batuk darah juga dapat disebabkan oleh adanya iritasi yang terjadi pada saluran pernafasan sehingga pada saat batuk akan mengeluarkan darah
  4. Kanker paru atau tumor paru-paru bisa juga menjadi penyebab dari batuk darah, maka dari itu saat anda mengalami batuk darah, usahakan sebisa mungkin anda langsung memeriksanya ke dokter agar anda dapat mengetahui penyebabnya secara pasti.
  5. Bisa juga disebabkan oleh Stenosis mitral yaitu suatu  penyakit jantung, dimana katup atau pintu yang menghubungkan ruang atrium (serambi) dan ventrikel (bilik) jantung bagian kiri mengalami penyempitan, sehingga tidak bisa membuka dengan sempurna.
  6. Batuk darah juga sering diakibatkan oleh bronkitis akut /kronis
  7. Tuberkulosis atau penyakit TBC, dan masih banyak lagi.



Cara Alternatif Mengobati Batuk Darah 
Untuk mengobati batuk darah secara tepat, sebaiknya anda melakukan pemeriksaan terlebih dahulu ke dokter agar anda tahu pasti apa penyebab dari batuk darah yang anda derita. Namun bila anda belum mempunyai uang untuk pergi ke dokter, anda bisa mencoba obat batuk darah sederhana yaitu dengan menggunakan tanaman kunir dan kencur. Bagaimana caranya? Yuk kita simak penjelasan berikut ini :
  1. Bersihkan kunir dan kencur dengan air
  2. Kemudian kupas kunir dan kencur tersebut
  3. Selanjutnya tumbuk kunir dan kencur tersebut hingga halus atau bisa juga di blender dan peras airnya
  4. Rebus air perasan tersebut hingga mendidih, bisa juga ditambahkan gula jawa untuk pemanis
  5. Setelah air perasan dingin anda bisa meminumnya secara rutin setiap pagi dan sore


sumber :
  • https://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20130607202221AAXrElj
  • http://mediskus.com/penyakit/batuk-berdarah-jangan-anggap-remeh.html
  • http://www.anneahira.com/batuk-berdarah.htm

Demikian artikel tentang Penyebab Batuk Berdarah dan Bagaimana Cara Mengobatinya yang mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi pembaca.

Menyajikan artikel kesehatan, kecantikan, pengobatan alternatif, dan berbagai khasiat tanaman herbal.

Nisim