Minggu, Mei 18, 2014

Akibat Kekurangan Vitamin A Bagi Kesehatan

Akibat Kekurangan Vitamin A – sutau zat pasti akan menimbulkan suatu dampak jika kekurangan atau kelebihan. Demikian sama halnya dengan vitamin A. jika tubuh anda kekurangan vitamin A, pasti akan berakibat negatif pada tubuh anda. Dampak tersebut bisa terlihat jelas bisa juga kurang jelas.

Jika pada postingan sebelumnya sudah saya paparkan tantang sumber makanan yang banyak mengandung vitamin A dan manfaat vitamin A bagi kesehatan tubuh kita, maka rasanya tak lengkap jika saya tidak membagikan informasi tentang akibat jika kita kekurangan vitamin A . Lalu apa saja dampak yang ditimbulkan jika tubuh kita kekurangan asupan vitamin A? untuk mengetahuinya, silahkan simak penjelasan berikut ini. Namun sebelumnya, silahkan simak terlebih dahulu tanda – tanda kekurangan vitamin A berikut ini.

Tanda – tanda kekurangan Vitamin A

Apakah anda pernah mendengar bayi yang lahir dengan berat badan yang rendah, berat badan kurang dari 2,5 kilogram? Jika pernah, itu adalah salah satu ciri kekurangan vitamin A. ini terjadi mungkin karena sang ibu kurang mengkonsumsi vitamin A pada saat mengandung bayi. Jika setelahnya si bayi tidak segera di beri asupan vitamin A yang cukup, kemungkinan rabun senja dan xerosis kornea kan dideritanya.

Akibat Kekurangan Vitamin A Bagi Kesehatan


Penyakit paru – paru autoimun dan ISPA atau Infeksi Saluran Pernafasan Akut juga merupakan salah satu tanda kekurangan vitamin A.Memang kebiasaan penyakit paru – paru autoimun ini menyerang orang dewasa yang mempunyai kebiasaan merokok. Namun, bayi juga dapat terserang penyakit ini, karena menurut tabel defisiensi vitamin. Vitamin A akan memberikan pengaruh yang cukup besar dalam sel T. dimana sel T inilah yang akan berperan dalam imunitas tubuh, maka dari itu jika vitamin A kurang maka sel T andapun akan lemah.

Akibat kekurangan vitamin A


Masalah pada penglihatan
Sudah kita ketahui, bahwa fungsi utama dari vitamin A adalah untuk menjaga kesehatan mata kita. Maka dari itu jika kekurangan vitamin A maka matapun akan terganggu. Gejala awal kekurangan vitamin A pada mata adalah mata kering (xeropthalmia) suatu kelainan pada selaput lender mata dan selaput bening mata.

Penyakit kulit
Kekurangan vitamin A pada tubuh kita dapat mengurangi kemampuan sel – sel kelenjar untuk memproduksi mucus, akibatnya pada saat kulit regerasi kulit akan digantikan oleh sel – sel epitel yang bersisik dan kering. Hal itulah yang menyebabkan membran kulit menjadi kering serta kasar. Hal itu pula yang menyebabkan luka sukar sembuh pada saat terjadi luka.

Penyakit pencernaan
Usus mempunyai peran yang pentinng dalam proses pencernaan yaitu sebagai tempat penyerapan air. Sementara vitamin A sendiri cukup berpengaruh dalam menjaga dinding – dinding usus agar tetap berfungsi secara optimal sebagaimana mestinya. Nah, jika anda memiliki kekurangan vitamin A, maka penyerapan air diususpun akan terganggu. Jika ini dibiarkan, dapat menyebabkan infeksi pada kandung kemih akibat kurangnya penyerapan air yang optimal diusus.

Penghambat  pertumbuhan
Tak disangka, ternyata vitamin A juga berperan terhadap pertumbuhan tulang anda. Tulang dan epitel ternyata membutuhkan vitamin A dalam proses pembentukkannya, ya walaupun tidak secara langsung. Vitamin A hanya mensintesis protein, akibatnya terbentuk sel – sel baru pada tulang dan gigi. Jika anda kekurangan vitamin A, anda dapat mengidap penyakit jaringan ikat. Penyakit yang satu ini diakibatkan kurangnya kolagen.

Nah, itulah beberapa akibat jika tubuh kita kekurangan vitamin A. sudah selayaknya kita berbenah diri untuk lebih sehat. Salah satunya adalah dengan mencukupi kebutuhan gizi tubuh. Sekian info kali ini, semoga ini bermanfaat bagi anda.

Advertisement

Baca juga:

loading...