Jumat, September 05, 2014

Apa saja sih Jenis Jerawat itu?

Orang pada umumnya hanya mengetahui jerawat yang ada pada bagian wajah saja, dan jenisnyapun itu - itu saja padahal jerawat banyak sekali macamnya dan bukan hanya tumbuh disekitar wajah. Memang sih jerawat jenis apapun dan sekecil apapun sangat mengganggu, walaupun rasanya tidak sakit tapi tetap saja akhirnya membuat wajah menjadi kurang indah.

Nah untuk kali ini saya akan menjelaskan beberapa jenis jerawat, anggap saja sebagai menambah pengetahuan anda mengenai jerawat agar anda tahu bagai mana cara menanganinya juga. Jadi Wajahpun bisa terlihat Sehat dan Cantik bebas dari yang namanya jerawat.


JENIS-JENIS JERAWAT


Jerawat Berdasarkan Bentuknya

1. Komedo

Kalau komedo pasti sudah tidak asing lagi, sebenarnya komedo itu termasuk juga pada salah satu jenis jerawat. Komedo timbul akibat penyumbatan pori-pori pada kulit wajah namun komedo tidak seperti jerawat pada umumnya rasanyapun tidak sakit. Hal ini disebabkan komedo adalah jerawat yang meyumbat pori - pori namun tidak meradang dan tidak terinfeksi oleh bakteri. Komedo terbagi menjadi 2 jenis yaitu
  • Komedo Terbuka (White hide Comedo), memiliki ciri pori - pori yang tersumbat berwarna putih pucat.
  • Komedo Tertutup (Black Head Comedo), Memiliki ciri pori - pori yang tersumbatnya berwarna kehitam hitaman.

2. Jerawat Radang

Ketika kantung folikel yang ada pada dermis berisi lemak padat, akan mengakibatkan dermis menjadi menggembung. Setelah itu akan pecah dan sel darah putihpun menyerbu daerah folikel sabasea. Lalu terjaidlah peradangan pada kulit. Jerawat radang akan terasa sangat sakit, berwarna kemerahan, ukurannya cukup besar (Lebih besar dari komedo) dan didalamnya terdapat nanah. Jika kita mencoba memocelnya ataupun mencoba menggunakan alat yang tidak bersih, akan mengakibatkan peradangan yang lebih parah lagi. Karena kuman dari luar masuk kedalam jerawat.

3. Jerawat Konglobata

Jerawat Konglobata itu kumpulan dari jerawat (bisa berupa bisul - bisul), Nah misalkan asalnya jerawatnya 1 trus nambah lagi nambah lagi akhirnya menjadi segerombolan jerawat terus jerawatnya menjadi satu (Konglomerasi) dan terciptalah danau nanah disekitar wajah. Hal ini disebabkan kareana kita sering memencet jerawat dengan kuku atau alat lainnya yang tidak bersih. Sehingga infeksinya menjadi menyebar dan meluas. Bahkan walaupun jerawat sembuh bekasnya akan ada dan cukup parah. Contohnya seperti jaringan parut yang buruk rupa,l kulit mengaras dan bergelombang.


Jerawat yang Umum di Masyarakat

Selain dari 3 jenis Jerawat diatas ada juga jerawat yang biasa dikenal dimasyarakat seperti :

1. Jerawat Pasir

Jerawat Pasir sama halnya dengan jerawat biasa namun ukurannya kecil -kecil dan sangat banyak sehingga seperti pasir pada daerah wajah. Jerawat pasir biasanya tidak sesakit jerawat yang meradang parah. Namun membuat wajah menjadi tidak enak dilihat dan tidak mulus.


2. Jerawat Batu

Sebenarnya jerawat batu itu sama seperti jerawat radang, /hanya saja ukuranya cukup besar bahkan lebih besar dari pada jerawat pada umumnya. Jika terus dibiarkan jerawat batu setelah sembuh akan meninggalkan bekas seperti cekungan - cekungan pda wajah. Selain itu, Rasanyapun sangat menyakitkan karena terjadi peradangan yang hebat.

Macam - Macam Jerawat Lainnya

Ada juga yang mengelompokan jerawat menjadi seperti ini :

1. Jerawat Juvenil

Biasanya jerawat juvenil ini muncul pada masa puber sekitar umur 14 - 20 tahunan. Biasanya jerawat ini tumbuh akibat perubahan hormon dimasa remaja. Hormon yang tidak stabilakan mengakibatkan masalah, kaerana memproduksi sebum.

2. Jerawat Vulgaris

Kalau yang ini sih sebenarnya sama saja dengan komedo cuman namanya saja yang berbeda. Biasanya perawatan yang paling mudah untuk menghilangakn komedo dengan cara melakukan penguapan pada wajah.

3. Jerawat Rosacea

Bisanya jerawat yang satu ini timbul pada wanita yang berusia 30 -50 tahun. apabila anda terkena jerawat ini anda harus pergi kedokter kulit untuk mengobatinya. Hal ini disebabkan oleh peradangan dan akan menimbulkan lipatan hidung yang terlihat bersisik.

4. Jerawat Nitrosica

Ini adalah tahapan terakhit dari jerawat. Jika dibiarkan akan menimbulkan lubang pada wajah. Biasanya kita harus mengobatinya kedokter kulit. karena jika salah memilih produk kosmetik ataupun salah memilih cara pengobatan wajah kita bisa rusak.

Jerawat tidak hanya tumbuh didaerah wajah namun jerawat bisa tumbuh dimana saja apabila kita kurang menjaga kebersihan. Pada umumnya jerawat sering timbul didaerah
  • Dada
  • Kulit Kepala
Waahhh ternyata jerawat banyak sekali ya jenisnya, namanyapun berbeda - beda. Bukan hanya itu sebenarnya pada umumnya jerawat itu sama saja tapi akibat hormon dan terutama akibat kurangnya menjaga kebersihan akhirnya jerawatpun menjadi sangat parah. Jadi jangan lupa untuk membersihkan wajah anda ya.

Sudah dulu artikel dari saya kali ini mengenai Berbagai Macam Jenis Jerawat. Terimakasih telah menyimak artikel ini sampai selesai, jangan lupa ya untuk share juga pada teman - teman anda. Kalau ada keluha ataupun anda memiliki jenis jerawat yang berbeda silahkan beritahu kami melalui kolom komentar.

loading...