Rabu, September 03, 2014

Mengenal Mesothelioma dan Gejalanya

Tags

Orang yang sering bekerja ditempat yang mengandung banyak zat berbahaya pasti akan terkena dampaknya. Walaupun hanya terdapat sedikit zat kimia apabila dihirup terus - menerus terntunya akan sangat berbahaya sekali bagi kesehatan. Contohnya saja orang yang sering bekerja dekat dengan serat asbes. Memang sih seointas tidak apa - apa namun jika terus dibiarkan dan meraka kurang menjaga kesehatan, akibatnya kesehatan akan terganggu dan lebih parahnya lagi akan menyebabkan penyakit kanker yang dapat membunuh kapan saja.

MESOTHELIOMA

Ketahui Mesothelioma dan gelanya
Mesothelioma

Pengertian Mesothelioma

Mesothelioma adalah penyakit kanker ganas yang sangat jarang sekali dan hanya diderita oleh orang - orang tertentu. Kanker ini berkembang di sel - sel meshothelium, sedangkan meshothelium itu merupakan membran yang membentuk beberapa lapisan rongga tubuh contohnya saja seperti rongga dada, rongga perut, kantung jantung.  Penyakit ganas ini paling sering didapati pada pekerja yang sering menghirup zat yang terdapat pada asbes. 

Penyebab Mesothelioma

  • Sering sekali menemui asbes sehingga zat atau debunya terhirup bahkan tertelan, Selain itu orang - orang sekitarnyapun bisa terkena dampaknya contohnya saja istri atau anak yang sering mencuci pakaian suaminya yang bekerja dengan asbes juga bisa memicu kanker.
  • Lingkungan yang terdapat banyak zat erionite atau sebuah zat zeolit mineral yang sangat mirip dengan serat asbes. juga mampu mengakibatkan penduduknya terkena penyakit Mesothelioma ganas.
  • Mesothelioma bisa disebabkan oleh asbes yang ada pada bangunan. DiInggris sendiri ada pelarangan menggunakan asbes karena zatnya cukup berbahaya.

Gejala Mesothelioma

  • Dada terasa sangat nyeri sekali
  • Sesak Nafas
  • Terjadi anemia atau kekurangan sel darah merah
  • Sering merasa kelelahan
  • Suara menjadi sangat serak dan batuk - batuk
  • Bahkan ada juga yang mengalami batuk berdahak namun didalamnya terdapat darah

Macam - macam Mesothelioma

  1. Mesothelioma Epithelioid
  2. Mesothelioma Sarcomatoid
  3. Mesothelioma Biphasic 

Diagnosis Mesothelioma

Jika anda salah seorang pekerja yang sering bersentuhan dengan asbes, dan mengalami gejala - gejala diatas maka anda harus segera kedokter dan mendiagnosis penyakit tersebut. ada beberapa cara mendiagnosis Mesothelioma antara lain
  • X-tray
  • Biopsi
  • Immunochemystri

Tahapan Penyebaran Mesothelioma

Tahap I

Pada tahap pertama Mesothelioma kelenjar getah bening belum dalam keadaan terserang. Selain itu kankernya pun belum dalam keadaan yang sangat parah dan belum menyebar pada organ - orann serta jaringan - jaringan tubuh lainnya.

Tahap II

Ketika Mesothelioma berada pada tahap yang kedua, Ukurannya membesar dan menyerang paru - paru. Bahkan kelenjar getah beningpun bisa ikut terkena juga. Ketika meothelioma berada pada tahap stadium 2 pasien masih bisa melakukan oprasi. Walaupun kemungkinan kankernya sudah menyebar keduabelah sisi pleura.

Tahap III

Pada tahap ini berarti kankernya sudah cukup parah dan sudah tidak dapat melakukan oprasi atau pembedahan pada pasien. Kerusakan akan terjadi pada daerah kelenjar getah bening, kerongkongan dan dinding dada.

Tahap IV

Ini adalah tahapan pada bagian akhir dalam artiankanker sudah menyerang pada beberapa daerah lainnya. Oprasi sudah tidak akan ada gunanya lagi ketika anda sudah mencapai stadium akhir. Karena kanker bukan hanya menyebar pada daerah dada namun juga sudah menyebar keseluruh bagian yang jauh sekali dari tempat asal mula kanker itu tumbuh.

Pengobatan Mesothelioma 

Kita sendiri sudah tahu untuk saat ini kanker masih belum banya diketahui obatnya, namun ada beberapa alternatif pengobatan yang harus dijalani jika mengidap Mesothelioma  antara lain

1. Bedah

Sebenarya melakukan oprasi bedah pada kanker lama - kelamaan menjadi kurang dipercaya karena tingkat keberhasilannya yang kecil. Terkadang walaupun berhasil sel kakkernya akan tumbuh lagi - tumbuh lagi. Bahkan orang yang melakukan pembedahan hanya mampu bertahan selama kurang dari 12 bulan atau setahun.

2. Radiasi

Radiasi sering diberikan bersaan dengan kemoterapi. Dengan catatan penyakit tersebut masih mentolelir operasi radikal. Sehingga radioasi dapat dijadikan sebagi pengobatan konsolidatif pasca pembedahan.Melakukan kemoterapi dan radiasi disaat setelah melakukan pembedahan akan meningkatkan harapan hidup pasien. Namun efek samping nya sangat berat sekali dan sangat parah, 

3. Kemoterapi

Kalau yang ini pasti anda juga sering mendengarnya kan diistilah film diseinetron sinetron. Kemoterapi merupakan pengobatan untuk penyakit Mesothelioma  yang sudah terbukti mampu meningkatkan kalangsungan hidup banyak pasien. Pasien yang awalnya hanya mampu bertahan kurang dari 12 bulan bisa bertahan hidup selama 13 bulan lebih. 

masih banyak lagi cara pengobatan yang lainnya seperti
  • Clinical Trials
  • Terapi Multimodalitas
  • Heated Introaperative Intraperitoneal chemotherapy
Tapi kalian tahu sendirikan penyakit kanker sangat ganas sekali dan banyak sekali pasien yang meninggal dunia. Namun yang harus diingat kita tidak boleh sekali -kali mendahului takdir tuhan dan memvinis diri kita sendiri tidak akan sembuh dan akan mati. Cobalah untuk terus berfikiran positif da jangan pernah menyerah. Karena siapa tahu saja tuhan memberaikan keajaibannya untuk kita.Dan untuk anda yang saat ini dalam kondisi sehat lakukanlah beberapa cara mencegah penyakit kanker, karena mencegah lebih baik dari pada mengobati.

Artikel mengebai Kanker Saluran Dada dan Penyebabnya selesai juga. Terima kasih anda sudah mau berkunjung diblog ini. Jangan pernah bosan ya untuk membaca artikel disini karena setiap harinya akan menyajikan beberapa informasi baru tentunya. Jika menurut anda artikel ini bermanfaat silahkan bagikan kepada teman - teman anda. 

loading...

Menyajikan artikel kesehatan, kecantikan, pengobatan alternatif, dan berbagai khasiat tanaman herbal.