Kamis, Juni 18, 2015

Inilah 9 Jenis Penyakit Jantung yang Berbahaya

Tags
Jantung seperti yang telah dijelaskan pada bahasan sebelumnya merupakan organ vital yang memiliki peran penting dalam menjalankan tugasnya sebagai pemompa darah. Untuk itulah kita harus merawat dan menjaga kesehatan jantung dengan baik, namun sayang ada banyak hal yang mengganggu kesehatan jantung. Ada kelainan dan ada pula penyakit yang sering mengintai jantung kita.

Untuk itu dalam kesempatan kali ini kita akan menyampaikan beberapa hal yang berkaitan dengan penyakit jantung sehingga Anda bisa mewaspadainya dan bisa mencegah penyakit jantung. Berikut adalah beberapa penyakit jantung koroner yang sering mengintai kesehatan manusia.

Penyakit Jantung yang Berbahaya dan Penyebabnya!

nilah 9 Jenis Penyakit atau Gangguan Jantung yang Berbahaya dan Penyebabnya
Penyakit Jantung Berbahaya


1. Jantung koroner

Penyakit jantung pertama yang cukup berbahaya adalah jantung koroner. Penakit ini terjadi karena adanya penyumbatan pembuluh darah yang member makan pada otot jantung yang lebih dikenal dengan sebutan arteri koroner, hal ini bisa terjadi karena timbunan lemak dan kolesterol dalam jantung. Jika darah tidak mengalir sama sekali dari jantung karena arteri koroner yang tersumbat, maka orang yang mengalami penyakit jantung koroner ini bisa mendapatkan serangan jantung dan berakibat fatal. Untuk itulah jaaga kesehatan dan pola makan yang baik, sehingga tidak ada kolesterol jahat dalam tubuh Anda, selain itu jaga berat badan yang ideal sehingga Anda tidak memiliki lemak dalam jumlah banyak yang bisa mengakibatkan penyakit jantung koroner.

2. Jantung bocor

Jantung bocor adalah penyakit kedua yang mematikan. Disebut jantung bocor karena ada lubang di septum jantung akibat kelainan struktur jantung. Biasanya penyakit ini adalah penyakit keturunan. Dalam kondisi jantung bocor, sirkulasi darah dalam tubuh tidak sehat dan yang mengalir adalah darah kotor yang menyebabkan bayi berwarna biru. Jika sudah terlalu parah, maka darah kotor ini semakin banyak dan bisa masuk ke organ vital dalam tubuh seperti otak, dan hal ini menyebabkan si penderita mengalami sesak napas akibat kekurangan oksigen, kejang-kejang akibat darah kotor yang merusak organ vital serta yang terakhir bisa mengakibatkan kematian pada si penderita. Penyakit ini tidak menular dan bukan disebabkan karena suatu hal, melainakan lebih banyak terjadi karena genetika.

3. Jantung lemah

Dan penyakit yang terakhir adalah jantung lemah. Jantung lemah merupakan sebuah kondisi dimana jantung tidak mampu memompa darah secara maksimal kesemua anggota badan. Hal ini dikarenakan 


4. Trachycardia

Suatu kondisi dimana terjadi peningkatan detak jantung yang disebabkan oleh hal-hal seperti terlalu banyak minum alkohol, stress, dan merokok.

5. Penyakit Katup Jantung

Tahukah Anda, di dalam jantung terdapat empat buah katup. Jika ada salah satu katup yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya, ini bisa menjadi penyebab penyakit stroke.

6. Penyakit Gagal Jantung

Gagal jantung biasanya terjadi saat jantung berhenti bekerja sehingga tidak lagi dapat memompa darah. Hal ini terjadi saat seseorang kehilangan banyak darah, gangguan paru-paru atau terkejut.

7. Ganguan Jantung Serebrovaskular

Penyakit jantung serebrovaskular adalah suatu kondisi dimana sikulasi darah dari jantung ke otak terhambat, sehingga dapat mengakibatkan penyakit stroke pada otak.

8. Angina

Penyakit jantung angina merupakan penyakit jantung yang ditandai dengan adanya gejala seperti rasa sakit dan sesak disekitar dada. Hal ini terjadi karena adanya penyumbatan kecil pada arteri jantung.

9. Aterosklerosis

Aterosklerosis disebut juga sebagai pengerasan arteri. Penyakit ini disebabkan oleh adanya endapan racun dan lemak. Hal tersebut dapat menyebabkan stroke jantung dan peningkatan tekanan darah.

Demikian informasi seputar penyakit jantung yang dianggap berbahaya, untuk itu marilah kita menjaga kesehatan jantung dengan pola hidup dan pola makan sehat. Karena apapun yang ada dalam tubuh kita adalah anugerah yang harus disyukuri.

sumber : 
http://www.merdeka.com/sehat/kenali-11-jenis-penyakit-jantung-yang-berbahaya.html
Advertisement

Baca juga:

loading...