Minggu, April 20, 2014

Manfaat Buah Kurma dan Kandungan Nutrisinya

Kandungan Nutrisi Kurma dan Manfaatnya – Bagi penduduk Indonesia yang mayoritas panduduknya adalah muslim, tentu tidak asing lagi dengan yang tanaman yang namanya kurma. Buah yang berasal dari bantaran sungai Nil ini memiliki nama latin Phoenix dectylifera yang merupakan tanaman palma yang masih termasuk dalam genus ( arecaceae ). Terutama pada bulan Ramadhan, buah manis ini sangat terkenal sekali di Indonesia, banyak pedagang dipinggir - pinggir jalan samapi pusat oleh – oleh menyediakan kurma. Banyak orang yang mengkonsumsi kurma ini pada saat berbuka puasa, apakah hal itu dianjurkan? Untuk lebih jelasnya silahkan ikuti setiap bahasan di bawah ini dengan seksama.

Manfaat Buah Kurma dan Kandungan Nutrisinya

Kandungan Nutrisi Buah Kurma

Walaupun bentuk buah kurma ini tidak terlalu besar, namun kandungan nutrisinya sangatlah banyak. Untuk mengetahui nutrisi kurma, langsung saja kita simak tabel berikut ini.

Kandungan
Nutrisi Dalam Buah Kurma
Kandungan
gizi
Jumlah
Kalsium
52 mg
Protein
2,35 gms
Lemak
0.43 gms
Karbohidrat
75 g
Serat
2,40 g
Vitamin A
90 UI
Vitamin B1
93 mg
Vitamin B2
144 mg
Asam nikotinat
2,20 mg
Kalium
667 mg
Magnesium
1,20 mg
Zat besi
1,20 mg
Tembaga
2,40 mg
Biotin
4,40 mikrog
Zinc
1,20 mg
Asam folik
5,40 mikrog
Sulfur
14,70 mg
Asam askorbat
6,10 mg
Sodium
13 mg
Niasin
2 mg
Klorida
271 mg
Kobalt
1,90 mg
Glukosa
38,50 mg
Fruktosa
35,50 mg
Energy
323 kal

Manfaat Buah Kurma Bagi Kesehatan

Tak salah jika Rasulullah dahulu menyuruh kita untuk rajin mengkonsumsi kurma. Karena memang kurma ini sangat banyak sekali manfaatnya. Apa saja itu manfaatnya, langsung saja kita simak.

1. Kesehatan usus

Dengan ni kotin yang terkandung didalam kurma, ini sangat bermanfaat sekali untuk menyembuhkan berbagai macam gangguan pada usus. Dengan mengkonsumsi kurma secara rutin, maka ini sangat membantu anda untuk menghambat pertumbuhan organismepatologis di usus anda.

2. Melancarkan buang air kecil

Kandungan yang terdapat didalam kurma ternyata dapat bermanfaat untuk memperlancar saluran pembuangan air kecil anda dan juga membantu untuk mencegah penyakit kencing batu dan prostat.

3. Mengatasi sembelit

Sebagai salah satu tanaman, kurma juga mengandung serat yang tinggi. Yang mana serat ini dapat membantu prosespencarnaan anda agar lebih lancer. Untuk cara memanfaatkan kurma sebagai obat sembelit, caranya adalah dengan merendam kuram semalaman dengan air matang. Waktu paginya anda makan itu kurma hasil renadaman. Anda juga dapat meminum air bekas rendamannya, dengan begitu maka penvernaan ditubuh anda akan lancer kembali dan sembelit akan jauh menghilang.

4. Menjaga kesehatan tulang dan gigi

Kandungan mineral dan protein pada kurma ini dapat mencegah osteoporosis dini pada tulang anda. Selain kandungan mineral dan protein, kandungan selenium, mangan, magnesium dan juga tembaga pada kurma juga dapat membentu merawat kesehatan tulang dan gigi anda. Dengan demikian, kurma ini sangat cocok unuk dikonsumsi oleh orang yang sudah lanjut usia.

5. Mengatasi anemia

Salah satu penyebab dari anemia adalah kekurangan zat besi. Nah, kurma sendiri mengandung zat besi yang cukup banyak. Sehingga dengan mengkonsumsi kurma ini, anda berarti sudah mengatasi anemia pada diri anda.


6. Baik untuk saraf dan otak

Kandungan kalium dalam kurma merupkana salah satu zat yang dapat membuat syaraf menjadi lebih cepat tanggap dan juga responsif. Jika syaraf cepat tanggap dan responsif maka otakpun akan sama dengan halnya syaraf. Dengan begitu, maka andapun akan tetap fokus, cepat dan tanggap dalam mengatasi sebuah masalah.

7. Mencegah stroke
Menurut penelitian, kurma juga dapat mencegah stroke. Hal ini bisa terjadi lantasan kurma dapat menghilangkan sebagian kolesterol jahat yang dapat menyebabkan stroke pada tubuh anda. Untuk itu mengkonsumsi kurma sangatlah dianjurkan.

8. Menjaga kesehatan mata

Dengan kandungan vitamin A pada kurma, maka bukan tidak mungkin lagi jika kurma ini dapat menjaga kesehatan mata anda. Perlu diketahui juga, bahwa vitamin A ini juga dapat memelihara kelembaban, kejelian dan juga menguatkan penglihatan mata anda.

Kurang lebih itulah kandungan nutrisi dan juga manfaat kurma bagi kesehatan. Mungkin anda juga mengetahui manfaat lainnya, maka dari itu jangan sungkan – sungkan untuk menuliskan dikolom komentar demi wawasan pembaca yang lainnya. Saya rasa cukup sekian dari saya, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.

loading...

Menyajikan artikel kesehatan, kecantikan, pengobatan alternatif, dan berbagai khasiat tanaman herbal.