Rabu, April 16, 2014

Manfaat dan Bahaya Sinar Matahari Bagi Kesehatan

Tags

Manfaat dan Bahaya Sinar Matahari Bagi KesehatanMatahari, siapa yang tak tahu dengan benda langit terbesar yang terlihat ketika siang ini. Matahari merupakan pusat dalam tata surya kita. Didalam kehidupan sehari – hari semua makhluk di bumi sangat memerlukan sinar dari matahari ini. Sinar matahari ini dibutuhkan demi kelangsungan hidup makhluk hidup dibumi. Namun kita semua juga tahu, dibalik kelebihan pasti ada kekurangan, begitu juga matahari dibalik manfaatnya pasti juga ada bahayanya. Disini kita akan menguraikan satu per satu manfaat dan bahaya matahari. Langsung saja kita mulai dari manfaat sinar matahari

Manfaat dan Bahaya Sinar Matahari Bagi Kesehatan


A. Manfaat Sinar Matahari Bagi Kesehatan

Tahukah anda, sinar matahari mempunyari banyak manfaat, diantaranya adalah sebagai berikut :

#Sumber vitamin D

Mungkin anda akan bertanya – tanya, bagaimana bisa matahari menjadi salah satu sumber vitamin D, padahal matahari sendirikan bukan sebuah makanan. Untuk itu daripada bingung marilah simak penjelasan berikut ini.

Sebagian besar kolesterol anda tersimpan dibagian dibawah kulit anda. Pada saat ada berkas sinar ultraviolet matahari mengenai kulit, maka akan disaring oleh kulit, jika sudah begitu maka sinar ultraviolet tadi akan mengubah simpanan kolesterol anda menjadi vitamin D. Menurut penelitian dalam sehari anda membutuhkan 400 IU ( international unit ) vitamin D, jumlah ini akan cukup terpenuhi jika dalam sehari anda menghadap 5 menit saja dibawah sinar matahari.

#Mengurangi Kolesterol darah

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, sinar UV matahari dapat mengubah kolesterol manjadi vitamin D. Ini berarti akan memberikan peringatan kepada kolesterol yang berada didalam darah anda untuk keluar menuju kulit yang nantinya akan diubah menjadi vitamin D. Dengan demikian maka kolesterol dalam darah anda akan berkurang.

#Mengurangi gula darah

Ternyata cahaya matahari dapat berperan sebagai insulin. Insulin sendiri berfungsi untuk menyerap glukosa masuk kedalam sel – sel tubuh anda. Ini berarti sinar matahari merangsang tubuh anda untuk menguabah glukosa ( gula darah ) menjadi glikogen ( gule simpanan ) yang tersimpan dihati dan otot. Dengan kata lain, sinar matahari dapat menurunkan kadar gula darah anda.

#Penawar infeksi dan pembunuh bakteri

Untuk membuktikan hal ini seorang ilmuwan pernah membuktikannya, yaitu dengan cara meletakkan piring yang telah dipenuhi bakteri pada sebuah tempat yang langsung terkena matahari. Separuh piring tersebut ditutup dan separuhnya lagi dibiarkan terbuka. Setelah didiamkan beberapa saat, bagian yang ditutup tetap dihinggapi bakteri dan bagian yang dibuka tidak ada bakterinya. Ini membuktikan bahwa sinar matahari 

#Dapat membunuh bakteri

Matahari juga dapat membunuh virus dan jamur. Ini sangat berguna sekali untuk perawatan TBC, erysipelas, keracunana darah, pneumonia, mumps, perinonitis dan juga asma. Bahkan beberapa jenis virus mampu dibinasakan oleh sinar UV dalam selang waktu 10 menit.

#Meningkatkan kebugaran 

Hal ini bisa terjadi karena ternyata sinar matahari dapat meningkatkan kapasitas darah anda untuk membawa oksigen untuk diedarkan ke seluruh sel tubuh, padahal sudah kita ketahui semakin banyak oksigen yang masuk ke sel – sel tubuh maka semakin bugar juga tubuh kita.

#Membentuk dan memperbaiki tulang

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas bahwa sinar matahari dapat membentuk vitamin D.Dengan vitamin D, maka tubuh dapat membentuk dan memperbaiki tulang yang rusak. Ini juga akan mencegah penyakit rakitis dan osteomalacia.

#Mingkatkan  beberapa kekebalan tubuh

Ternyata sinar matahari dapat menambah beberapa sel darah putih, terutama limfosit. Limfosit sendiri berfungsi untuk menyerang panyakit. Antibody anda juga akan bertambah jika anda berada sepuluh menit dibawa matahari, yang mana ini dapat menurunkan 30% - 40% potensi terserang flu.

B. Bahaya Sinar Matahari Bagi Kesehatan

Selain mempunyai banyak manfaat, sinar matahari juga bisa berbahaya bagi tubuh kita. Berikut ini adalah beberapa bahaya sinar matahari bagi tubuh kita :

#Membuat kulit terbakar

Panas matahari ini mampu menembus ke bumi walaupun dalam keadaan berawan. Ini berarti jika anda berada dibawah terik matahari walaupun dalam cuaca yang berawan maka kulit anda pun masih dapat terbakar.

#Meningkatkan resiko kanker kulit

Sudah kita ketahui, bahwa sinar matahari juga mengandung sinar UV. Yang mana sinar UV ini sangat berperan dalam potensi kanker kulit. Selain itu tingginya trigliserid juga merupakan faktor utama dalam kanker kulit.

#Mempercepat proses penuaan kulit

Pernahkah anda melihat petani yang bekerja dibawah terik matahari. Pernah juga anda melihat orang kantoran yang bekerja didalam gedung. Coba bandingkan walaupun usia mereka sama, namun petani akan terlihat lebih tua daripada orang kantoran. Ini membuktikan bahwa matahari dapat menyebabkan penuaan pada kulit.

Itulah beberapa manfaat dan bahaya dari sinar matahari. Saran saya jangan terlalu berlama – lama dibawah terik matahari, karena akan membuat anda mendapat bahayanya. Berjemurlah dibawah terik matahari sekitar 10 – 15 menit saja sudah cukup, dan waktu berjemur yang paling tepat menurut saya adalah saat jam 07.00 samapi 09.00 karena pada saat itu matahari belum terlalu terik. Sekian dari saya semoga ini bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung.

loading...

Menyajikan artikel kesehatan, kecantikan, pengobatan alternatif, dan berbagai khasiat tanaman herbal.