Rabu, Agustus 27, 2014

Mengetahui Fungsi Ginjal dan Bahaya Penyakit Ginjal

Tags

Saai ini saya akan menerangkan secara mendetail mengenai ginjal.Mengapa kita harus mengetahui hal tersebut? Karena ginjal merupakan salah satu organ dalam tubuh yang sangat penting. Dengan mengetahui dasar - dasar ginjal kita bisa mencegah berbagai macam penyakit yang sangat rawan sekali myerang kita. Slain itu, agar kita bisa segera menghubungi dokter jika sekiranya ginjal kita kurang berfungsi dengan baik. Nah untuk lebih lanjutnya kita langsung saja ke pengertiannya.




Ginjal

Pengertian, Fungsi dan Penyakit Ginjal
Ginjal

Ginjal adalah sistem pengeluaran (ekskresi) dalam vetebrata yang bentuknya mirip dengan kacang sebagai bagian dari urin, ginjal berfungsi untuk menyaring kotoran terutama di daerah urea , ginjal menyaring kotoran dari darah dan membuangnya bersama air dalam bentuk air seni (urin). Cabang dar ilmu kedokteran yang memepelajari ginjal dan penyakitnya disebut dengan nefrologi.

Letak ginjal di dalam tubuh manusia

Manusia pastinya mempunyai sepasang ginjal yang terletak dibelakang perut atau abdomen. Ginjal terletak disebelah kanan dan kiri tulang belakang dibawah hati dan limpa. Ginjal terdapat kelenjar adrenal yang disebut dengan kelenjar suprarenal, kedua ginjal terletak disekitar vertebra T12 hinggal L3. Ginjal kanan berada sedikit dibawah ginjal kiri untuk member tempat kepada hati dan bagian atas ginjal terlindungi oleh tulang iga le sebelas dan dua belas. Kedua ginjal tersebut dibungkus oleh kedua lapisan lemak yang disebut dengan lemak parirenal dan lemak pararenal yang membantu untuk meredam goncangan bervariasi tergantung dengan jenis kelamin, umur, serta ada atau tidaknya ginjal pada sisi lain.

Vaskularisasi

Aliran darah pada ginjal berasal dari arteri renalis yang merupakan cabang langsung dari aorta abdominalis, sedangkan yang mengaliri darah balik adalah vena renalis ang merupakan cabang vena kava inferior. Sistem arteri ginjal, tidak ada anastomosis ke cabang arteri lain. 

Organisasi

Bagian paling luar ginjal disebut dengan korteks, bagian lebih dalam disebut dengan medulla, bagian paling dalam lagi disebut dengan pelvis, pada bagian medulla ginja manusia dapat dilihat pula adanya piramida yang merupakan bukan saluran pengumpul. Ginjal dibungkus dengan jaringan fibros tipis yang mengkilap dan disebut dengan kapsula fibrosa ginjal dan diluar kapsul ini terdapat pada jaringan lemak parirenal. Dan di sebelah atas ginjal terdapat kelenjar adrenal. Ginjal dan kelenjar adrenal dibungkus dengan fasia gerota. Unit fungsional dasar pada ginjal adalah nefron yang bisa mencapai satu juta buah dalam satu ginjal pada manusia dewasa. Nefron berfungsi sebagai regulator air dan zat terlarut terutama elektrolit dalam tubuh dengan cara menyaring darah yang kemudian mereabsorpsi cairan dan molekul yang masih diperlukan tubuh, dan sisa cairan yang tidak dipakai ditubuh dibuang.

Fungsi ginjal bagi manusia 


1.Menyaring Darah

Tahukah anda, setiap makanan yang anda konsumsi akan melalui tahap atau proses pencernaan.

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas bahwa fungsi ginjal untuk menyaring kontoran yang berada di darah. 

2.Mengekresikan zat zat yang merugikan bagi tubuh

Ginjal akan mengekresikan zat-zat yang merugikan urat, amoniak, kreatinin, garam anorganik, bakteri, dan juga obat-obatan.

3.Memperoses ulang zat

Ginjal akan mengembalikan zat zat yang masih berguna bagi tubuh dan kembali kealiran darah.

4.Mengatur keseimbangan kandungan kimia dalam darah

Salah satu contoh yaitu mengatur kadar garam didalam darah

Karena ginjal merupakan salah satu organ vital yang harus terjaga kinerjanya, setiap hari Anda harus memberi nutrisi cukup agar organ ini bekerja sebagaimana mestinya. Ginjal mengatur setiap tetes cairan salam tubuh kita seperti air, garam, darah,. Maka dari itulah ginjal sangat penting, apalagi dalam proses pembentukan air kemih dan produksi sel darah merah.

Jika kita kurang berhati - hati dalam menjaga ginjal, bisa saja kita akan mengidap penyakit serius. contohnya saja ini ada beberapa penyakit yang dapat menyerang ginjal :

Penyakit Berbahaya Akibat Ginjal

1. Batu Ginjal

Apabila tubuh kekurangan cairan, dan dibiarkan secara terus menerus bisa saka kandung kemih menjadi kerh. Setelah kekeruhan banyak zat yang dihasilkan tubuh (biasanya ada dalam air seni) yang membentuk batu - batu kecil dan sulit dikeluarkan karena karena kekurangan cairan. Akhirnya terjadilah penyumbatan pada saluran ginjal dan itulah yang biasa kita sebut batu ginjal.

2. Infeksi Ginjal

Infeksi Ginjal bisa terjadi apabali pada saluran kemih terdapat bakteri atau kumah sehingga akan mengakibatkan suatu infeksi. salah satu cirinya sakit saat buang air kecil. Bisa juga diakibatkan oleh batu ginjal. Apabila anda mengalami infeksi ginjal bisa saja akan terasa nyeri dipinggang dan  demam menggigil.

3. Radang Ginjal

Radang Ginjal bisa terjadi keika penyaring ginjal atau yang biasa disebut Glomerulus. Kerusakan ini bisa mngakibatkan nyeri yang luar biasa ketika ingin buang air kecil. Bahkan bisa saja mengeluarkan cairan putih.

4. Radang Kandung Kemih

Penyakit ini sering disebut "Sistisis" ciri - ciri bisa kita lihat kalau kita buang air kecil sedikit serasa nyeri dan panas. Bakan untuk gejala yang lebih parah bisa sampai kencing bersarah. Berarti bisa saja terjadi peradangan dibagian penampungan akgir air seni.

5.  Sindrom Nefrotik (Nefrosis)

Terjadinya kebocoran pada penyaringan ginjal sehingga mengakibatkan zat putih telur ikut keluar bersama urin dalam jumlah yang banyak. akibatnya darah menjadi kekurangan protein dan air senipun menjadi berbusa. Selain itu, akan terjadi pembengkakan dibagian - bagian tertentu. Hal ini sangat berbahaya jadi harus segera diobati.

6. Gagal Ginjal

Ini adalah penyakit ginjal terburuk dan paling berbahaya karena dapat mengakibatkan kematian. Banyak sekali hal yang bisa menyebabkan gagal ginjal. Jadi ketika seseorang mengidap gejala gagal ginjal maka harus segera dibawa kedokter dengan peralatan yang lengkap.

Ternyata penyakit ginjal itu beraneka ragam. yang paling umum dijumpai adalah batu ginjal. Jadi anda harus waspada dan menjaga ginjal supaya selalu sehat. Jangan sampai setelah sakit baru dirawat. yang terpenting perbanyaklah minum air putih. Nah segitu dulu ya artikel untuk hari ini mengenai Pengertian, Fungsi dan Penyakit Ginjal. Jika ada hal yang ingin ditanyakan ataupun ada hal yang dibagi dengan pembaca yang lain silahkan isi kolom komentar. Terimakasih telah berkunjung.

Menyajikan artikel kesehatan, kecantikan, pengobatan alternatif, dan berbagai khasiat tanaman herbal.

Nisim