Kamis, Agustus 28, 2014

Waspadai Bahaya Depresi dan Ketahui Gejalanya!!!

Setelah kemarin saya menerangkan mengenai Cara Menghilangkan Stress dan Makanan Penghilang Stres. Sekarang saya akan menerangkan Mengenai Depresi. Depresi bisa dikatakan tingkatan lanjut dari stress. Taukah anda bahwa depresi mampu membunuh seseorang dengan cepat?. Apalagi dizaman sekarang banyak sekali orang yang mengalami Depresi akibat berbagai macam hal. Tetapi sayangnya banyak orang yang tidak menyadari betapa berbahayanya jika depresi terus dibiarkan. Bahkan ada beberapa orang mengalami depresi akut dan tidak menyadarinya.

DEPRESI

Gejala, Penyebab, Pengertian, Jenis dan Bahasa Depresi
Depresi

Pengertian Depresi

Depresi adalah suatu keadaan dimana seseorang merasa sangat sedih. Pada suatu titik tertentu kondisi depresi tersebut bisa menjadi suatu gangguan seperti Sedih berkepanjangan yang akhirnya mengganggu aktivitas sehari - hari, merasa sangat lelah sehingga ingin berhenti melakukan apapun, mengakibatkan kurang tidur ataupun gejala sulit tidur dan akhirnya yang paling parah akan merasa dirinya tidak kuat menggung semua kesedihan itu singga memutuskan untuk bunuh diri.
Jika terus dibiarkan akan menjadi gangguan kejiawaan (Psikologi)

Macam - macam Depresi

Depresi sangat beragam tergantung pada jenisnya dan seberapa parah depresinya. Ada juga depresi yang dikelompokan berdasarkan gejala yang dialami penderita. Ini dia beberapa Jenis Depresi antara lain :

A. Berdasarkan Ada Tidak nya Mania

Mania adalah saat dimana seseorang merasa sangat sangat senang namun tidak jelas alasannya. Mania kebalikan dari Depresi. Namun keduanya tetaplah Gangguan Mood yang harus di Waspadai. Berdasarkan adanya mania Gangguan Depresi dibagi menjadi 2 antara lain :
1. Unipolar
Gangguan Unipolar biasanya penderita tidak merasakan mania, jadi unipolar lebih ke depresi dan rasa putus asa yang sangat mendalam hingga tidak adanya gairah untuk hidup.
2. Gangguan Bilapolar
Gangguan bilapolar ditandai dengan adanya depresi disertai mania. Jadi sipenderita terkadang merasa senag tanpa alasan yang jelas dan tiba - tiba merasa sedih dan depresi diaat yang bersamaan.

B. Berdasarkan Berat Ringannya Depresi

1. Gangguan Depresi Mayor
Gangguan Depresi mayor dapat dikatakan sebagai depresi berat. Bukan hanya itu depresi ini hanya berlangsung selama kurang lebih 2 minggu namun bisa myebabkan penderitanya memiliki keinginan untuk bunuh diri. 
2. Gangguan Depresi Minor
Gangguan Depresi minor lebih ringan dari pada gangguan depresi mayor. waktunyapun lebih singkat dan penderita masih bisa berinteraksi baik dengan orang lain.

C. Berdasarkan Penyakit Psikologi

1. Gangguan Dysthmic
Dysthmia hampir sama halnya dengan gangguan depresi mayor namun dalam jangka waktu yang sangat lama bisa sampai bertahun - tahun. Memang Disthmia lebih ringan dibandingkan depresi mayor namun sangat berbahaya dan termasuk kedalam kategori depresi yang lebih berat karena berkepanjangan. 
2. Gangguan Depresi Psikotik
Depresi ini dapat dilihat dengan sangat jelas, karena sipenderita terkadang selalu mengalami halusinasi (bisa berupa melihat hal - hal yang ia takuti atau hal yang membuatnya merasa bersalah) ataupun mengalami Delusi (Seperti mendengar suara bisikan stan iblis tuhan atau apapun yang ia yakini).
3. Gangguan Depresi Musiman
Nah kalau yang satu ini seperti perpindahan musim saja, misalkan ketika musim hujan penderita akan mengalami depresi berat namun dalam sekejap akan menghilang ketika musim panas datang.

Penyebab Depresi

  1. Faktor Organobiologis atau  akibat kelainan yang terdapat pada otak. Contohnya seperti ketidak seimbangan neurotransmiter di otak terutama serotonin.
  2. Faktor Psikologis, kalau yang satu ini sudah jelas depresi bisa dialami karena tekanan - tekanan psikis yang dialami oleh penderita.
  3. Faktor Sosial, Depresi bisa diakibaklan oleh faktor sosial dan lingkungan contohnya saja ketika penderita depresi kehilangan seseorang yang sangat ia sayangi atau cintai. Bisa karena telah mengalami bencana yang cukup besar dan masih banyak lagi.

Orang yang Beresiko Depresi

  1. Wanita lebih rentan terkena depresi karena memiliki hati yang lembut dan mudah terluka
  2. Dialami pada masa remaja akhir ataupun masa dewawa awal
  3. Perekonomian yang Rendah ataupun perpindahan perekonomian dari tinggi tiba tiba bangkrut
  4. Berada Lingkungan yang dikelilingi oleh konflik dan masalah yang berujung pada kekerasan

Gejala Depresi

  1. Merasa Sedih
  2. Merasa Bersalah
  3. Merasa Cemas 
  4. Merasa Kosong
  5. Merasa Putus asa dan Tidak ada harapan lagi
  6. Merasa Tidak Berguna
  7. Sangat mudah sekali tersinggu
  8. Sering Merasa Gelisah
  9. Merasa sudah tidak ada lagi orang yang perduli
  10. Merasa sangat lelah ketika melakukan suatu aktifitas
  11. Merasa kekurangan energi
  12. Mengalami gangguan dalam berkonsentrasi sehingga susah untuk mengingat informasi dan susah untuk membuat suatu keputusan.
  13. Mengalami insomnia atau hyperinsomnia berkelanjutan entah itu sering terbangun ditengan malam ataupun  tidak dapat tertidur sama sekali. adakalanya juga tidur dalam jangka waktu yang sangat lama.
  14. Kehilangan nafsu makan ataupun menjadi bernafsu sekali dalam makan
  15. Merasa Nyeri kepala, sakit kepala, perut keram dan terjadinya gangguan pencernaan.
  16. Adanya pikiran mengenai kematian yang terus menghantui sehingga terfikir untuk bunuh diri.

Bahaya Depresi

  • Bisa menimbulkan gangguan kejiwaan
  • Bisa membahayakan diri sendiri
  • Bisa membahayakan orang lain
  • Bisa menyebabkan kematian akibat bunuh diri
  • Bahkan bisa membunuh orang lain tanpa sadar
Depresi sangat berbahaya sekali, karena depresi bisa membunuh dengan sangat cepat tanpa disadari. Ketika seseorang sudah merasa depresi karena dan merasa hidupnya tidak berarti lagi hal itulah yang akan menyebabkan kematian. Jangan sekali - kali menyepelekan depresi anda. Atau apabila anda melihat seseorang mengalami depresi cobalah untuk mengerti dan ajak berbicara.

Waaahhhhh ternyata pembahan mengenai Depresi, Penyebab Depresi dan Bahaya Depresi sangat panjang sekali. Jadikan hal ini sebagai tolak ukur agar anda menghindari yang namanya depresi. Cobalah untuk selalu menenangkan hati dan jangan terlalu memikirkan masalah secara terus menerus buatlah otak anda menjadi lebih rileks. Pastinya anda tidak maukan mengalami depresi, begitu pula dengan saya :D .

Bagikan artikel ini kepada orang - orang yang anda sayangi, dan apabila anda memerlukan teman untuk curhat cobalah untuk menghubungi kami sebisa mungkin kami akan membantu, walaupun kami tidak bisa memberikan solusi setidaknya kami bisa menbantu membuat hati anda menjadi lebih baik. Jangan lupa untuk meninggalkan komentar dan sukai artikel ini yaa. Terimakasih telah berkunjung

Menyajikan artikel kesehatan, kecantikan, pengobatan alternatif, dan berbagai khasiat tanaman herbal.

Nisim