Sabtu, Mei 02, 2015

Pengertian Penyakit Lupus Beserta Penyebab dan Gejalanya

Tags

Penyakit lupus merupakan salah satu penyakit yang cukup pengerikan. terkenal tidak dapat disembuhkan dan bisa menyerang seumur hidup si penderita.  Nama lupus itu sendiri diambil dari bahasa latin yang artinya srigala. Anda tahukan bagaimana srigala? Serigala selalu mengintai, memandang, merengek, menggeram dan selalu menunggu. Menunggu kesempatan untuk membunuh mangsanya. Sungguh menakutkan sekali sama seperti namanya penyakit lupus ini pun siap membunuh penderitanya kapanpun.Pengidap penyakit lupuspun ternyata lebih banyak dibandingkan pengidap penyakit AIDS, kelumpuhan saraf otak, multiple sclerosis. anemia sickle cell, dan cystic fibrosis. Pengidap penyakit ini hampir empat jura orang di amerika.

Kenali Gejala Penyakit Lupus dan Ketahui Penyababnya


penyakit lupus adalah
Lupus

Systemic Lupus Erythrmatosus (SLE) atau yang lebih dikenal dengan istilah penyakit lupus adalah bentuk penyakit auto imun yaitu si imun yang harus nya menjaga kekebalan tubuh justru salah malah menyerang oragan, jaringan dan sel tubuh yang sehat. Selain itu penyakit lupus merupakan peradangan kronis yang tidak bisa didiagnosis selama bertahun tahun atau bahkan bisa mengalami diagnosis yang salah selama berkali - kali. Hal tersebut sering terjadi karena penyakit lupus tidak memiliki pola pada saat menyerang dan terkadang muncul dengan cara tidak biasa. Orang yang mengidap penyakit lupus sering dipanggil dengan sebutan Odapus.

Penyebab Penyakit Lupus

Untuk menghindari menularnya penyakit lupus, alangkah baiknya mengetahui berbagai macam hal yang dapat menyebabkan penyakit lupus ini. Dengan begitu anda bisa menghindari penyakit lupus. berikut ini beberapa hal Penyebab penyakit lupus antara lain :
  1. Genetis, setiap orang memiliki genetis yang berbeda berbeda beda. Namun diduga dengan adanya gen tersebur bisa dipastikan orang tersebut akan terserang penyakit tersebut atau tidak. Pada dasarnya gen bawaan seseorang bisa mengakibatkan ia rentan pada penyakit tersebut atau tidak. Namun tidak semua yang memiliki gen ini akan mengidap pnyakit tersebut kecuali ada beberapa faktor yang memicunya seperti acahaya sinar matahari, lingkungan, virus dll.
  2. Sinar Matahari, Terkena sinar matahari secara langsung dan terus menerus bisa menimbulkan keadaaan yang abnormal pada kulit yang akan menjadi salah satu gejala dari penyakit lupus itu sendiri. 
  3. Obat - obatan, Penyakit lupus bisa dipicu juga oleh obat-obatan tertentu yang dikonsumsi oleh seseorang. contohnya obat anti kejang, obat tekanan darah dan antibiotik. Namun orang yang mengidap penyakit lupus akibat obat akan hilang dengan sendirinya apabila obat tersebut berhenti dikonsumsi.

Penularan Penyakit Lupus

Banyak dokter yang mengatakan bahwa penyakit lupus tidak menular. Hal ini dikarenakan penyakit lupus merupakan penyakit autoimun yang abnormal dan bukan disebabkan oleh virus bakteri melainkan oleh hormon didalam tubuh. Walaupun belum ada yang mengetahui hormon mana yang bisa menjadi penyebab. Lupus juga sebenarnya tidak diturunkan buktinya banyak ibu penderita lupus yang melahirkan bayi yang sehat. Hanya saja mungkin kerentanan terhadap penyakit tersebut diturunkan namun tidak berpotensi mengidap penyakit ini kecuali ada faktor pendukung lainnya.

Karena penyakit ini tidak menular maka sorang suami atau seorang istri yang mempunyai penyakit ini tidak akan menularkan penyakitnya melalui hubungan intim. Namun hal yang sangat penting sekali apabila anda ingin mempunyai anak. anda harus sering berkonsultasi dengan dokter. Bahkan konsultasi dilakukan harus pada saat berencana mempunyai anak sampai lahir.

Untuk mencegah berbagai kekeliruan ataupun mencegah mengetahui penyakit ini saat parah, alangkah baiknya kita mengetahui berbagai gejala penyakit lupus.

Gejala Penyakit Lupus

  1. Fatigue, Gejala satu ini merupakan gejala yang paling dasar dan paling umum yang diidap oleh seorang pasien penderita lupus. fatigue atau kelelahan ini akan terasa sangat parah sekali bahkan untuk berjalan saja sudah tidak mampu. Bahkan sebanyak apapun orang tersebut beristirahat untuk menghilangkan rasa lelah tak akan bisa mengurangi kelelahan tersebut.
  2. Rasa Nyeri, Penderita akan merasa seperti terkena sakit flu dan merasakan sakit radang sendi. Bahkan terkadang gejala ini akan terasa sangat sakit pada bagian bagian tertentu.
  3. Ruam Ruam,  Ruam ruam ini biasanya akan terasa sangat gatal, dan panas. Bahkan kalau kita terus biarkan ruam - ruam ini akan berdarah. Ruam yang timbul pada pasien penyakit lupus bisa dimana saja dan bermacam - macam jenisnya. Tetapi kebanyakan ruamnya akan mirip seperti kupu - kupu pada daerah pipi dan hidung. Ruam ini biasa disebut juga dengan "Butterfly Rush"
  4. Rambut Rontok, Semakin lama rambut sipenderita akan semakin menipis karena rontok. Rambut akan sangat rentan sekali dan anda bisa melihat rambut rontok disekitar bantal atau dikamar mandi.
  5. Tidak bisa terkena Sinar Matahari Langsung, orang yang menderita penyakit lupus akan mengalami bahaya apabila terlalu lama terkena sinar matahari karena ia peka terhadap cahaya matahari. Apabila terkena sinar matahari akan mengakibatkan rasa sakit, munculnya ruam - ruam, bahkan akan mengalami demam.
  6. Demam, Pasien penderita penyakit ini biasanya mengalami demam jangka panjang dengan tingkat rendah. tetapi ada juga yang mengalami demam tinggi kadang muncul kadang tidak.
  7. Dada terasa Nyeri, Ketika terjadi peradangan pada paru - paru dan jantung pasien akan merasakan nyeri yang lluar bisa pada daerah dada. Gejala inilah yang merupakan gejala tipikal lupus.
  8. Sindrom Raynaud,  kurang lebih 20 persen penderita penyakit lupus mengalami perubahan warna menjadi biru pada ujung - ujung jari tangan dan kaki saat kedinginan . Bahkan sebagian merasa kaki dan tangannya tidak pernah terasa hangat.
  9. Sindrom Sjogren, sindrom ini terjadi pada saat auto antibody menyerang daera yang menghasilkan air liur dan cairan pada mata. Hal tersebut membuat mata menjadi kering begitupun dengan mulut.
  10. Mudah Terluka, penderita akan sangat mudah sekali luka karena faktor pembeku darah diserang oleh antibodi sendiri.
  11. Edema, Terjadinya pembengkakan pada daerah sekitar mata, engkel ataupun kaki. Hal tersebut bisadijadikan suatu ciri terkena penyakit lupus ataupun ataupun penyakit ginjal yang disebabkan oleh lupus.
  12. Sariawan, sariawan akan sering dialami bahkan sariawannya akan parah sekali dan menyakitkan.
Jika anda mengalami gejala gejala diatas alangkah baiknya segera menghubungi dokter. Karena mungkin anda merupakan salah satu pasien penyakit lupus. Apabila dokter memvonis anda menderita penyakit ini anda harus ingat jangan larut dalam kesedihan, jangan optimis. Banyaklah berdoa agar anda menjadi lebih tenang. Hal tersebut sangat berguna sekali karena apa bila anda pesimis, dan larut dalam kesedihan penyakit ini akan bertambah parah dengan disertai depresi karena merasa, lemah, lelah dan tidak dapat melakukan apapun.

Nah begitulah ternyata Penularan Penyakit Lupus, Gejala serta Penyebabnya. Percayalah bahwa pwnderita akan sembuh dan beri suport lebih secara terus menerus dengan kasih sayang dan andapun tidak perlu takut tertular penyakit ini. Terimakasih telah berkunjung semoga bermanfaat.

loading...