Kamis, November 05, 2015

Benarkah Kurang Tidur dapat Menyebabkan Kematian? Ini penjelasannya...


Benarkah Kurang Tidur dapat Menyebabkan Kematian? Ini penjelasannya...
image by.pixabay.com

Membaca judul diatas, sepertinya sebagian dari pembaca merinding ketakutan, hehe. Apakah benar bila kita kurang tidur dapat menyebabkan kematian? Mari kita cari tahu jawabannya...

Karena begitu banyak pertanyaan ini sehingga membuat penulis juga penasaran, sehingga pada kesempatan kali ini kami juga ingin membagikan informasi yang berkaitan dengan pernyataan diatas. 

Apakah benar atau hanya sekedar isapan jempol belaka?
Sebelum lanjut pada pembahasan dan bukti apakah kurang tidur bisa menyebabkan kematian atautidak, terlebih dahulu kita akan membahas mengenai jam tidur yang normal hingga manfaat tidur. Selain itu juga kami akan membahas mengenai penyebab seseorang sulit tidur serta cara mengatasinya sehingga Anda bisa tidur dengan nyenyak.

Dan langsung saja berikut ini adalah ulasan lengkap mengenai informasi menarik seputar tidur.

Waktu Tidur yang Dianjurkan

Waktu Tidur yang dianjurkan
image by. pixabay.com
Dibawah ini sudah kami siapkan informasi mengenai jam tidur normal yang harusnya Anda penuhi sesuai dengan tingkatan usia Anda.
  • Untuk bayi yang baru saja lahir dan masih berusia 0 sampai 3 bulan, biasanya membutuhkan waktu untuk tidur sebanyak 14 hingga 17 jam per hari.
  • Sedangkan untuk bayi yang berusia 4 hingga 11 bulan, membutuhkan wkatu tidur sebanyak 12 hingga 15 jam per hari.
  • Nah untuk balita yang berusia 1 hingga 2 tahun memiliki waktu tidur normal sekitar 11 hingga 14 jam per hari.
  • Untuk anak yang masih berusia 3 hingga 5 tahun membutuhkan waktu sekitar 10 hingga 13 jam sehari untuk tidur.
  • Untuk anak sekolah yang berusia 6 hingga 13 tahun membutuhkan waktu tidur setiap hari sebanyak 9 hingga 11 jam.
  • Berbeda lagi untuk tingkatan dewasa yang berusia 14 hingga 17 tahun membutuhkan waktu tidur normal selama 8 hingga 10 jam per hari.
  • Untuk Anda yang masih muda dan memasuki usia dewasa, yang berusia sekitar 18 hingga 65 tahun membutuhkan waktu tidur normal selama 7 hingga 9 jam per hari.
  • Sedangkan untuk para lansia yang berusia diatas 65 tahun membutuhkan waktu tidur normal selama 7 hingga 8 jam setiap hari.

Setidaknya Anda harus memenuhi standar waktu tidur normal sesuai dengan tingkatan usia Anda sehingga Anda memiliki waktu istirahat yang cukup dan membuat kesehatan Anda tetap baik.

Manfaat tidur

Setelah membahas mengenai jam tidur normal, kami juga akan membahas mengenai manfaat tidur secara umum sehingga mampu memotivasi Anda yang susah tidur untuk bisa tidur dengan nyenyak. Dibawah ini ada 5 manfaat tidur yang perlu Anda ketahui.

1. Meningkatkan memori
Tidur dengan jam yang sesuai bisa membuat otak kita lebih mudah mengingat sesuatu. Karena dengan tidur yang cukup bisa membuat ingatan kita jauh lebih tajam. Karena saat kita tidur otak akan istirahat, setelah bangun maka otak dalam keadaan fresh dan siap untuk berpikir kembali.

2. Kesempatan hidup lebih panjang
Mengaopa tidur sesuai dengan porsi bisa membuat kita jadi memiliki usia yang lebih panjang ? Karena orang yang memiliki waktu tidur yang cukup bisa memiliki waktu beristirahat untuk sekedar meletakkan beban, melepaskan lelah dan mencegah seseorang rentan terkena penyakit. Bila saja badan fit, maka kita pun tidak mudah terkena penyakit.

3. Meningkatkan kualitas hidup
Untuk Anda yang sudah terbiasa tidur sesuai dengan waktu normal, maka Anda akan memiliki kehidupan dan kesehatan yang lebih baik. Hal ini pula yang menyebabkan kualitas hidup Anda semakin meningkat.

4. Terhindar dari stress
Orang yang tidur sesuai dengan batasan normal biasanya cenderung lebih ceria, sedangkan mereka yang jarang tidur akan mengalami banyak kejadian yang bisa membuatnya stress. Karena otak akan dipaksa untuk berpikir dan terus aktif, sedangkan mereka yang tidur dengan pola yang baik akan memiliki waktu untuk beristirahat dan otak pun akan lebih tenang. Ketika bangun, badan segar dan otak siap untuk memikirkan hal lain dengan jalan keluar yang lebih baik.

5. Membantu program diet
Untuk Anda yang masih dalam program diet sehat, jangan sampai Anda jarang tidur yaa. Karena dengan tidur maka proses penyerapan lemak dan pembuangan zat yang tidak berguna dalam tubuh bisa berjalan dengan baik, itu mengapa orang yang tidurnya cukup justru memiliki berat badan yang ideal dibandingkan dengan mereka yang tidur dengan waktu yang kurang atau berlebihan.

Jadi sudah tahu kan apa saja manfaat tidur untuk kesehatan kita ? Hmm kira-kira apakah Anda masih ingin meninggalkan jam tidur normal ?

Penyebab susah tidur

Dan disini kami juga akan menyampaikan beberapa hal mengenai fakta mengapa seseorang susah tidur. Yuk simak.

1. Kafein
Kandungan kafein yang berada dalam minuman seperti kopi dan makanan lainnya tanpa disadari sering membuat seseorang jadi susah tidur. Akibatnya lebih sering bergadang dan tidur disaat mulai pagi seiring dengan hilangnya kafein dalam tubuh.

2. Alkohol
Jika Anda adalah penyuka minuman beralkohol, ada baiknya Anda mulai menghindari minuman beralkohol disaat akan istirahat. Karena alkohol akan membuat kesehatan Anda menurun, membuat Anda susah tidur dan menghambat kelancaran sistem darah.

3. Depresi
Biasanya seseorang yang menghadapi masalah, akan lebih susah tidur. Apalagi sudah mencapai tingkat depresi. Pikiran dan beban yang ada di otak membuat seseorang menjadi susah tidur.

4. Efek samping obat
Untuk Anda yang sering memakai obat tertentu dan memiliki dampak yang kurang baik, atau memang obat tersebut mengandung zat yang menyebabkan seseorang susah tidur menjadi faktor kesekian yang menyebabkan seseorang susah tidur.

5. Penyakit tertentu
Dan yang terakhir adalah karena seseorang menderita penyakit tertentu. Biasanya orang yang menderita suatu penyakit memang lebih sulit untuk tidur.

Semoga Anda semua bisa menghindari beberapa hal yang menyebabkan Anda susah tidur.

Dan setelah penjelasan panjang diatas, sampailah kita pada pembahasan mengenai fakta kurang tidur bisa menyebabkan kematian. Dan berikut ini kami siapkan beberapa contoh serta bukti yang mendukung pernyataan diatas sehingga Anda benar-benar paham agar tidak lagi mengurangi jam istirahat anda.


Jadi, benarkah kurang tidur dapat menyebabkan kematian?

Tidur tidak langsung menyebabkan seseorang meninggal, hanya saja mempengaruhi kesehatan tubuh yang bisa berdampak pada kematian. Itulah mengapa orang yang sering bergadang, insomnia dan kurang istirahat memiliki waktu hidup lebih pendek.

Sudah banyak orang yang bekerja begitu keras untuk memenuhi target dan impian sehingga melupakan waktu istirahat. Misalnya saja seorang copywriter Mita Diran, ia memang seorang copywriter handal dan memiliki banyak pekerjaan sehingga membuatnya terpaksa mengurangi waktu tidur dan mengonsumsi vitamin serta penambah energi setiap hari.

Akibatnya lama-lama tubuh akan mengalami puncak dimana akan merasa lelah, tidak lagi mampu menahan beban karena bekerja terlalu lama, sel-sel tubuh tegang, pikiran juga terbebani, tubuh mulai lemah, dan hal seperti ini yang menyebabkan kondisi seseorang lebih rentan terkena penyakit.
Detak jantung pun berdetak tidak beraturan, sehingga membuat kesehatan akan menurun drastis. Jadi benar fakta diatas bahwa  kurang tidur bisa menyebabkan kematian, meskipun tidak secara langsung.

Ada beberapa penyakit seperti vertigo dan serangan jantung yang menyebabkan kondisi tubuh lemah, yang memicu turunnya kekebalan tubuh seseorang. Dan pada akhirnya akan membuat seorang tersebut sakit.

Setelah mengetahui fakta tersebut, kami juga telah menyiapkan informasi mengenai cara agar Anda bisa tidur dengan nyenyak, berikut ini adalah ulasan lengkapnya.

Tips Agar Anda dapat Tidur dengan Nyenak...

  • Hindari konsumsi minuman yang mengandung kafein saat Anda akan tidur.
  • Perbanyak minum air putih sehingga ginjal Anda dalam kondisi baik disaat Anda istirahat.
  • Jangan lakukan kebiasaan buruk seperti mengonsumsi alkohol dan obat-obatan yang bisa mengganggu waktu tidur Anda.


Demikianlah informasi seputar tidur, ternyata ada banyak hal yang kita bahas pada kesempatan kali ini. Harapan kami adalah agar Anda peduli dengan waktu tidur serta kesehatan tubuh Anda. Ingat selalu bahwa tubuh Anda perlu istirahat dan jangan forsir tubuh Anda untuk bekerja layaknya robot yag tak kenal lelah.

loading...

Menyajikan artikel kesehatan, kecantikan, pengobatan alternatif, dan berbagai khasiat tanaman herbal.