Kamis, November 12, 2015

Inilah Cara Mengobati Batuk Kering dan Berdahak Secara Alami

Tags

Tips Cara Mengobati Batuk Kering dan Berdahak Secara AlamiPernahkah Anda mengalami batuk? Hmm sepertinya kita semua pasti pernah mengalami batuk. Dari saat kita masih kecil, balita hingga saat ini kita memang rentan terkena batuk. Kadang sempat terpikir apakah batuk itu memang kodrat seorang manusia atau memang tubuh kita saja yang perlu kekebalan lebih sehingga tidak mudah batuk?

Inilah Cara Mengobati Batuk Kering dan Berdahak Secara Alami
Batuk

Batuk sebenarnya adalah respon alami dalam tubuh kita untuk mengeluarkan iritasi akibat debu atau kotoran yang mengganggu sistem pernapasan. Bahkan batuk merupakan salah satu sistem pertahanan tubuh dari serangan benda luar.

Seseorang yang mengalami batuk biasanya terdapat gangguan didalam saluran pernapasannya. Baik itu dari organ pernapasan luar atau bahkan dari syarafnya. Kita belajar organ pernapasan yang bergitu kompleks dari sekolah dasar hingga menengah. Dan kita menjadi tahu ada beberapa jenis batuk beserta penyebabnya.

Pada kesempatan kali ini kami sengaja membagikan informasi yang berkaitan dengan batuk, mulai dari pengertian jenis-jenis batuk hingga tips dan obat yang bisa Anda gunakan. Langsung saja simak informasi dibawah ini.

❧ Apa itu batuk kering ?

Sebenarnya ada 2 jenis batuk, yaitu batuk kering dan batuk berdahak. Pada sesi pertama kita akan membahas seputar batuk kering. Apa sih yang dimaksud dengan batuk kering ? Batuk kering adalah kondisi dimana Anda batuk dan tidak mengeluarkan apapun selain udara. Bila dilihat dengan detail, dalam proses batuk kering biasanya kita mengeluarkan semacam bakteir, virus dan biasanya batuk kering memang dibutuhkan oleh tenggorokan kita untuk membersihkan saluran pernapasan yang mungkin sudah menyimpan debu atau kotoran akibat kita menghirup udara kotor. 

Biasanya yang mengalami batuk kering adalah penderita flu. Hanya saja bila keadaan batuk kering ini lebih dari satu bulan atau bahkan 2 bulan, maka Anda patut curiga untuk segera memeriksakan diri ke dokter.

❧ Penyebab batuk kering

Ada banyak penyebab mengapa seseorang menderita batuk kering, dan berikut adalah penyebab umum yang perlu Anda ketahui sehingga Anda bisa menghindarinya.

1. Penderita sinusitis
Orang yang menderita penyakit sinusitis biasanya lebih sering batuk, dan batukya termasuk kedalam batuk kering. Apalagi bila seorang tersebut berada di daerah bersuhu dingin yang menyebabkan mereka mengalami batuk kering sebagai refleks tubuh terhadap udara luar.

2. Asma
Jika Anda memiliki riwayat penyakit asma, tidak salah lagi jika memang Anda sering mengalami batuk ringan. Orang yang sedang kambuh penyakit asma, biasanya sangat sering batuk di malam hari.

3. Asam dalam perut
Kasus ini jarang terjadi, dimana ada kondisi asam dalam perut yang berjalan menuju tenggorokan dan namun melalui kerongkongan. Nah hal ini pula yang menyebabkan seseorang mengalami batuk-batuk kecil dan ringan.

4. Komplikasi obat
Orang yang sudah terbiasa mengonsumsi obat, biasanya cenderung lebih mudah batuk. Hal ini adalah sebuah refleks tubuh yang ingin mengeluarkan kotoran dari sistem pernapasan.

5. Alergi
Bila Anda memiliki alergi pada suatu benda, makanan atau binatang, biasanya Anda akan mengalami batuk-batuk ringan. Dan hal ini sebagai bentuk penolakan tubuh terhadap benda yang menyebabkan tubuh kita menjadi alergi.

6. Kebiasaan buruk
Dan penyebab batuk kering yang terakhir adalah kebiasaan buruk seperti merokok, minum alkohol yang pasti berdampak buruk bagi kesehatan seseorang. Itu mengapa perokok akan lebih mudah terkena penyakit saluran pernapasan, dan yang paling parah adalah penyakit kanker paru-paru.

❧ Gejala batuk kering

Setelah mengetahui beberapa hal mengenai kondisi dan juga penyebab umum seseorang terkena batuk kering, maka selanjutnya kita juga akan belajar mengenai gejala batuk kering. Dan bila hal ini terjadi diharapkan Anda bisa segera menanganinya.

1. Tenggorokan gatal
Biasanya sebelum Anda batuk, Anda akan merasakan tenggorokan gatal-gatal. Dan Anda akan merasa tidak nyaman, biasanya sedikit-sedikit Anda akan batuk untuk berusaha mengeluarkan sesuatu yang mengganjal di tenggorokan Anda.

2. Tubuh lemas
Dan bila pertahanan tubuh kita kurang, biasanya kita akan merasa lemas. Tubuh seperti tidak berdaya akibat kekebalan tubuh kita tidak mampu menyerang virus atau infeksi dari luar.

3. Pusing kepala
Dan yang terakhir adalah pusing kepala. Salah satu gejala yang paling umum dialami oleh seseorang yang memang akan mengalami batuk kering.

❧ Tips mengobati batuk kering dengan bahan alami

Setelah mengetahui semua informasi yang berkaitan dengan pengertian, gejala hingga penyebab batuk, sekarang saatnya Anda mengetahui solusi pasti dari cara mengobati batuk kering dengan menggunakan bahan yang alami.

Karena bahan alami jauh lebih aman dan tidak boros biaya. Apa saja yang bisa digunakan untuk mengobati batuk kering ? Simak informasinya dibawah ini.

1. Jahe
Bila Anda mengalami batuk kering, cara yang paling mudah untuk mengatasinya adalah dengan menggunakan jahe. Anda bisa merebus jahe untuk kemudian diminum airnya secara perlahan. Kandungan jahe yang memiliki banyak manfaat serta menghangatkan badan ini akan membuat Anda menjadi lebih baik.

2. Madu
Bila Anda tidak suka jahe, Anda bisa mengonsumsi madu asli. Dengan diminum langsung atau bisa juga dimasukkan kedalam wedang jahe. Karena madu bisa membuat tubuh menjadi lebih kuat dan memberikan kebaikan untuk tubuh.

3. Bawang merah
Sedangkan untuk anak-anak, Anda bisa menggunakan bawang merah untuk mengatasi batuk kering yang sedang mereka alami. Karena bawang merah bersifat hangat dan antiseptik sehingga baik untuk digunakan sebagai obat tradisional.

4. Lemon
Dan yang terakhir adalah dengan mengonsumsi lemon, baik itu dibuat minuman hangat atau jus. Usahakan jangan menggunakan es karena es bisa memperparah keadaan batuk Anda.

❧ Apa itu batuk berdahak ?

Berbeda dengan batuk kering, batuk berdahak ini memang sering dialami oleh masyarakat Indonesia. Namun sebenarnya batuk berdahak ini sangat wajar, karena sebagai perlindungan tubuh untuk mengeluarkan debu atau bakteri yang masuk dan mengganggu sistem pernapasan. Dahak atau lendir ini bertugas untuk membuang kotoran dan pada akhirnya kita keluarkan melalui batuk. Lendiri sebenarnya berwarna putih bening, hanya saja sering kita jumpai lendir yang berwarna hijau atau kuning yang menandakan bahwa dalam sistem pernapasan kita terdapat infeksi. Perubahan warna ini dikarenakan kumpulan bakteri yang menginfeksi saluran pernapasan kita.

❧ Penyebab batuk berdahak

Ada beberapa hal yang menyebabkan seseorang mengalami batuk disertai dengan dahak, dan berikut adalah penyebab utama seseorang mengalami batuk berdahak.

1. Virus
Orang yang terserang virus dan tidak mampu mencegahnya, maka hal yang paling mungkin terjadi adalah mengalami batuk yang disertai dengan dahak. Dahak yang keluar pun dalam bentuk cair dan berwarna pekat. Ini membuktikan terdapat virus dalam saluran pernasapan.

2. Infeksi
Yang kedua karena disebabkan oleh infeksi saluran pernapasan yang cukup parah. Bila infeksi ini tidak segera diatasi maka yang akan terjadi adalah kita akan batuk dan mengeluarkan lendir sisa infeksi dari bakteri atau virus yang ada didalam.

3. Penyakit paru-paru
Dan yang terakhir adalah akibat mengidap penyakit paru-paru akut, misalnya saja TBC, bronkitis, kanker paru-paru sehingga menyebabkan seseorang menderita batuk berdahak yang cukup parah.

❧ Gejala batuk berdahak

Ada beberapa gejala yang bisa Anda rasakan bila Anda akan mengalami batuk berdahak sebagai berikut.

1. Tubuh merasa lemas seperti meriang
Anda yang akan mengalami batuk berdahak biasanya akan merasa lemas, suhu badan panas dingin serta keadaan tubuh yang tidak stabil. Biasanya Anda akan menghabiskan waktu untuk tidur karena memang keadaan tubuh yang tidak memungkinkan untuk melakukan berbagai aktivitas.

2. Mulai merasakan batuk
Secara tidak sadar Anda mulai mengalami batuk kecil dan frekuensinya mulai lebih sering.

3. Mengeluarkan lendir dari mulut
Dan yang terakhir adalah kondisi dimana Anda setelah batuk akan mengeluarkan lendir dari mulut. Mungkin awalnya hanya sedikit, namun lama kelamaan kadarnya akan semakin banyak sesuai dengan keadaan tubuh dan saluran pernapasan Anda.

❧ Tips mengobati batuk berdahak dengan bahan alami

Dibawah ini sudah kami siapkan beberapa informasi mengenai cara mengobati batuk berdahak secara alami yang bisa Anda coba dirumah. Yuk simak.

1. Belimbing wuluh
Belimbing wuluh yang kecil dan imut ini ternyata bisa bermanfaat untuk mengatasi batuk berdahak. Anda bisa membuat ramuan dari belimbing wuluh ini secara rutin untuk menghilangkan lendir di tenggorokan.

2. Jeruk nipis
Nah untuk Anda yang suka mengonsumsi jeruk nipis, Anda boleh membuat minuman hangat dari jeruk nipis ini. karena jeruk nipis bisa membuat daya tahan tubuh kita membaik, membuat keadaan kita jadi lebih sehat dan membantu untuk mengeluarkan dahak yang mengganggu tenggorokan.

3. Kunyit
Dan yang terakhir adalah menggunakan kunyit. Tanpa disadari ternyata kunyit bisa bermanfaat untuk menghilangkan batuk berdahak. Caranya adalah dengan membuat minuman kunyit hangat yang telah dicampur madu sebagai pemanis, minum ramuan ini sehari sekali hingga Anda sembuh. Kandungan anti peradangan dalam kunyit serta madu yang memang baik untuk kesehatan bisa membuat Anda lebih sehat dan lendir dalam tenggorokan pun akan hilang.

❧ Obat yang disarankan untuk mengobati batuk kering dan berdahak

Apakah Anda sudah siap untuk mencoba beberapa langkah diatas ? Mencoba untuk melakukan cara alami yang bisa digunakan untuk mengobati batuk berdahak dan batuk kering.

Namun untuk Anda yang ingin mencoba menggunakan obat modern, kami memiliki saran agar Anda mengonsumsi beberapa obat dibawah ini untuk menghilangkan batuk berdahak dan kering.

1. Obat ekspektoran
Obat ekspektoran ini bertujuan untuk membantu tubuh agar bisa mengeluarkan lendir atau dahak. Dan obat ini memang dianjurkan untuk diminum bagi mereka penderita batuk berdahak.

2. Antibiotik
Sedangkan untuk Anda yang menderita batuk kering, Anda bisa minum antibiotik yang bisa membunuh bakteri dan meredakan infeksi dalam saluran pernapasan. Antibiotik ini bermanfaat untuk membunuh bakteri.

Jadi apakah Anda sekarang paham untuk melakukan penanganan terhadap batuk? Beda jenis batuknya, beda penanganannya. Jangan lupa untuk selalu menjaga diri, menerapkan pola hidup sehat dan gunakan masker ketika berada diluar ruangan.

loading...

Menyajikan artikel kesehatan, kecantikan, pengobatan alternatif, dan berbagai khasiat tanaman herbal.